Rumahweb Journal
error email has exceeded the max defers and failures per hour

Error ‘has exceeded the max defers and failures per hour’ Ketika Mengirim Email

Ada banyak hal yang menyebabkan pengiriman email Anda gagal, seperti alamat email yang tidak valid, mx record email tujuan tidak ditemukan, retry timeout hingga max defers and failures.

Ketika Anda mengirim email kemudian gagal, biasanya akan ada report yang dikirimkan ke email Anda dengan subject ‘Mail Delivery Failed’. Salah satu yang sering kami temukan terjadinya error pada saat pengiriman email adalah max defers and failures.

Lalu, apa sebenarnya error max defers and failures dan bagaimana solusinya? Pada panduan ini, kami akan membahasnya untuk Anda.

Penyebab error ‘Max Defers and Failures’

Berikut adalah contoh error pada email ‘Mail Delivery Failed’ yang terjadi karena limit max defers and failures.

Domain example.com has exceeded the max defers and failures per hour (50/50 (100%)) allowed

Pesan error ini muncul ketika fungsi email dari domain yang digunakan, mengalami limit akibat adanya pengiriman email dimana email tujuannya tidak valid dan gagal.

Ada beberapa alasan penyebab email tujuan invalid atau gagal, seperti typo pada saat penulisan alamat email tujuan, hingga email Anda terserang malware, hingga melakukan pengiriman secara otomatis ke email acak.

Baca juga artikel: Cara Mengatasi Spamming Email Karena Virus atau Malware

Pada layanan shared hosting atau cloud hosting Rumahweb, dilakukan pembatasan max defers and failures per hour sebesar 80%, untuk mencegah terjadinya mass email dan spamming email dari domain Anda. Dengan begitu, mail server hosting Anda akan tetap aman dan mencegah IP mail server Anda masuk dalam layanan Anti spam.

Rules tersebut berjalan dengan cara server melakukan pengecekan pengiriman email suatu domain dalam waktu 1 jam. Berapa total email yang dikirimkan dan berapa email yang mengalami gagal pengiriman.

Jika email yang gagal mencapai 80% dari total email yang dikirimkan dalam 1 jam, maka email tersebut akan terkena limitasi defers. Karenanya, pengiriman email yang baru akan mengalami kegagalan dengan pesan error “max defers and failures per hour

Solusi dan Pencegahan

Secara default, email dapat digunakan kembali setelah 1 jam terkena limitasi tersebut. Apabila Anda mengalami kendala ini, maka cukup menunggu hingga limitasi dilepas secara otomatis dari sisi server.

Namun kami harapkan Anda juga melakukan pengecekan pada pengiriman email di hosting. Apakah pengiriman email dari hosting Anda wajar atau tidak. Pengecekan dapat dilakukan melalui cPanel di menu track delivery seperti gambar berikut.

image 1- max defers and failures per hour

Setelah masuk ke menu track delivery, lakukan pemeriksaan untuk email-email yang gagal dengan klik tombol “Show Blocked and Failed“, bisa diperiksa screenshot berikut :

image 2- max defers and failures per hour

Dari halaman tersebut, Anda dapat melakukan pemeriksaan email-email yang mengalami kendala pengiriman. Apakah email-email tersebut valid atau tidak, dan Anda bisa melihat pesan error penyebab pengiriman emailnya gagal ada pada kolom “Result“.

Apabila ada cukup banyak pengiriman email yang tidak valid, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut dari PC / Device yang digunakan. Karena bisa dimungkinkan PC atau Device yang terkoneksi dengan akun emailnya terdapat malware, sehingga data akun email dilakukan untuk pengiriman email spam atau massal dari lokasi lain.

Jika valid akan tetapi ada kendala disisi email tujuan penuh atau sejenisnya, pastikan setelah limitasi otomatis dilepas tidak dilakukan pengiriman ulang ke email tujuan yang bermasalah sampai email tujuan benar-benar dapat menerima emailnya.

Demikian pembahasan dari kami, terkait penyebab terjadinya error pengiriman email “has exceeded the max defers and failures per hour“. Semoga bisa membantu.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.2 / 5. Vote count: 25

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Afiandhi Risky