Rumahweb Journal
Cara Membuat live chat Pada Weebly dengan Tawk.to

Cara Membuat live chat Pada Weebly dengan Tawk.to

Weebly merupakan website builder yang bisa didapatkan secara gratis, bila Anda menggunakan layanan shared/unlimited/cloud hosting di Rumahweb. Mungkin, Anda termasuk salah satu pelanggan kami yang menggunakan Weebly untuk pembuatan website. Salah satu fitur yang harus Anda ketahui tentang Weebly adalah fitur live chat. Pada panduan kali ini, kami akan berbagi cara membuat live chat pada Weebly dengan fitur chat dari Tawk.to.

Sebelum melangkah lebih lanjut tentang cara pembuatannya, yuk simak penjelasan kami tentang apa itu Tawk.to dan bagaimana cara mendapatkan kode chatnya.

Apa itu Tawk.to ?

Tawk.to adalah layanan pihak ketiga yang memungkinkan Anda untuk memasang fitur chatting (obrolan) pada halaman website, sehingga Anda dapat berkomunikasi  secara realtime dengan pengunjung website Anda.

Untuk memasang tawk.to di halaman website caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mendaftar di website Tawk.to scara gratis, kemudian Anda akan mendapatkan kode live chat yang bisa Anda pasang di website.

Manfaat Live chat pada Website

Selain dapat berkomunikasi dengan calon pelanggan secara realtime, adanya fitur live chat pada website cenderung menghemat biaya daripada berkomunikasi lewat telpon. Menggunakan live chat untuk berkomunikasi dengan pelanggan juga akan meningkatkan efisiensi kerja.

Mengingat Anda dapat menangani beberapa chat sekaligus tanpa harus terganggu. Sedangkan untuk telepon, Anda hanya dapat menangani satu pelanggan sampai permasalahan yang diajukan selesai teratasi.

Cara Membuat live chat pada Weebly

Untuk memasang live chat pada website, ada 2 langkah yang perlu Anda lakukan. Yaitu anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu di halaman Tawk.to untuk mendapatkan kode live chat. Yang kedua, Anda harus memasang script live chat pada website.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat live chat pada Weebly.

Langkah 1. Mendapatkan kode live chat di Tawk.to

Untuk langkah-langkah mendaftar di Tawk.to hingga pemasangan kode live chat di website, Anda dapat mengikui langkah-langkah berikut :

  1. Silahkan kunjungi situs Tawk.to, klik tombol  sign up free
sign up tawk to

2. Silahkan input Nama Anda, alamat email dan password

membuat akun gratis di tawk to

3. Langkah selanjutnya, silahkan memilih Bahasa yang ingin digunakan untuk dashabord administrator Anda

memilih bahasa di tawkto

4. Selanjutnya, silahkan inputkan nama situs, URL situs, dan nama widget pada kolom yang sudah disediakan.

menambahkan website di tawk to

5. Pada tahap ini, Anda dapat mengelola Admin dan Agen, caranya yaitu dengan menginputkan email akun yang ingin dijadikan Agen atau Admin. Jika sudah di setting klik tombol berikutnya, untuk beralih ke step selanjutnya

menambahkan anggota team di tawk to

6. Pada step ini Anda akan di sediakan kode widget seperti pada kotak merah bawah ini, Silahkan di copy kode tersebut, kode tersebut  yang akan kita pasang di halaman editor weebly.

mendapatkan kode live chat di tawk.to

Langkah 2. Memasang kode live chat di Weebly

Setelah mendapatkan kode dari Tawk.to, selanjutnya Anda bisa menambahkan kode live chat ke panel editor Weebly. Ada 2 opsi untuk memasang kode live chat pada Weebly sesuai kebutuhan Anda.

Jika ingin semua halaman terpasang livechat, maka kode live chat bisa dimasukkan ke script template yang Anda gunakan. Namun jika hanya beberapa halaman saja yang ingin dipasang livechat, maka Anda bisa menambahkan kode ini di halaman yang Anda inginkan melalui fitur embed.

Berikut kami sampaikan 2 cara penambahan live chat di Weebly.

Untuk halaman tertentu

1. Silahkan akses halaman Weebly Editor terlebih dahulu. Panduannya bisa Anda pelajari melalui link berikut : Login Weebly

2. Klik fitur Embed Code, Drag and drop fitur ke halaman website.

cara membuat live chat pada weebly

3. Tempel kode Widget yang telah di copy sebelumnya

menempelkan kode live chat di weebly

4. Kini Widget Live chat telah terpasang di  halaman editor website Anda, Untuk menampilkan perubahan di halaman website, silahkan publish  konten website terlebih dahulu.

melakukan publish setelah menambahkan kode live chat di weebly

5. Setelah publish konten, silahkan mencoba akses website kembali, widget live chat akan otomatis tampil pada halaman website.

tampilan livechat setelah di publish

Di semua halaman Weebly

1. Silahkan akses halaman Weebly Editor terlebih dahulu. Panduannya bisa Anda pelajari melalui link berikut : Login Weebly

2. Klik menu Setting > SEO > Header Code.

Cara menampilakan live chat tawk.to di semua halaman

3. Lalu Anda bisa meletakkan script tersebut pada kolom header code.

Menempelkan script live chat Tawk.to di header code

4. Jangan lupa melakukan publish Weebly, untuk penyimpanan file kode tersebut.

Demikian panduan cara menambahkan kode live chat takw.to di weebly, Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Rizki Nur Safitri