Install WordPress Melalui cPanel

Perkembangan wordpress yang begitu cepat memikat para pengguna internet untuk memiliki sebuah blog. Untuk memudahkan pelanggan, Rumahweb menyediakan script instalasi wordpress di cPanel pada menu Fantastico Deluxe. Fasilitas tersebut tersedia pada paket hosting minimal Personal 50Mb. Untuk lebih memudahkan lagi pelanggan, berikut kami sampaikan panduan instalasi wordpress melalui Fantastico Deluxe.

Langkah pertama adalah tentu saja login ke cPanel account Anda, dan silahkan cari icon Fantastico Deluxe seperti yang terlihat digambar berikut

Silahkan klik icon seperti kepala orang tersenyum tersebut. Anda akan diarahkan ke halaman berikut, yaitu halaman script instalasi. Di halaman tersebut terdapat beberapa script yang siap install. Namun untuk panduan kali ini, abaikan saja yang lainnya dan fokus ke link wordpress.

Disana ada space minimal untuk wordpress dan juga space yang tersedia pada account hosting Anda. Silahkan klik New Installation dan isi form-form yang dibutuhkan berkaitan dengan konfigurasi dan administrator wordpress.

Pada contoh disamping, saya akan menginstall wordpress di domain namadomainanda.com.

Kemudian dibawah domain ada form Install in Directory. Jika anda menginginkan install di root domain, kosongkan form tersebut. Jika anda ingin blog diakses melalui subfolder, silahkan isikan nama folder tujuan. Misalnya anda ingin blog anda diakses pada rumahwebsaja.com/blog, maka silahkan isikan blog di form kedua tersebut.

Berikutnya adalah username dan password untuk administrator wordpress Anda. Pastikan user dan password tersebut adalah yang tidak mudah ditebak. Silahkan isikan di bagian Admin Access Data.

Form Berikutnya Admin Nickname yaitu nama yang akan di tampilkan sebagai administrator. Nickname ini boleh berbeda dengan username login.

Lalu berikutnya adalah email administrator sebagai alat korespodensi mengenai blog anda. Isikan alamat email yang valid dan yang sering anda cek. Setelah itu Silahkan Anda isi Nama blog Anda di kolom Sitename. Dan di kolom Description silahkan anda isikan deskripsi dari Blog Anda. Proses Instalasi Selesai. Klik Install

Halaman berikutnya adalah konfirmasi mengenai instalasi wordpress yang telah Anda lakukan. Klik Finish Installation dan Isikan email yang tadi anda masukan di proses Instalasi.

Be Sociable, Share!