Rumahweb Journal
Opengraph - Cara Setting SEO Website di Site.Pro

Cara Setting SEO Website di SitePro

SitePro adalah satu website builder yang sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Tidak hanya dalam proses pembuatan website, optimasi SEO on page pada website juga sangat mudah. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara setting SEO website di SitePro agar website anda mudah dikenali oleh search engine.

SitePro telah dilengkapi dengan tools SEO yang dapat Anda gunakan untuk setting keyword, description hingga title. Kali ini kami akan memberikan panduan cara pengaturan atau setting SEO dasar pada website builder SitePro di hosting Rumahweb.

Setting SEO SitePro di Rumahweb

  1. Login ke halaman clientzone Rumahweb.
  1. Pilih menu Hosting > Klik tombol Manage pada layanan hosting yang anda pilih > klik Login SitePro.
  1. Setelah muncul halaman site.pro editor, pilih icon setting lalu pilih menu Pages seperti gambar berikut:
Setting SEO SitePro
Mengatur seo SitePro di Rumahweb
  1. Setelah itu, klik nama pages atau halaman yang ingin dilakukan pengaturan SEO, dengan klik nama halaman atau pages, dan pilih pada bagian SEO
    Anda bisa mengatur Judul, Deskripsi, dan Kata Kunci website disini
Setting SEO
Mengatur seo title deskripsi kata kunci SitePro di Rumahweb

Cara Mengisi Panel SEO on Page SitePro

  • Title digunakan oleh browser web dan juga mesin pencari seperti Google untuk menampilkan halaman web dalam hasil pencarian (SERPs). Pada browser, Anda akan menemukannya di bagian atas browser. disarankan panjang title antara 40-60 huruf.
  • Description adalah atribut HTML yang memberikan ringkasan singkat dari halaman web. Pada mesin pencari seperti Google, meta deskripsi akan ditampilkan dalam hasil pencarian. Disarankan panjang deskripsi antara 140-160 huruf.
  • Keywords adalah jenis Meta Tag dalam HTML halaman web yang mendeskripsikan konten situs web secara singkat dan ringkas. Umumnya ditulis dalam huruf kecil, dan dipisahkan dengan koma.

    Hal terpenting yang harus dipastikan adalah kata kunci (meta keywords) yang Anda pilih relevan dengan halaman yang bersangkutan. Anda bisa melakukan research keyword terlebih dahulu, agar hasilnya lebih maksimal.
  • Image digunakan untuk opengraphs yang biasanya ditampilkan untuk thumbnail atau gambar cuplikan seperti share artikel di facebook, whatsapp dan lain-lain.
  • User Friendly URL adalah alamat url yang ditampilkan pada browser, secara default akan menampilkan sesuai nama pages atau halaman.
  • Do not index page digunakan bila anda tidak menginginkan mesin pencari untuk melakukan indexing di halaman mesin pencari, karena alasan tertentu.

Baca juga tentang On Page SEO: Pengertian dan Cara Penerapannya

Bila anda ingin halaman tertentu tidak dilakukan indexing pada halaman mesin pencari, untuk alasan tertentu, bisa mengaktifkan opsi “Do not index page” pada bagian General dan centang di kotak sebelah “Do not index page“.

Do Not Index Page
  1. Jika sudah selesai, terakhir kilik Apply

Diatas adalah cara mengatur seo di site.pro Rumahweb dengan mudah. Anda bisa mengatur deskripsi dan kata kunci perhalaman atau untuk semua halaman sekaligus.
Anda juga bisa melihat preview untuk melihat contoh yang akan ditampilkan pada search engine atau tab browser.

Demikian cara setting seo pada sitepro, sangat mudah bukan? semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 6

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Rudiharto

Halo! Saya Rudi, bekerja di Rumahweb sebagai Technical Support. Saya menyukai WordPress, SitePro, Blogspot, dan rutin menulis tutorial. Saya akan membantu Anda membuat beberapa hal teknis mudah dipahami :)