Cara Upload CMS Opencart ke Hosting cPanel

CMS Opencart merupakan salah satu cms untuk online shop yang cukup populer dan banyak digunakan. Kali ini, Rumahweb akan berbagi cara untuk proses upload website berbasis CMS Opencart ke hosting.

Panduan ini digunakan bagi Anda yang melakukan pemesanan domain dan layanan cloud atau unlimited hosting. Selain itu, Anda sudah membuat website berbasis Opencart pada localhost di komputer. Berikut langkah-langkahnya :

1. Silahkan melakukan compress file opencart di localhost dalam bentuk zip. Apabila Anda menggunakan windows, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti winrar. Setelah file di zip, silahkan mengupload file zip di localhost ke hosting.

2. Untuk upload ke hosting, silahkan mengakses ke menu file manager di cPanel dan ke folder public_html. Kemudian klik upload di bagian menu bar file manager.

3. Kemudian pilih file zip opencart yang sudah dibuat sebelumnya, dan tunggu sampai proses upload selesai.

4. Setelah proses upload selesai, silahkan kembali ke folder public_html dan lakukan extract file zip yang sudah diupload.

5. Setelah extract file selesai, silahkan membuat database terlebih dahulu di cpanel, sesuai dengan panduan di link berikut. Setelah itu kembali ke localhost, dan akses PHPmyAdmin untuk melakukan export database opencart yang sudah dibuat. Untuk melakukan export silahkan mengikuti panduan di link berikut

6. Setelah database di upload, silahkan kembali ke file manager dan edit file config.php dan admin/config.php di folder public_html

7. Kemudian silahkan mengedit script berikut

Sedangkan untuk file config yang ada di admin/config.php, bisa Anda sesuaikan seperti berikut :

Menjadi

Sedangkan untuk pengaturan directorynya, silahkan samakan dengan pengaturan directory filenya seperti contoh diatasnya.

Sampai disini proses upload sudah selesai dan website yang Anda buat di localhost sudah dapat diakses menggunakan nama domain. Untuk memastikan, silahkan Anda melakukan test akses melalui namadomain dan namadomain/admin.

Demikian panduan upload cms Opencart dari localhost ke hosting, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar