Rumahweb Journal
banner - Kenapa Hosting di Suspend - Berikut Beberapa Kemungkinannya

Kenapa Hosting di Suspend? Berikut Beberapa Kemungkinannya

Satu hari ketika Anda mengunjungi website Anda dan mendapati bahwa account hosting telah di suspend oleh Rumahweb, maka hal ini berarti layanan hosting telah dihentikan untuk sementara waktu. Berikut adalah beberapa alasan yang sering menyebabkan layanan hosting di suspend.

Alasan suspend pada hosting

Ketika account hosting Anda di suspend, seluruh file, email, database, dan data-data lain yang ada di dalam direktori hosting Anda tidak akan hilang. Akan tetapi pada masa suspend tersebut berarti website, email, dan fasilitas hosting yang lain Anda tidak dapat digunakan.

Ada beberapa hal yang menyebabkan account hosting Anda di suspend :

Hosting telah Expired

Alasan pertama dan paling sering kami temui adalah, karena pelanggan belum melakukan perpanjangan pada layanan hostingnya yang telah expired atau jatuh tempo. Anda hanya perlu melakukan pembayaran perpanjangan hosting, agar layanan hosting anda dapat diaktifkan kembali.

Sebagai informasi, Rumahweb mengirimkan email pemberitahuan dan invoice perpanjangan hostingnya 14 hari sebelum layanan jatuh tempo. Anda juga bisa merequest ke billing kami, untuk menambahkan nomor WhatsApp reminder layanan hosting. Sehingga reminder dikirimkan melalui WhatsApps dan Email sekaligus.

Penggunaan resource hosting terlalu membebani server

Penggunaan resource pada hosting yang terlalu berat, bisa membebani server yang digunakan. Hal ini menyebabkan server mengalami load hingga gagal akses dan mengganggu kelangsungan layanan terhadap customer lain.

Biasanya beban tersebut disebabkan oleh database berukuran terlampau besar dan optimized, hits atau tingkat kunjungan yang terlampau besar. Selain itu kesalahan scripting juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Dalam kasus seperti ini, Rumahweb akan menyelidiki lebih lanjut apa yang menyebabkan load server tinggi dari account hosting Anda dan memberikan solusinya.

Anda Melakukan Abuse dari Server Kami

Abuse adalah pelanggaran AUP Rumahweb. Abuse yang paling sering dilakukan oleh pelanggan adalah SPAM (pengiriman email secara masal). Biasanya SPAM dilakukan untuk menawarkan barang atau jasa secara massal.

Abuse lain yang juga dilakukan oleh pelanggan baik disengaja maupun tidak adalah tindakan DDoS, dengan mengirimkan paket data yang sangat besar ke arah IP Address target dengan tujuan untuk mematikan layanan internet dari IP Address yang dituju.

Penggunaan Kuota Hosting lebih dari paket yang digunakan

Pada layanan WordPress hosting, anda dapat memilih resource hosting sesuai dengan yang anda inginkan. Di Rumahweb, resource hosting pada layanan WordPress hosting kami namai Cloudlet.

Cloudlet adalah satuan resource hosting yang terdiri dari CPU, RAM, dan Space. 1 cloudlet = 0,5 CPU + 512MB RAM + 1GB SSD Storage.

Jika penggunaan space pada hosting anda lebih dari paket yang anda gunakan, maka secara otomatis sistem akan melakukan suspend sementara pada layanan hosting anda. Selama suspend ini, website anda akan gagal akses dengan pesan error 503.

Solusinya, anda dapat menghubungi staff teknis kami untuk dibantu melakukan unsuspend. Setelah itu, anda dapat melakukan penghapusan data yang tidak lagi dibutuhkan atau melakukan upgrade Cloudlet agar tidak lagi over kuota.

Untuk layanan unlimited space hosting, terdapat AUP untuk kuota penggunaan email yaitu 10 Gb pada setiap akun hosting. Jika anda menggunakan lebih dari 10 GB, kami akan memberikan peringatan agar anda melakukan penghapusan data email yang tidak lagi terpakai. Apabila email pemberitahuan tidak di response atau tidak ada tindaklanjut untuk mengurangi space email dari anda, maka layanan hosting anda bisa kami suspended.

Hosting yang digunakan untuk content perjudian, pornografi, penyebaran hoax serta semua hal yang melanggar AUP Rumahweb dan UU NKRI juga dapat kami suspend.

Kami selalu mengirimkan email sebelum Account Hosting Anda kami suspend. Oleh karena itu, selalu cek email yang Anda gunakan untuk registrasi hosting di Rumahweb.

Demikian artikel kami tentang beberapa alasan kenapa sebuah hosting bisa di suspend, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Luthfi Hanif

Tukang komputer