Rumahweb Journal
Banner - Theme Jupiter cPanel - Fitur dan Perbedaan dengan Versi Lama

Theme Jupiter cPanel: Fitur dan Perbedaan dengan Versi Lama

Jupiter adalah nama theme baru di cPanel yang mulai digunakan pada versi 108. Lalu, apa saja fitur baru di theme Jupiter cPanel dan apa perbedaan dengan versi sebelumnya?

Seperti yang telah kita ketahui bersama, cPanel adalah salah satu control panel yang berfungsi untuk mempermudah user dalam mengelola hosting pada server. Dengan cPanel Anda akan lebih mudah mengelola email, database, dan website. Selain karena fiturnya lengkap, cPanel juga memiliki tampilan yang user friendly, sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

Pada akhir Januari 2022, cPanel memperkenalkan sebuah tema baru dengan nama Jupiter. Tema Jupiter ini menawarkan interface yang lebih modern dan bersih, dengan tampilan yang lebih ringan dan lebih mudah dinavigasi dibandingkan dengan tema lamanya.

Thema Jupiter hadir dengan fitur baru seperti menu sidebar yang dapat diakses dari halaman apa saja, sehingga pengguna cPanel dapat dengan mudah mengelola situs web Anda.

Apa yang Baru di Theme Jupiter?

Theme Jupiter memiliki Grafik User Interface yang lebih ramping serta lebih modern. Selain itu, tampilannya lebih minimalis sehingga lebih mudah digunakan oleh user baru. Saat ini, kita tidak bisa masuk ke Kita tidak akan menemukan ikon di sidebar, karena semua menu akan ditampilkan secara lengkap di daftar menu.

Perbedaan paling mencolok antara theme Jupiter dan paper lantern adalah dari sisi fitur. Di tema paper lantern, masih tersedia fitur Addon domain, Subdomain hingga Aliases atau park domain. Sedangkan di theme Jupiter, fitur-fitur ini digabungkan dalam satu menu yaitu Domain.

Bagi pemula, theme Jupiter akan terkesan lebih ringkas dan user friendly. Namun sebagian dari pengguna lama, mungkin akan menyayangkan dihapusnya fitur addon, subdomain dan aliases.

Selain itu, Anda tidak akan temukan lagi fitur Horde di theme Jupiter. Saat ini, Anda hanya akan menemukan Rounbcube ketika Anda mengakses webmail. Mari tinjau apa yang ditawarkan Jupiter dan apa bedanya dengan Paper Lantern.

Perbedaan Paper Lantern dan Jupiter

Berikut perbedaan antara theme paper lantern dan jupiter cPanel :

1. Menu Domain

Pada menu paper lantern, fitur addon domain, subdomain dan aliases masih dipisah untuk membedakan fungsinya. Namun pada menu Jupiter,menu-menu ini disederhanakan menjadi 1 pada menu Domains.

Beberapa dari Anda mungkin membutuhkan waktu untuk belajar lagi cara mengelola domain di cPanel. Namun setelah terbiasa, fitur ini justru akan memudahkan Anda mengelola banyak domain di cPanel.

menu domain paper lantern
menu domain jupiter

Untuk panduan membuat addon dan subdomain di Rumahweb telah diperbarui sesuai dengan tampilan yang baru.

2. Horde Webmail

Fitur Horde telah sepenuhnya dihapus pada versi 108, sehingga ketika Anda login ke Webmail, Anda hanya akan menemukan fitur Roundcube untuk mengelola email Anda.

menu roundcube webmail

Namun jangan khawatir bagi Anda pengguna Horde, karena semua data seperti kalender, kontak hingga pengaturan profil akan dimigrasikan ke Roundcube.

3. Sidebar

Thema Jupiter ditampilkan dengan menu sidebar berwarna bilah biru yang ada pada sisi kiri dan ikon wireframe. Selain itu, terdapat fitur WP Toolkit dan WordPress Manager untuk memudahkan Anda dalam mengelola CMS WordPress melalui cPanel.

sidebar theme jupiter cpanel
sidebar paper lantern cpanel

4. Menu Statistik

Statistik ditampilkan tidak lagi menggunakan progress bar. Tampilannya lebih besar dan simple.

menu statistik jupiter
menu statistik paper lantern

User interface pada tema Jupiter ditampilkan secara lebih ringan daripada paper lantern. Selain itu, menu disajikan dalam daftar yang jelas dan ringkas. Selain poin diatas, berikut kami rangkumkan perbedaan antara tema paper lantern dan jupiter.

FITURPaper LanternJupiter
Kostumisasi TemaTidak MendukungMendukung Kustomisasi
Tema/Editing UI
Reset PasswordTidak bisa melakukan resetDapat melakukan perubahan
password pada menu Password & Security
Panduan PenggunaanTidak tersedia user
guide di menu cPanel
Terdapat menu user guide
yang cukup lengkap.
DesainLebih banyak menu Simple dan clean
UpdateSupport telah dihentikan
pada versi 108
Thema Jupiter mendapatkan
update dari cPane

Anda akan menyukai tampilan tema Jupiter yang segar dan bersih. Ini merupakan peningkatan signifikan pada antarmuka cPanel, baik secara fungsional maupun visual.

Apakah saya bisa mengubah tema selain Jupiter di cPanel Rumahweb?

Jawabannya adalah tidak. Theme Paper lantern yang merupakan versi lama telah ditinggalkan oleh cPanel sejak versi 108. Sehingga opsi mengubah theme Jupiter kembali ke Paper Lantern tidak bisa dilakukan pada layanan Hosting Rumahweb.

Beberapa dari Anda mungkin perlu waktu untuk terbiasa dengan tampilan baru, tetapi kami pikir Anda akan lebih terkesan dengan Jupiter begitu Anda terbiasa.

Demikian artikel kami tentang Theme Jupiter cPanel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Andika Dwi Setyawan

Dika is a System Administrator, passionate about Linux, Networking, Cyber security and much love with Arista.