Panduan Menonaktifkan Weebly Website Builder dan Menggantinya Dengan CMS

Weebly merupakan salah satu website builder yang disediakan oleh Rumahweb, untuk memudahkan pelanggan dalam pembuatan website. Dengan Weebly, pembuatan website akan lebih mudah karena hanya perlu drag and drop elementnya saja.

Namun apabila Anda menggunakan license free Weebly, maka akan ada beberapa fitur yang di disable dan maksimal halamannya hanya 5. Dengan opsi license free namun Anda membutuhkan jumlah halaman lebih dari 5, maka ada 2 solusi yang bisa dilakukan. Pertama, Anda bisa upgrade license Weebly atau opsi kedua adalah mengganti ke CMS lain.

Lalu bagaimana caranya jika ingin mengganti Weebly ke CMS? Berikut adalah langkah-langkah mengubah Weebly ke CMS.

1. Un-Publish Weebly

Agar file-file weebly yang sebelumnya ada pada hosting terhapus dan juga tidak menyebabkan bentrok dengan CMS yang akan diinstall, anda perlu melakukan un-publish weebly nya terlebih dahulu melalui Halaman Settings sesuai dengan gambar berikut,

Unpublish Weebly

Akan tampil konfirmasi untuk un-publish weebly. Silahkan klik “Yes, Un-Publish” Untuk melanjutkan,

Confirm Unpublish weebly

2. Menghapus Sisa File Weebly

Setelah berhasil melakukan un-publish weebly, file-file hasil generate weebly tidak semuanya terhapus sehingga anda perlu melakukan penghapusan secara manual.

Untuk menghapus filenya silahkan masuk ke menu file manager lalu akses ke folder public_html seperti screenshoot berikut,

Menghapus file weebly

Masih di file manager, silahkan anda menghapus file dan folder yang sudah ditandai pada screenshoot berikut,

Menghapus file weebly

Setelah selesai un-publish weebly dan menghapus sisa filenya, sekarang anda dapat melakukan instalasi CMS. Untuk instalasi CMS dapat dilakukan melalui Softaculous.

Instalasi CMS

Demikian panduan menonaktifkan Weebly Website Builder dan menggantinya dengan CMS lain, semoga bermanfaat. Apabila ada kendala atau kesulitan anda dapat menghubungi kami melalui email, Livechat atau via telepon.

Tinggalkan Komentar