Rumahweb Journal
mengelola-vps-dari-panel-virtualizor-rumahweb

Cara Mengelola VPS dari Panel Virtualizor di Rumahweb

Virtualizor merupakan control panel VPS yang dapat digunakan untuk mengelola layanan VPS Anda melalui browser. Dengan panel ini, Anda bisa melakukan start, restart dan stop service VPS. Pada panduan ini, kami akan memberikan cara mengelola VPS Anda dari halaman virtualizor panel di Rumahweb.

Apa itu Virtualizor?

Virtualizor adalah control panel VPS berbasis web dengan tampilan interface yang modern dan nyaman untuk digunakan. Saat ini Virtualizor mendukung sistem virtualisasi seperti OpenVZ, Xen PV, Xen HVM, XenServer, Linux KVM, LXC, OpenVZ 7.

Berikut kami akan menjelaskan beberapa fitur penting pada Virtualizor yang bisa Anda lakukan.

1. Login ke Virtualizor

Akses virtualizor di Rumahweb bisa dilakukan melalui https://vzpanel.rumahweb.com:4083/

Anda bisa login ke halaman virtualizor dengan menggunakan alamat email yang terdaftar di Rumahweb dan password root VPS Anda.

login-panel-virtualizor

2. Melakukan Start / Stop / Restart VPS

Setelah berhasil login ke virtualizor, akan ada informasi list VPS pada akun yang Anda digunakan. Klik menu manage layanan VPS dengan cara klik tanda panah dikanan baris layanan VPS seperti gambar berikut:

list-vps-virtualizor-panel

Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman manage layanan VPS Anda.

vps information

Pada bagian kolom sebelah kanan atas terdapat fungsi untuk melakukan start / stop (icon kotak hitam), restart, dan power off layanan VPS Anda.

3. Melakukan SSH ke VPS melalui VNC

Anda dapat melakukan SSH ke VPS melalui VNC, sehingga Anda dapat menjalankan SSH pada VPS nya melalui browser. Cukup klik tanda VNC yang ada pada halaman manage VPS seperti gambar berikut:

akses ke vps melalui vnc

Setelah itu akan muncul browser baru yang berisi tampilan SSH ke layanan VPS nya, cukup masukkan username dan password root layanan VPS yang digunakan.

ssh-vnc-virtualizor

4. Reset root password VPS

Jika Anda mengalami kegagalan login akses root ke VPS, Anda bisa melakukan reset password melalui halaman manage layanan VPS ini. Caranya, silahkan klik menu Settings seperti gambar berikut:

cara mengelola vps - reset password vps

Apabila akses VNC bermasalah karena credential tidak valid, Anda juga bisa melakukan reset password melalui tab setting pada bagian VNC Password.

Demikian cara mengelola layanan VPS di Rumahweb melalui panel Virtualizor. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Afiandhi Risky