Rumahweb Journal : News, Article, and Tutorial of Web Dev
opengraph - Cara Memasang Google Analytics 4 Di Weebly

Cara Memasang Google Analytics 4 Di Weebly

Google Analytics merupakan layanan gratis dari Google yang digunakan untuk menganalisis lalu lintas situs web secara mendalam. Dengan Google Analytics 4, Anda bisa mengetahui statistik pengunjung website Anda, dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, dan email marketing.

Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog, membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan.

Google Analytics 4

Pada oktober 2020 Google merilis Google Analytics 4 (sebelumnya dikenal sebagai Aplikasi + Web) sebagai jenis properti baru dengan laporan yang berbeda dari yang biasa Anda lihat di properti Universal Analytics. Satu keuntungan dari properti Google Analytics 4 adalah Anda dapat menggunakannya untuk situs web, aplikasi, atau situs web dan aplikasi secara bersamaan. Properti Universal Analytics hanya mendukung situs web.

Apabila website Anda dibuat menggunakan Weebly, untuk memasang Google Analytics 4 ke situs Anda caranya cukup mudah, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

1. Membuat akun Google Analytics terlebih dahulu. Silakan bisa mengakses ke halaman Google Analytics , lalu klik tombol Start for free.

google analytics 4 weebly

2. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman login. Silahkan diisi dengan email dan password akun Google Anda. Lalu, klik sign.

login google analytics 4 weebly

3. Setelah Login, Anda akan diarahkan ke halaman utama Google Analytics. Silahkan klik Start Measuring/Mulai Mengukur.

dashboard google analytics 4

4. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman setting account. Pada kolom account name silahkan diisi nama akun Anda. Pada pilihan opsi Account Data Sharing Setting, silahkan dapat di cheklist semua, kemudian klik next.

setting google analytics 4

5. Pada halaman setting property, silahkan diisi sebagai berikut : 

  • Property name : Silahkan isi nama property Google Analytics Anda
  • Reporting Time Zone : Silahkan pilih zona waktu lokasi Anda
  • Currency : Pilih mata uang yang sesuai dengan lokasi Anda
cara setting google analytics 4 di Weebly

6. Pada halaman Business Information/Informasi Bisnis, silahkan pilih kategori industri, ukuran bisnis Anda, dan checklist opsi yang ingin diukur dari website Anda, lalu klik next.

menambahkan google analytics 4 di Weebly

7. Selanjutnya akan muncul tampilan halaman persetujuan dan ketentuan kebijakan oleh Google Analytics, silahkan di checklist, kemudian klik I Accept

menambahkan google analytics 4 di website

8. Selanjutnya, Akan muncul tampilan pop up seperti gambar dibawah ini. Silahkan langsung klik save.

daftar google analytics 4 di website

9. Pada halaman pilih aliran data, silahkan klik opsi Web.

10. Anda akan diarahkan ke tampilan pop up setting aliran data, pada bagian website URL silahkan diisi dengan URL situs website Anda. Pada kolom Stream Name silahkan diisi dengan nama situs Anda, lalu klik “Create Stream”

set up google analytics 4

11. Anda telah selesai membuat properti Google Analytics 4. Di halaman ini Anda dapat melihat tag situs global (gtag.js) Google Analytics 4 yang akan ditambahkan ke situs Weebly Anda. Silahkan copy code gtag.js tersebut.

setting web di Google analytics

12. Langkah selanjutnya, pastekan code tag situs global (gtag.js) yang telah di copy sebelumnya ke situs weebly Anda, seperti gambar dibawah ini.

setting statistik di weebly

13. Anda telah selesai memasang Google Analytics 4 ke situs website anda. Selanjutnya, Anda dapat melihat statistic laporan pengunjung pada dashboard Google Analytics.

Demikian panduan Rumahweb tentang cara memasang Google Analytics 4 di Weebly. Selamat mencoba. 

Tinggalkan Komentar

Rizki Nur Safitri