Rumahweb Journal
Banner - Apa Itu VPS adalah

Apa Itu VPS? Pengertian, Jenis, dan Cara Membelinya

Pernahkan Anda mendengar istilah VPS? Ya, VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server yang merupakan layanan hosting dalam bentuk virtual dengan OS yang bisa dipilih. Dalam artikel ini, kami akan berbagi informasi tentang apa itu VPS hingga cara membelinya. Simak informasi berikut ini.

Ketika Anda akan membangun rumah tangga, pilihan tempat tinggal menjadi salah satu faktor paling mendasar yang akan menentukan keharmonisan kehidupan sehari-hari.

Kenyamanan dari sebuah rumah untuk ditinggali ditentukan oleh variabel-variabel seperti: luas bangunan, fasilitas dan perabotan yang tersedia, serta akses jalan yang baik. Rumah yang luas dengan perabotan yang lengkap, ketersediaan air yang baik, lingkungan yang aman serta dekat dengan jalan raya, tentu akan menjadi sebuah tempat tinggal yang nyaman yang membuat penghuninya betah.

Demikian halnya dengan pemilihan layanan hosting. Sebagai tempat menyimpan seluruh data website, hosting adalah salah satu komponen paling utama yang akan menentukan performa sebuah website.

Layanan hosting dengan resource dan fitur yang memadai, akan menjadi tempat penyimpanan data yang baik, yang pada akhirnya akan menghasilkan output dengan performa yang optimal.

Jenis-Jenis Hosting

Secara garis besar, layanan hosting terdiri dari tiga kategori, yaitu Shared Hosting, VPS, dan Dedicated Server. Setiap layanan hosting tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Layanan hosting mana yang paling baik, tergantung dari dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dalam proses pengembangan website atau aplikasi.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Layanan shared hosting cocok digunakan untuk pengembangan website yang tidak memerlukan sumber daya yang terlalu besar seperti website company profile atau blog personal.

Sedangkan layanan VPS dan dedicated server diperuntukkan untuk pengembangan situs atau aplikasi web dengan jumlah pengunjung yang besar, yang memerlukan resource besar untuk bisa berjalan dengan baik dan stabil.

Pada artikel journal kali ini, kami ingin membahas seputar apa itu VPS, jenis dan cara membelinya di layanan Rumahweb.

Apa itu VPS

Virtual Private Server atau disingkat dengan VPS, adalah sebuah layanan hosting dalam bentuk server virtual yang menjalankan sebuah sistem operasi dengan hak akses penuh. VPS berjalan di dalam sebuah server fisik dengan menggunakan teknologi virtualisasi, dengan alokasi sumberdaya yang bisa disesuaikan kebutuhan penggunanya.

Berbeda dengan layanan shared hosting, VPS memiliki sumber daya khusus yang didedikasikan untuk satu pengguna. Besaran alokasi sumber daya pada VPS yang meliputi CPU, RAM dan storage, bisa diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Dengan hak akses penuh pada sistem operasi yang berjalan, pengguna VPS seolah-olah memiliki sebuah server riil yang bisa diatur dan dikustomisasi sesuai dengan tujuan-tujuan yang spesifik.

VPS bisa dianalogikan dengan rumah kontrak. Penghuninya diberikan ijin penuh untuk mengecat dinding, mengubah tata letak dan menambah perabotan, serta kustomisasi lain untuk menciptakan sebuah tempat tinggal yang nyaman.

Layanan VPS umumnya digunakan oleh pengguna yang memerlukan sebuah infrastruktur hosting yang bisa dikustomasi secara luas, yang tidak bisa didapatkan pada layanan shared hosting.

Produk-Produk VPS Hosting di Rumahweb

Untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna setia, Rumahweb menyediakan beragam produk VPS Hosting. Berikut produk-produk VPS Hosting yang tersedia di layanan Rumahweb:

1. VPS KVM Rumahweb

Adalah sebuah produk VPS Hosting hasil pengembangan dari tim RnD Rumahweb dengan menggunakan teknologi virtualisasi KVM. Layanan ini menawarkan sebuah produk VPS dengan harga terjangkau dengan pilihan sumber daya dan sistem operasi yang beragam.

