Rumahweb Journal
SpamAssassin Memprotect Email dari Spam

SpamAssassin : Melindungi Email Anda dari SPAM

Pernahkah Anda merasa terganggu dengan email SPAM yang masuk ke inbox anda? Jangan khawatir, karena anda dapat menghalau email SPAM melalui fitur SpamAssassin yang ada di hosting.

Fitur layanan dari email hosting ini yang sangat berguna untuk mengantisipasi masalah SPAM pada email. Pada panduan ini, kami akan berbagi informasi tentang apa itu email SPAM hingga cara mengantisipasi email SPAM melalui fitur SpamAssassin. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Email SPAM?

Sebelum membahas tentang fitur SpamAssassin di cPanel, perlu kita ketahui tentang apa itu email spam. Spam adalah tindakan penyalahgunaan layanan pesan elektronik yang dilakukan secara massal, yang didalamnya terkandung konten dengan maksud dan tujuan negatif.

Isi dari email spam tersebut bisa bermacam-macam, ada yang berisi promosi, iklan, undian, pesan kosong, phishing (tindakan penipuan untuk mendapatkan informasi data pribadi), bahkan bisa saja berisikan URL/link yang apabila kamu klik bisa menyebarkan malware.

Informasi lebih lengkap tentang apa itu spam kami bahas pada artikel Apa itu SPAM? Pengertian, Contoh dan Cara Mengatasinya

Apa itu SpamAssassin?

SpamAssassin adalah salah satu fitur yang berfungsi untuk memproteksi email dari spam. Dengan menggunakan metode dan algoritma tertentu, SpamAssassin menyaring email masuk sehingga email account milik pelanggan web hosting terlindungi dari SPAM.

Selain itu fungsi Spam Assassin adalah menyaring berbagai macam email yang masuk, bahkan Anda dapat menambahkan nama akun email yang kamu rasa mencurigakan kedalam daftar blacklist. Sehingga akun email tersebut tidak dapat mengirimkan email apapun ke akun email yang Anda gunakan.

Cara menggunakan SpamAssassin

SpamAssassin dapat memberikan tanda dengan mengubah subject e-mail atau langsung menghapus e-mail SPAM yang masuk. Berikut beberapa fitur utama dalam SpamAssassin :

  • Pengecekan Header Email
  • Pengecekan isi email
  • Pengelompokan Email address secara otomatis/manual menjadi whitelist ataupun blacklist
  • DNS blocklist

Konfigurasi SpamAssassin bisa dilakukan melalui cPanel pada menu Spam Filters. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara setting SpamAssassin berupa spam score serta cara whitelist dan blacklist email. Berikut informasi selengkapnya :

Mengaktifkan SpamAssassin di cPanel

  1. Login ke cPanel hosting anda.
  2. Klik menu Spam Filters seperti gambar berikut:
Menu spam filter di cPanel
  1. Aktifkan fitur Process new emails and mark them as spam
Mengaktifkan fitur spamassassin di cPanel

Mengatur Spam Threshold Score

  1. Klik link “Spam Threshold Score” untuk mengatur nilai Spam Score.
Setting spam score di cPanel
  1. Pilih spam score, sesuai dengan kebutuhan anda. Semakin kecil nilainya, maka akan semakin agresif.
Memilih spam score di fitur spamassassin

Mengaktifkan fitur Auto Delete

Setelah mengatur nilai spam score, selanjutnya kita dapat mengatur fitur Auto Delete atau Disable Auto Delete email Spam.

Pada saat “Auto-Delete” diaktifkan maka email dengan spam score lebih tinggi dari nilai threshold secara otomatis akan dihapus, tetapi jika “Auto-Delete” tidak aktif email hanya ditandai sebagai spam di subject-nya.

Mengaktifkan fitur auto delete spam

Additional Configurations

Menu additional configurations berfungsi untuk melakukan whitelist atau blacklist email. Apabila anda menambahkan email pada Whitelist, maka email yang anda tambahkan tersebut tidak akan terfilter oleh SpamAssassin.

Sebaliknya, email yang dimasukan pada daftar blacklist tidak akan diijinkan masuk atau langsung ditolak.

Cara Whitelist Email

Anda bisa memasukan alamat email atau domain pada daftar whitelist, sehingga alamat email atau domain tersebut akan diloloskan pada pangecekan spam filter.

Cara Blacklist Email

Blacklist email, Anda bisa memasukan alamat email atau domain pada daftar blacklist sehingga alamat email atau domain pada daftar blacklist akan langsung terfilter.

Catatan :

Perhatikan cara penulisan email maupun domain yang akan di whitelist atau di blacklist. Bagi anda yang memasukkan nama domain, maka gunakan format *@namadomain pada kolom whitelist/blacklist email. Jangan hanya memasukkan nama domainnya saja.

Demikian penjelasan kami tentang apa itu email spam dan cara mengatasi email spam dengan menggunakan SpamAssassin. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.4 / 5. Vote count: 7

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Rumahweb