Rumahweb Journal
Banner - Belajar PHP Dasar (Bagian 1)

Belajar PHP Dasar Untuk Pemula : Perkenalan (Bagian 1)

PHP adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan saat ini. Bagi Anda yang ingin belajar PHP dasar, anda menemukan artikel yang tepat. Karena pembahasannya cukup banyak, artikel belajar PHP dasar akan kami bagi menjadi beberapa seri.

Untuk mulai belajar PHP, hal pertama yang perlu kita pahami adalah definisinya. Karenanya, pada bagian 1 ini kami akan mengulas tentang apa itu PHP hingga cara membuat file php sederhana.

Apa itu PHP?

PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor, yaitu bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk aplikasi dan pengembangan website.

Bahasa pemrograman PHP memungkinkan kita untuk mengelola data yang terhubung dengan database, menjadikan situs web lebih dinamis, serta menjalankan fungsi-fungsi tertentu yang kita butuhkan pada aplikasi. Pemrograman PHP tidak hanya terbatas pada menampilkan informasi, seperti sebelum bahasa PHP dikembangkan.

Selengkapnya tentang PHP bisa Anda baca pada artikel : Apa itu PHP?

Sejarah PHP

Mulanya, PHP dikembangkan pada tahun 1994 dan rilis perdana pada 8 Juni 1995 oleh pengembang berketurunan Denmark-Kanada, Rasmus Lerdorf. Awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal).

Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. Selanjutnya, Rasmus merilis source code tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI.

Dengan sifatnya yang open source, minat dari para developer untuk berkontribusi dalam pengembangan PHP semakin meningkat.

Pada tahun 1995, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1995, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessor.

Hingga artikel ini diterbitkan, versi terbaru dan stabil dari bahasa pemograman PHP adalah versi 8.3.

Cara Kerja PHP

Ada 3 tahapan yang dilakukan PHP untuk mengeksekusi perintahnya. Berikut tahapannya.

  1. Client (web browser) mengirim sebuah permintaan HTTP ke web server, sebagai contoh index.php.  
  2. PHP yang berada di web server akan memproses kode PHP untuk menghasilkan file HTML.
  3. Web server akan mengirim file HTML kembali ke client.

Belajar PHP dasar untuk pemula

Ada beberapa hal yang perlu kita siapkan untuk mulai belajar PHP. Berikut diantaranya:

1. Komputer atau Laptop

Tentunya hal pertama yang harus Anda siapkan adalah komputer atau laptop sebagai perangkat utama. Semua sistem operasi bisa digunakan untuk belajar PHP dasar.

2. Webserver

Web server adalah software server yang digunakan untuk melayani permintaan user dengan cara menerima, memproses, dan menampilkan data melalui browser sesuai dengan permintaan yang dikirimkan ke server.

Ada beberapa web server lokal yang dapat diinstall di Komputer, seperti XAMPP, WAMPP atau EasyPHP. Dari semua web server lokal yang kami sebutkan, XAMPP menjadi salah satu yang paling populer. Anda bisa mempelajari selengkapnya tentang XAMPP di artikel berikut.

Sedangkan panduan untuk install XAMPP hingga cara menjalankan script php di localhost, bisa Anda pelajari pada artikel berikut.

3. Pemahaman mengenai HTML dan CSS

Karena pengolahan data php ini nanti akan dimunculkan menjadi file HTML, maka perlu belajar dahulu apa itu html dan css dan bagaimana cara pengoperasianya.

Mengenai 2 hal ini Rumahweb telah membuatkan artikel pembelajaranya juga Silakan cek link untuk belajar HTML(buat link https://blog.rumahweb.com/html-adalah/) dan css (buat link https://blog.rumahweb.com/css-adalah/

4. Text Editor

Bahasa pemrograman pada dasarnya merupakan sekumpulan tulisan atau skrip yang membentuk serangkaian perintah untuk menjalankan suatu fungsi atau proses tertentu. Oleh karena itu, untuk memulai penulisan kode skrip, kita memerlukan sebuah text editor.

Text editor yang dapat digunakan secara langsung termasuk Notepad (untuk pengguna Windows). Alternatifnya, kita juga dapat menggunakan aplikasi text editor yang lebih canggih sesuai kebutuhan pemrograman (pembuatan kode). Beberapa contoh text editor canggih meliputi Notepad++, Sublime, Visual Studio Code, Atom, dan sebagainya.

5. Browser

Cara mengakses website adalah dengan memanggil domain atau IP webserver dimana website itu berada. Pemanggilan ini dilakukan melalui browser, sehingga kita perlu browser untuk melihat website php yang telah kita buat. Contoh browser seperti Chrome, Firefox, Microsoft Edge, Opera, DLL.

Cara membuat file PHP sederhana

Membuat file php sangatlah mudah. Kita hanya perlu membuka text editor dan menulis script php sederhana lalu menyimpannya dengan .php. Contohnya Anda membuat file dengan nama index.php.

Cara membuat file PHP

File ini disimpan pada directory atau folder root web server lokal Anda. Jika Anda menggunakan XAMPP, simpanlah file index.php pada htdocs yang merupakan directory root defaultnya.

Script PHP dasar pertama yang akan kita buat adalah Hello World. File ini berisi script untuk menampilkan kata Hello World saja ketika ditampilkan di browser.

Script PHP dimulai dengan <?php dan diakhiri dengan ?>. Contohnya sebagai berikut:

<?php 
  echo "Hello World";
?>
Membuat Script Hello World untuk belajar php dasar

Lalu ketika diakses akan muncul seperti tampilan berikut :

Hasil akses file php yang dibuat

Demikian artikel pembelajaran ini kami buat. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan belajar PHP dasar part 2 yang membahas tentang cara menampilkan teks pada link berikut. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Edi Purnomo

Sedang baik-baik saja. Bagian dari Technical Support Rumahweb juga. Nulis Artikel juga.