Dengan harga mulai Rp50.000/bulan, Anda sudah bisa mendapatkan sebuah server VPS yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan. Untuk kebutuhan deployment yang lebih lanjut, VPS KVM menawarkan paket tertinggi dengan spesifikasi CPU 16 core, RAM 64 GB dan storage 1,2 TB. Informasi selengkapnya bisa Anda baca di halaman berikut.

2. VPS Alibaba Cloud

Adalah sebuah produk VPS yang dihadirkan oleh Rumahweb berkolaborasi dengan Alibaba Cloud. VPS Alibaba menawarkan teknologi terkini dari Alibaba Cloud, dengan pilihan lokasi datacenter Indonesia, Singapura, US dan Jerman.

VPS Alibaba Cloud menawarkan pilihan sistem operasi Windows dan Linux, yang bisa direbuild sesuai dengan kondisi dan kebutuhan yang ada. Informasi selengkapnya bisa Anda baca di halaman berikut.

3. VPS AWS Lightsail

Adalah sebuah produk VPS hasil kolaborasi Rumahweb dengan Amazon Web Service (AWS) yang menawarkan sebuah layanan VPS dengan performa terbaik dari layanan AWS. VPS AWS Lightsail terdiri dari VPS Windows dan Linux dengan fitur-fitur canggih dari AWS. Informasi selengkapnya bisa Anda baca di halaman berikut.

Cara Membeli Layanan VPS di Rumahweb

Bagi Anda yang memerlukan layanan dengan hak akses tingkat lanjut, VPS adalah pilihan yang tepat. Layanan VPS hosting Rumahweb bisa diorder dengan mudah dan cepat. Berikut langkah-langkah membeli layanan VPS di Rumahweb:

  1. Akses halaman website rumahweb.com.
  2. Pilih menu Hosting, kemudian pilih VPS/Cloud Server.
membeli vps di Rumahweb - apa itu vps
  1. Pilih sistem operasi yang diinginkan, Linux atau Windows.
  2. Pilihlah paket VPS sesuai kebutuhan Anda.
  3. Selanjutnya, silahkan pilih lokasi datacenter.
  4. Pilih distro Linux atau versi Windows sesuai kebutuhan.
  5. Klik tombol BUAT VPS.
  6. Masukkan hostname VPS dengan format FQDN (Contoh: vps.domainku.com). Hostname domainku.com tidak harus menggunakan nama domain aktif, meskipun lebih baik kalau menggunakan alamat domain aktif yang Anda miliki.
  7. Klik tombol Lanjut, kemudian klik Daftar Dengan Email apabila belum memiliki akun di Rumahweb, masukkan data diri.
  8. Pilih metode pembayaran, kemudian klik Lanjut. Terakhir, klik tombol Checkout.
  9. Lakukan pembayaran, kemudian tunggu sampai mendapatkan email konfirmasi layanan VPS yang Anda order telah aktif.

Mengelola Layanan VPS Rumahweb

Layanan VPS Rumahweb bisa dikelola melalui halaman Clientzone, kemudian masuk halaman Virtualizor. Panduan selengkapnya seputar pengelolaan VPS melalui halaman Virtualizor bisa Anda baca di halaman berikut.

Untuk login ke server VPS, selain bisa dilakukan dari menu VNC di halaman Virtualizor, juga bisa diakses secara remote melalui koneksi SSH. Panduan selengkapnya untuk melakukan koneksi SSH bisa Anda baca di halaman berikut.

Penutup

Kami akan mengulas kembali tentang apa itu VPS. Virtual private server adalah layanan yang menawarkan server virtual dengan sumber daya dedicated, yang bisa Anda kustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Sumber daya dedicated dan kustomisasi tingkat lanjut pada VPS, memungkinkan Anda membangun sebuah sistem terbaik sesuai dengan tujuan-tujuan tertentu yang belum bisa disediakan pada layanan shared hosting.

Dengan dukungan technical support 24 jam dari Rumahweb, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan layanan VPS dan membangun beragam project yang canggih dan powerful.

Demikian artikel kami tentang apa itu VPS, jenis, dan cara membelinya. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut seputar layanan VPS Rumahweb, silakan menghubungi tim technical support Rumahweb untuk informasi dan dukungan selengkapnya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.