Malware dan Solusinya

Malware (berasal dari kata malicious dan software) adalah perangkat lunak yang di ciptakan untuk atau merusak sistem komputer atau jaringan komputer tanpa izin dari pemilik.

Pengertian Malware sangat luas dan yang akan dibahas pada artike ini adalah Malware yang berada di website (hosting) dan bagaimana cara menghilangkan serta apa saja yang harus dilakukan agar tidak terkena malware lagi.

Pernahkan Anda mendapatkan pesan notifikasi seperti gambar berikut ini, ketika mengakses suatu website atau bahkan website Anda sendiri:

malware dan solusinya

Pesan notifikasi diatas muncul karena website yang Anda kunjungi mengandung atau dianggap menyimpan malware, sehingga browser memberikan notifikasi tersebut untuk menghindari pengunjung tidak terkena (terinfeksi) malware dari website tersebut.

Penyebab Malware

Ada beberapa penyebab sebuah website terinfeksi malware, namun ada 2 hal yang sering kali

Berikut beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya :

  • Penggunaan Plugin atau Theme Nulled. (baca selengkapnya)
  • Komputer yang digunakan untuk melakukan koneksi FTP atau cPanel terinfeksi malware/virus.
  • Bugs pada script websitenya yang memungkinkan bisa digunakan untuk menyusupkan file malware. Untuk CMS, salah satu faktornya disebabkan karena versi cms tidak pernah diupdate.

Ketika Google melakukan crawl pada website dan menemukan file malware, maka Google akan langsung memberikan warning atau notifiksi malware pada browser untuk melindungi pengunjung agar tidak terdampak malware pada website yang dikunjungi.

Solusi Website Yang Sudah Terkena Malware

Solusi untuk website yang sudah terkena malware adalah sebagai berikut :

1. Membersihkan komputer yang Anda gunakan dari virus atau malware menggunakan software antivirus terupdate.
2. Mengganti password cPanel dan FTP.
3. Membersihkan script malware di semua file website Anda.
4. Melakukan permintaan review kepada google menggunakan layanan google webmaster tools untuk menghilangkan pesan malware di website Anda.

Setelah Anda memastikan bahwa website sudah bersih dari malware, maka solusi terakhir adalah merequest ke Google melalui Google Webmaster Tools untuk bisa melakukan review ulang pada website Anda. Jika website Anda belum terdaftar di Google webmaster tools, silahkan pelajari panduan berikut : Setting Website ke Google Webmaster

Setelah domain Anda terdaftar di layanan Google webmaster tools, Anda bisa merequest review ulang melalui menu “Security & Manual Action” lalu klik menu Security Issues.


Untuk request review, Anda hanya perlu mengisi nama domain pada kolom search pada halaman tersebut. Hasil review tidak tampil secara langsung, tetapi memelukan waktu agar website bisa dilakukan re-crawl oleh Google. Lama waktu re-crawl ini tidak bisa ditentukan, karena tergantung dari time spend pada Google Crawl untuk website Anda.

Setelah melakukan request peninjauan ulang ke Google, Anda hanya perlu menunggu hingga mendapatkan notifikasi dari Google untuk hasil peninjauannya. Jika Google sudah tidak menemukan file malware pada website Anda, maka Google akan membuka block malware di website Anda.

Demikian artikel yang menjelaskan tentang Malware dan Solusinya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar