Tutorial Web Hosting

Tutorial dan userguide layanan web hosting Rumahweb

Mengapa Ada Pesan Internal Server Error

Ketika mengakses halaman website Anda, tiba-tiba Anda menemukan tampilan layar putih dengan tulisan sebagai berikut:

Internal Server ErrorThe server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request. Please contact the server administrator, webmaster@******.com and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.

More information about this error may be available in the server error log.

Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

Jika hal ini terjadi, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memeriksanya.

  • Refresh website Anda.
    Pertama yang harus Anda coba lakukan adalah merefresh tampilan browser Anda (tombol F5) atau force refresh dengan memencet kombinasi tombol Ctrl+F. Hal ini karena error tersebut bisa jadi bersifat sementara, misalnya karena website Anda menggunakan resource CPU dan RAM secara tidak normal atau berlebihan sehingga server akan memproteksi resource agar tidak mengganggu pelanggan lain.
  • Periksa permission file.
    Pastikan permission untuk file adalah 644 dan directory adalah 755. Di server Rumahweb, Anda tidak perlu melakukan CHMOD ke 777 agar suatu directory atau file bisa dimanipulasi (diisi file, edit, upload dll) karena kami menggunakan suExec yang memungkinkan user bisa melakukan operasi file di account Anda tanpa harus merubah permission ke 777 yang bisa mengurangi tingkat keamanan website.
  • Cek file .htaccess.
    Kesalahan konfigurasi file .htaccess berpotensi menyebabkan internal server error. Anda bisa memeriksa apakah file .htaccess yang menyebabkan error atau tidak dengan mengganti nama file .htaccess yang ada di directory public_html menjadi –misalnya– htaccess.txt kemudian coba buka kembali website Anda.

Jika ketiga langkah di atas sudah Anda coba dan website Anda masih menampilkan pesan error, Anda bisa mencoba menganalisa masalah yang terjadi dengan membaca file bernama error_log yang terdapat di directory yang sama dengan script/halaman yang muncul pesan internal server error.

Selanjutnya silahkan hubungi technical support Rumahweb jika pesan error tersebut masih muncul atau Anda telah mengetahui penyebab internal server error tetapi tidak mengetahui apa yang harus dilakukan.

Artikel Terkait:

  1. Beberapa Cara Upload Website ke Hosting Server
  2. Outgoing Mail Server atau SMTP
  3. “No input file specified” pada CodeIgniter
  4. Website bisa Tampil tapi Gambar tidak Tampil
  5. Tidak Bisa Login ke cPanel
  6. Sudah Upload tapi Website tidak Tampil
  7. Penggunaan Space Hosting
  8. Cara Upload Web dengan FTP

5 Responses to “Mengapa Ada Pesan Internal Server Error”

  1. frans Says:

    ada masalah dgn website sya y dimana ada tulisan internal server error over quota

  2. Penerjemah Says:

    Kalau web saya bermasalah saat akan dibaca oleh situs lain…misalnya saat saya mau submit ke direktori, trus saat saya masukan alamata url web saya, selalu aja muncul pesan “not found” atau “no response”
    kenapa ya gan kira-kira?

  3. Andree Arief Pratama Says:

    Posting yang bagus sekali…
    Terima kasih ya gan…

    saya berharap bisa tukeran link :D

    ini URL saya: http://www.theblognews.tk

  4. sandi Says:

    Kalau website saya sering sekali error 505……kenapa yaaa ?

  5. sandi Says:

    sorry maksudnya error 500 :D

Leave a Reply

Security Code: