Rumahweb Journal

Apa itu VNC dan Cara Menggunakannya di VPS KVM

Ada beberapa cara untuk mengelola layanan VPS, seperti melalui SSH, SFTP hingga VNC. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara menggunakan VNC pada layanan VPS KVM di Rumahweb.

Sebelum kami bahas tentang cara menggunakan VNC, terlebih dahulu kami akan membahas apa itu VNC dan apa saja yang perlu disiapkan. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu VNC?

VNC (Virtual Network Computing) adalah sebuah software yang digunakan untuk meremote suatu sistem yang terhubung dengan jaringan. Pada layanan VPS KVM Rumahweb, fitur ini telah tersedia dan bisa Anda gunakan untuk meremot server.

Berbeda dengan SSH, VNC terhubung secara langsung pada hardware VPS yang digunakan. Sehingga fitur ini dapat digunakan, apabila terjadi kesalahan konfigurasi yang mungkin saja menyebabkan Anda mengalami kegagalan akses ke VPS melalui SSH.

Contoh kesalahan konfigurasi yang dimaksud seperti kesalahan setting firewall, maupun konfigurasi SSH pada VPS.

Apa saja yang dibutuhkan untuk akses VNC?

Pada layanan VPS KVM di Rumahweb, fitur ini tersedia dihalaman panel Virtualizor. Anda dapat mengaksesnya secara langsung melalui browser, tanpa perlu menggunakan aplikasi VNC Viewer atau sejenisnya.

Fitur VNC di panel Virtualizor menggunakan HTML5, yang dapat Anda akses melalui browser secara langsung.

Cara Menggunakan VNC Server

Pastikan bahwa layanan VPS KVM Anda di Rumahweb telah aktif. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini untuk menggunakan vnc server.

  1. Login ke panel Virtualizor. Panduan loginnya bisa Anda pelajari melalui artikel berikut.
  2. Setelah berhasil mengakses panel virtualizor, selanjutnya silahkan klik menu manage VPS yang akan di remote. Lalu klik tombol VNC seperti gambar berikut :
panel virtualizor
  1. Setelah klik tombol VNC, akan muncul kotak dialog VNC Informations yang berisi IP beserta Port. Karena akan melakukan akses melalui browser, maka cukup klik tombol “Launch HTML 5 VNC Client”.
vnc information
  1. Selanjutnya Anda perlu mengisi form untuk login. Karena browser VNC HTML5 tidak dapat melakukan copy paste secara langsung melalui keyboard, maka Anda bisa memanfaatkan tools VNC yang tersedia. Klik icon panah
login vnc
  1. Setelah klik tanda panah, akan muncul VNC tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan copy, paste hingga fitur lainnya.
vnc tools

Tools dengan tanda huruf A digunakan untuk menjalankan tombol shortcut seperti ctrl, alt, toggle windows, tab, esc dan paling bawah adalah tombol delete.

Fungsi dari shortcut key pada VNC akan sangat dibutuhkan, ketika Anda berlangganan VPS Windows. Hal ini karena proses login pada VPS Windows melalui VNC akan perlu menekan tombol CTRL + ALT + DEL, seperti berikut :

penjelasan vnc tools

Setelah Anda melakukan unlock, maka akan muncul form login VPS seperti gambar diatas.

  1. Untuk melakukan copy paste dari komputer, silahkan klik tombol CLIPBOARD (dibawah tombol dengan logo A).
vnc clipboard

Silahkan lakukan paste data yang sudah di copy pada komputer Anda pada kolom clipboard, gunakan CTRL + V. Setelah itu klik tombol Paste yang ada pada Clipboard untuk melakukan paste pada remote servernya (VPS).

Perlu diperhatikan sebelum melakukan copy-paste, pastikan cursor pada remote server sudah berada pada kolom atau baris yang sesuai. Sebelum klik tombol paste, lakukan klik pada bagian area screen remote VPS bukan pada bagian tools VNC nya.

  1. Setelah berhasil melakukan paste, misal untuk password VPS cukup tekan enter pada keyboard Anda, dan Anda sudah berhasil login pada VPS nya.
akses vnc berhasil

Hal yang sama pada VPS Windows untuk melakukan copy – paste text yang berasal dari sisi komputer client.

Untuk input text pada VNC tidak perlu selalu menggunakan clipboard, Anda tetap dapat melakukan input text pada VPS langsung melalui keyboard.

Demikian cara menggunakan VNC pada VPS KVM di Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Afiandhi Risky