Rumahweb Journal
Banner - Apa Itu Rescue Mode

Apa Itu Rescue Mode dan Cara Menggunakannya di VPS KVM

VPS rescue mode adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memperbaiki sistem yang mengalami kegagalan booting atau error pada file sistem, tanpa perlu mengakses sistem operasi utama. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara detail tentang apa itu rescue mode hingga cara menggunakannya pada layanan VPS KVM di Rumahweb.

Dalam mengelola VPS, Anda mungkin akan mengalami kendala serius yang menyebabkan VPS gagal booting ke sistem operasi yang digunakan. Tentunya, masalah ini sangat mengganggu, terutama jika ada aplikasi yang sudah online dan digunakan di VPS.

Untuk menangani kendala tersebut, layanan VPS KVM di Rumahweb menyediakan fitur yang bernama rescue mode. Mari kita bahas lebih jauh tentang fitur rescue mode ini.

Apa itu Rescue Mode?

Rescue mode adalah fitur pada layanan VPS KVM Rumahweb yang memungkinkan Anda mengakses VPS dalam keadaan darurat. Fitur ini berguna ketika VPS mengalami kegagalan booting ke sistem operasi yang digunakan.

Ketika mengaktifkan rescue mode, VPS akan booting menggunakan sistem operasi khusus untuk mode penyelamatan. Dalam mode ini, VPS akan terlihat seperti menggunakan sistem operasi yang baru. Namun, data yang ada di VPS sebelumnya seharusnya tidak hilang.

Manfaat Rescue Mode

Fitur rescue mode memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu anda dalam melakukan perbaikan pada VPS yang bermasalah. Berikut beberapa mafaat penggunaan rescue mode.

Promo Hosting Murah Rumahweb

1. Mengatasi masalah VPS dengan cepat dan mudah

Dengan menggunakan rescue mode anda dapat mengatasi masalah pada VPS dengan lebih cepat dan lebih mudah. Namun hal ini juga tergantung dari seberapa berat masalah yang dialami pada sisi VPS.

2. Memulihkan data penting

Rescue mode juga dapat membantu anda dalam melakukan pemulihan pada data yang ada di VPS terutama pada data file sistem atau OS yang digunakan VPS, tanpa harus melakukan reinstall pada VPS yang anda gunakan.

3. Kontrol penuh pada VPS dalam situasi darurat

Rescue mode juga dapat anda gunakan untuk melakukan akses penuh ke VPS dalam situasi darurat, termasuk juga untuk melakukan reset password root pada VPS.

Kenapa perlu menggunakan Rescue Mode?

Anda akan memerlukan akses ke Rescuse mode ketika anda akan dihadapkan pada beberapa situasi. Berikut beberapa situasi dimana anda perlu menggunakan rescue mode di VPS

1. OS pada VPS gagal booting

Rescue mode dapat digunakan untuk melakukan analisis dan perbaikan pada VPS yang mengalami kegagalan akses karena OS yang digunakan mengalami kegagalan booting.

2. Lupa password root pada VPS

Apabila anda lupa root password VPS, dan tidak dapat dilakukan reset password melalui panel, maka rescue mode dapat Anda gunakan untuk mereset password root pada VPS Anda.

3. Sistem file VPS rusak

Apabila anda mengalami kegagalan akses pada VPS yang disebabkan sistem file rusak atau corrupt, maka dengan menggunakan rescue mode Anda dapat melakukan pemulihan file yang rusak tersebut.

Cara menggunakan rescue mode

Setelah mengetahui apa itu rescue mode, selanjutnya adalah bagaimana cara mengakses rescue mode pada layanan VPS kvm Rumahweb. Berikut langkah untuk mengakses rescue mode ke VPS kvm Rumahweb

  1. Langkah pertama silahkan melakukan akses ke virtualizor melalui clientzone. Untuk langkah-langkahnya silahkan klik disini.
  2. Klik button manage pada bagian kanan nama VPS anda
manage VPS
  1. Kemudian klik tab rescue mode.
tab rescue mode
  1. Setelah itu isikan root password dan klik enable rescue mode.
enable rescue mode
  1. Nantinya VPS akan restart ke OS dari rescue mode. Setelah itu silahkan akses VPS melalui VNC. Untuk mengakses VNC anda dapat mengikuti panduan di link ini.
  2. Setelah OS rescue mode berhasil booting, silahkan masukkan root password yang sebelumnya diinputkan untuk dapat login ke OS dari rescue mode.

Kesimpulan

Setelah pembahasan terkait rescue mode diatas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa Rescue mode adalah salah satu fitur penting untuk dimiliki oleh setiap pengguna VPS.

Dengan rescue mode dapat membantu Anda untuk memulihkan VPS Anda dari berbagai macam masalah dan dapat memastikan bahwa Anda selalu memiliki akses ke data yang sudah ada di VPS.

Demikian artikel kami tentang apa itu rescue mode pada layanan VPS KVM di Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.