Rumahweb Journal
banner - wampserver adalah

WampServer: Pengertian, Download dan Cara Install di Windows

WampServer adalah salah satu aplikasi web server yang dapat digunakan untuk membuat dan mengembangkan website melalui komputer lokal. Dengan WampServer, Anda dapat dengan mudah menjalankan dan menguji aplikasi web berbasis PHP di komputer sebelum menerapkannya ke server online.

WampServer dilengkapi dengan Apache, MySQL, dan PHP dalam satu paket, sehingga semua kebutuhan Anda untuk membuat website berbasis PHP di localhost dapat terpenuhi.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang apa itu WampServer, fungsi hingga cara install WampServer di komputer dengan OS Windows. Simak informasi berikut ini.

Apa Itu WampServer?

WampServer adalah paket software yang mengintegrasikan Apache server, MySQL database, PHP, hingga Perl. Dengan kata lain, WampServer menyediakan platform lengkap untuk menjalankan aplikasi web berbasis PHP dan MySQL di lingkungan lokal.

WampServer sangat penting dalam pengembangan web karena memungkinkan pengembang untuk menguji aplikasi mereka secara lokal, sebelum di-deploy ke online server. 

Dengan WampServer, Anda dapat mengidentifikasi dan memperbaiki bug, serta mengembangkan aplikasi tanpa ketergantungan pada koneksi internet atau server eksternal.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Manfaat WampServer

Fungsi utama dari WampServer adalah sebagai server lokal yang dapat Anda gunakan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis web. Dengan WampServer, pembuatan website dapat dilakukan secara offline tanpa harus terkoneksi ke internet.

WampServer sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang ingin belajar membuat website berbasis PHP, baik bagi programmer pemula maupun profesional.

Selain untuk belajar, Anda juga bisa menguji fitur baru, mengembangkan prototipe, dan melakukan debugging pada website yang sudah berjalan, tanpa mengganggu operasional situs web yang ada. Dengan demikian, risiko kerusakan pada website yang sedang berjalan dapat dihindari.

Cara Download WampServer

Setelah mengetahui apa itu WampServer beserta fungsinya, selanjutnya Anda bisa mengunduh aplikasi WampServer yang dapat digunakan secara gratis. Berikut cara download WampServer secara online.

Step 1. Kunjungi Situs Resmi WampServer

Pertama-tama, buka browser Anda dan kunjungi situs resmi WampServer. Pastikan Anda mengunjungi situs yang resmi disini, guna menghindari unduhan dari sumber yang tidak terpercaya yang dapat membahayakan keamanan perangkat Anda.

Kunjungi Situs Resmi WampServer

Step 2. Pilih Versi WampServer

Di situs resmi WampServer, Anda akan melihat beberapa versi yang tersedia untuk diunduh. Pilih versi terbaru agar Anda dapat mengakses fitur-fitur terbaru dan peningkatan keamanan.

Pilih Versi WampServer

Step 3. Pilih Jenis Instalator

Setelah memilih versi yang diinginkan, Anda akan diberikan opsi untuk mengunduh instalator. Biasanya, Anda akan memiliki pilihan antara installer 32-bit atau 64-bit tergantung pada sistem operasi Windows yang Anda gunakan. Pilih yang sesuai dengan spesifikasi komputer Anda.

Pilih Jenis Instalator

Klik versi yang diinginkan dan tunggu sampai proses unduh selesai.

Cara Install WampServer di OS Windows

Setelah selesai download WampServer ke komputer Anda, langkah selanjutnya adalah proses instalasi. Berikut adalah cara install WampServer di OS Windows 11:

Step 1. Mulai Instalasi

Double-click file installer yang telah Anda unduh untuk memulai proses instalasi WampServer.

Step 2. Pilih Bahasa

Pilih bahasa yang digunakan, dan pada panduan kali ini menggunakan bahasa English. dan klik OK untuk melanjutkan instalasi.

cara install WampServer

Step 3. Setujui Persyaratan

Pada layar instalasi, Anda akan diminta untuk menyetujui persyaratan penggunaan. Bacalah dengan cermat dan jika Anda setuju, lanjutkan dengan mengklik tombol “I accept the agreement” dan klik “Next”.

pilih i accept the agreement

Step 4. Pilih Lokasi Instalasi

Pilih lokasi di mana Anda ingin menginstal Wampserver di komputer Anda. Biasanya, lokasi default yang ditawarkan akan memadai untuk kebanyakan pengguna.

Step 5. Selesaikan Instalasi

Klik tombol “Install” untuk memulai proses instalasi. Tunggu sampai proses selesai dan pastikan tidak membatalkan instalasi sebelum selesai sepenuhnya. Dan klik “Finish” jika instalasi sudah selesai.

install WampServer selesai

Kesimpulan

WampServer adalah salah satu software yang berfungsi untuk membuat dan mengembangkan website berbasis localhost. Dengan WampServer, semua kebutuhan Anda untuk membuat website sederhana hingga framework berbasis PHP dapat terpenuhi.

WampServer dilengkapi dengan Apache server, MySQL database, PHP, hingga Perl. WampServer merupakan salah satu software open source, yang artinya dapat Anda download dan gunakan secara gratis.

Setelah website Anda selesai dibuat di localhost, Anda bisa memesan domain dan hosting agar website Anda dapat diakses secara online. Kunjungi halaman berikut untuk informasi domain dan hosting murah.

Demikian artikel kami tentang apa itu WampServer, fungsi, hingga cara Install WampServer di Windows, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Agata Bima Saputra