Rumahweb Journal
belajar php dasar bagian 3

Belajar PHP Dasar Bagian 3 : Mengenal Variabel dan Tipe Data

Setelah selesai belajar PHP dasar bagian 2, selanjutnya kita akan masuk ke bagian 3 yang membahas tentang tipe data. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang variable dan tipe data pada PHP. Simak informasi berikut ini.

Apa itu variabel?

Variabel dalam pemrograman adalah sebuah nama atau identitas yang diberikan untuk menyimpan suatu nilai data dalam memori komputer. Pada dasarnya, variabel bisa berupa apa saja sebagai sebuah bentuk yang akan menyimpan data atau dijadikan nilai setara sebuah data.

Untuk memudahkan Anda memahami apa itu variable dalam belajar php, dapat kita analogikan sebagai nilai x dan y, sama seperti pelajaran matematika dulu.

Misalnya x adalah variabel dan menyimpan nilai dalam sebuah angka contohnya 5, lalu y adalah sebuah variabel yang menyimpan atau setara nilainya dengan sebuah angka 3. Jika x dan y dinotasikan dan dijumlah, maka akan menjadi format matematika seperti ini :

x = 5
y = 3
x + y = 8

Apa itu tipe data?

Tipe data adalah klasifikasi untuk menentukan jenis nilai yang dimiliki oleh suatu variabel. Fungsinya adalah memastikan bahwa setiap variabel dalam program memiliki tipe data yang sesuai, sehingga data tersebut dapat diinterpretasikan dengan benar dan operasi-operasi tertentu dapat dilakukan dengan benar juga.

Jenis tipe data di PHP

Tipe data yang dapat digunakan di dalam script php adalah sebagai berikut :

  • String 
  • Integer
  • Float 
  • Boolean
  • Array 
  • Object 
  • Null

Berikut adalah penjelasan masing-masin tipe datanya.

Tipe data String

String adalah urutan karakter yang menjadi teks. Nilai apapun didalam variabel akan dicetak sesuai yang tertulis. Penulisanya harus menggunakan tanda petik. Contoh penggunaanya sebagai berikut :

<?php 
	$x = “Hello World”;
	$y = “Ini adalah data tipe String”;
	echo $x . “<br>” . $y;
?>

Dan jika diakses akan muncul hasil seperti berikut :

Contoh tipe data String dalam pemrograman PHP

Tipe data Integer

Integer adalah tipe data yang berisikan angka bulat tanpa desimal. Penulisanya menginputkan angka bulat tanpa menggunakan tanda petik seperti string. Contoh penggunaanya sebagai berikut :

<?php 
	$x = 1;
	$y = 2;
	echo $x + $y;
	echo "<br>";
	echo $x . $y;
?>

Dan jika diakses akan muncul hasil seperti berikut :

Contoh tipe data Integer dalam pemrograman PHP

Tipe data Float

Float adalah tipe data yang berisikan angka pecahan. Penulisanya sama seperti integer, tanpa menggunakan tanda petik, tetapi diperbolehkan menggunakan koma dibelakang angka sebagai penanda bahwa nilainya tidak bulat.

Dalam bahasa pemrograman, koma pada angka pecahan tidak ditulis dengan koma (,) melainkan titik (.). Contoh penggunaanya :

<?php 
	$x = 1.2;
	$y = 2.3;
	echo $x + $y;
	echo "<br>";
	echo $x . $y;
?>

Dan jika diakses akan muncul hasil seperti berikut :

Contoh tipe data Float atau Double dalam pemrograman PHP - belajar php dasar

Tipe data Boolean

Boolean adalah tipe data yang merepresentasikan 2 kemungkinan keadaan, True dan False. Karena ini berupa kondisi, dan bukan teks, maka penulisanya tidak menggunakan petik. Digunakan untuk menyatakan sebuah kondisi benar atau salah dalam suatu statement. Contoh penggunaanya sebagai berikut :

<?php 
$x = true;
$y = false;
var_dump($x); //fungsi untuk memeriksa kondisi boolean dalam variabel
echo "<br>";
var_dump($y); //fungsi untuk memeriksa kondisi boolean dalam variabel
echo "<br>";
echo $x; //Jika dicetak dengan echo, boolean true akan muncul angka 1
echo "<br>";
echo $y; //Jika dicetak dengan echo, boolean false tidak akan menampilkan apapun
?>

Function var_dump() berfungsi untuk memastikan tipe data dari sebuah variabel dan untuk proses pengujian dan pencarian kesalahan atau yang biasa di sebut para programmer adalah debugging. Fungsi var_dump() memerlukan input variabel yang akan diperiksa. Setelah diakses akan muncul tampilan sebagai berikut :

Contoh tipe data Boolean dalam pemrograman PHP

Tipe data Array

Array adalah tipe data yang berisi sekumpulan tipe data lain, kita dapat menyimpan banyak nilai dari jenis data tipe lain menjadi satu variabel. Contoh penulisan dan hasil eksekusinya :

<?php  
$makanan = array("Gudeg","Soto","Nasi Goreng");
var_dump($makanan);
echo "<br>";
echo $makanan;
echo "<br>";
echo $makanan[0];
echo "<br>";
echo $makanan[1];
echo "<br>";
echo $makanan[2];
echo "<br>";
$angka = [1,2,3];
var_dump($angka);
echo "<br>";
echo $angka;
echo "<br>";
echo $angka[0];
echo "<br>";
echo $angka[1];
echo "<br>";
echo $angka[2];
?> 
Contoh tipe data Array dalam pemrograman PHP

Perlu diketahui, array saja tanpa pembilang akan muncul warning seperti gambar diatas, dan akan muncul jenis tipe datanya saja yaitu “Array”. Jika ingin memunculkan suatu nilai di dalam array, maka harus menggunakan pembilang urutan array yang dimulai dari 0, seperti penulisan script diatas.

Sedangkan fungsi var_dump() untuk array akan memunculkan tipe data variabel (array) dan memunculkan tipe data dari nilai sesuai urutan beserta panjang variabel atau keterangan nilainya.

Karena array ini memiliki banyak kegunaan dan cara penulisanya. Selanjutya, kami akan buatkan bagian khusus untuk membahas tipe data Array ini di Belajar PHP dasar bagian 4.

Tipe data Object

Object adalah tipe data yang memasukan sebuah kelas kedalam suatu variabel. Jika variabel diekseksi, perlu memanggil fungsi dengan menulisakan $variabel->namafungsi yang ada di dalam kelas tersebut dan akan menjalankan apapun yang ada didalam fungsi tersebut. Contoh penggunaanya sebagai berikut :

<?php  
Class CetakTeks{
	Function Teks(){
		$a = "Hello World! <br>";
		$b = "Ini adalah contoh eksekusi<br>";
		$c = "dari sebuah tipe data object yang berisi fungsi <br>";
		$d = "yang melakukan echo untuk menampilkan teks ini<br>";
		echo $a.$b.$c.$d;
	}
}
$cetak = new CetakTeks();
$cetak->Teks();
?> 
Contoh tipe data Object dalam pemrograman PHP

Tipe data objek ini akan sangat berguna untuk menyederhanakan pengolahan data secara signifikan dan memiliki banyak manfaat yang beragam. Oleh karena itu, kami akan menyediakan bagian khusus untuk menjelajahi tipe data objek ini lebih dalam dalam pembahasan Object Oriented Programming.

Tipe data Null

Tipe data ini hanya berisi satu nilai, yaitu null. Null artinya tidak memiliki nilai atau kosong, sehingga jika null dicetak akan tidak memunculkan nilai atau data apapun. Contoh penggunaan :

<?php 
	$cetak = null;
	echo $cetak;
?>
Contoh tipe data Null dalam pemrograman PHP

Kesimpulan

Penggunaan tipe data ini sangat penting untuk mengolah data yang akan ditampilkan menjadi sebuah informasi untuk pengunjung halaman website. Penggunaan variabel dalam PHP juga memudahkan dalam pemanggilan data, karena Anda hanya perlu memanggil variabel tersebut, dan data yang disimpan di dalamnya akan ditampilkan.

Karenanya, pemahaman tentang variable dan tipe data ini perlu Anda dalami sebelum melangkah lebih jauh mengenai bahasa pemrograman PHP.

Demikian panduan belajar php dasar untuk pemula bagian 3 tentang variable dan tipe data. Nantikan belajar php dasar bagian 4 yang telah kami rilis.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Edi Purnomo

Sedang baik-baik saja. Bagian dari Technical Support Rumahweb juga. Nulis Artikel juga.