Rumahweb Journal
Banner - Sitejet Builder

Sitejet Builder : Cara Membuat Website Instan Tanpa Coding

Sitejet Builder adalah platform pembuat website yang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam membangun dan mengelola situs website. Dengan Sitejet, Anda dapat membuat website secara instan tanpa memerlukan keahlian dalam coding.

Pada versi 116.0.10, cPanel menghadirkan fitur baru untuk pembuatan website secara instan yaitu Sitejet builder. Fitur ini menjadi tambahan opsi pembuatan website yang dapat anda pilih untuk membuat website secara instan di Rumahweb.

Pada artikel ini, kami akan mengulas tentang apa itu Sitejet hingga cara membuat website dengan Sitejet builder di cPanel. Simak informasi berikut ini.

Apa itu Sitejet Builder?

Sitejet builder adalah fitur cPanel terbaru yang dapat Anda gunakan untuk membuat website secara instan. Dengan Sitejet, Anda tidak perlu memiliki keahlian script seperti HTML, PHP, dan sejenisnya untuk membuat tampilan website yang profesional.

Sitejet dilengkapi dengan template profesional yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Dengan hanya mengubah konten template yang sudah ada, Anda dapat dengan mudah merancang dan membangun situs web.

Fitur Sitejet

Berikut adalah beberapa fitur utama yang tersedia di Sitejet Builder di cPanel:

  • Drag-and-Drop Builder
  • Tersedia puluhan template profesional dan responsif
  • Editor Konten
  • SEO-Friendly
  • E-commerce

Selanjutnya, kita akan belajar cara membuat website tanpa coding dengan Sitejet di cPanel.

BACA JUGA : Cara Membuat Website Gratis Untuk Pemula

Yang perlu diperhatikan ketika membuat website menggunakan Sitejet Builder

  1. Pastikan memilih template yang tepat. Perubahan template akan menghapus semua data dan diganti dengan isi konten template dasar sesuai yang dipilih.
  2. Import content hanya berfungsi untuk mengisi konten saja, tidak termasuk struktur data seperti css, javascripts dll. Sehingga anda harus melakukan penyesuaian tampilan websitenya.
  3. Backup dan restore data hanya bisa dilakukan melalui halaman Sitejet Builder. Belum ada opsi mengunduh (download) untuk backup maupun mengunggah (upload) untuk restore.
  4. Sitejet Builder hanya dapat digunakan jika domain belum memiliki konten website. Oleh karena itu, opsi Sitejet tidak akan muncul jika konten website telah ada sebelumnya pada domain tersebut.
  5. Saat ini Sitejet Builder masih tersedia secara gratis tanpa dikenakan biaya tambahan untuk semua paket Shared hosting dan Cloud Hosting Rumahweb.

Membuat website tanpa coding dengan Sitejet

Berikut ini langkah-langkah untuk memulai membuat website menggunakan Sitejet di cPanel hosting Rumahweb:

  1. Login cPanel hosting.
  2. Masuk ke bagian Domain dan pilih Sitejet Builder. Menu ini hanya tersedia bila sudah menggunakan cPanel versi 116.0.10 atau lebih tinggi.
Sitejet Builder
  1. Pilih nama domain yang ingin dibuat menggunakan Sitejet. Pastikan belum ada isi konten website pada domain, lalu klik menu Build With Sitejet untuk website baru, atau Edit Site untuk mengubah isi konten website yang sudah menggunakan Sitejet sebelumnya.
Sitejet Builder
  1. Akan muncul list ratusan template yang tersedia, yang bisa anda gunakan. Pilih sesuai tema dan tampilan yang diinginkan. Klik opsi View untuk melihat contoh tampilan dan pilih Choose untuk memilih menggunakan template tersebut.
Template Sitejet
  1. Template beserta contoh konten website sudah bisa langsung anda gunakan. Klik bagian Text atau gambar untuk mengubah isi konten website.

Menambah Element Sitejet

Jika Anda membutuhkan tambahan fitur pada website, Anda bisa menggunakan fitur seperti Elements, Content, Columns, Boxes, dan lainnya yang telah disediakan oleh Sitejet. Cara Penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan drag and drop mirip dengan Weebly atau SitePro.

Element Sitejet

Untuk melihat, mengubah dan menyususn nama halaman, silahkan klik menu icon garis tiga yang ada di bagian pojok kanan atas seperti gambar berikut.

Halaman Sitejet

Mengubah nama dan urutan halaman

Untuk mengubah nama halaman, link, hingga SEO title, silahkan klik icon setting lalu editlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ubah Nama Halaman

Sedangkan untuk memindahkan urutan halaman, klik icon garis tiga sampai muncul icon tangan pada mouse, lalu geser sesuai letak urutannya.

Pindahkan Urutan Halaman

Mengubah setting website Sitejet

Untuk mengubah website setting, SEO dan lain-lain, klik icon titik tiga di bagian kanan atas, dan klik menu yang dipilih. Misalnya website setting, seperti gambar berikut:

Pada bagian website setting, Anda bisa mengubah settingan pada website, seperti judul website, favicon, data alamat website, setting SEO dasar, dan multiple bahasa.

Website Setting Sitejet

Backup dan Restore Sitejet

Bila anda merasa melakukan kesalahan, tersedia opsi backup dan restore pada Sitejet Builder. Untuk melakukan backup atau restore pada Sitejet, klik menu garis tiga di pojok kiri atas seperti gambar berikut, lalu klik backup, dan klik Restore sesuai waktu data backupnya.

Backup/Restore Sitejet

Panduan penggunaan Sitejet

Sitejet juga menyediakan panduan lengkap, bahkan video tutorial yang bisa Anda akses dari menu Help > video tutorial seperti berikut:

Help Sitejet
Video Tutorial Sitejet

Publish Website Sitejet

Setelah selesai melakukan pembuatan website, selanjutnya anda bisa mempublikasikan isi website dengan cara klik icon Publish di pojok kanan atas

Publish Sitejet

Tunggu beberapa saat hingga proses publish selesai. Setelah itu, akan muncul preview gambar website yang Anda publikasikan. Untuk memastikannya, silakan akses nama domain anda untuk melihatnya secara langsung.

Demikian artikel kami tentang apa itu Sitejet Builder hingga cara membuat website tanpa coding di cPanel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Bayo AM