Tutorial Web Hosting

Tutorial dan userguide layanan web hosting Rumahweb

Beberapa Cara Upload Website ke Hosting Server

Setelah selesai mendesain dan membuat website secara offline, langkah selanjutnya adalah mengupload website tersebut ke account hosting yang telah Anda dapatkan. Yang dinamakan dengan upload ini adalah proses memindahkan file-file dari komputer Anda ke server hosting sehingga nantinya bisa diakses oleh banyak orang di seluruh dunia.

Untuk teknik upload website  ada beberapa cara, berikut ini 2 cara yang umum dalam melakukan upload file-file website ke server hosting:

  1. Upload menggunakan File Manager (atau Legacy File Manager)
    Keuntungan mengupload file menggunakan file manager adalah Anda tidak perlu menginstal apapun di server, cukup menggunakan browser dan mengakses CPanel saja. Sedangkan kelemahannya adalah folder tidak bisa ikut diupload, sehingga harus membuat folder secara manual.

    Selain itu bisa dibilang bahwa proses upload dilakukan satu-persatu. File manager hanya bisa mengupload 15 file sekaligus dan harus berada di folder yang sama.

    Untuk informasi detail, silahkan menuju halaman panduan upload menggunakan File Manager.

  2. Upload menggunakan software FTP
    Upload file menggunakan software FTP cukup mudah dan menyenangkan.  Selain bisa mengupload banyak file sekaligus (termasuk folder-foldernya), ketika koneksi terputus dan proses upload terhenti, Anda bisa melanjutkannya sewaktu-waktu. Selain itu upload menggunakan FTP lebih bisa diandalkan ketika harus mengupload file-file dalam ukuran besar.

    Software-software FTP yang banyak digunakan antara lain adalah FileZilla dan CuteFTP, kami merekomendasikan menggunakan FileZilla karena gratis dan mudah digunakan.

    Silahkan membaca panduan upload file menggunakan FTP untuk informasi detailnya.

Secara keseluruhan, kami lebih menyarankan untuk mengupload file-file untuk website ke server menggunakan software FTP.