Rumahweb Journal : News, Article, and Tutorial of Web Dev
Instalasi Joomla Menggunakan Softaculous

Instalasi Joomla Menggunakan Softaculous

Softaculous adalah Auto Installer yang memiliki lebih dari 155 scrip dan Softaculous masih menambahkan lebih banyak lagi. Softaculous sangat ideal untuk perusahaan Web Hosting dan bisa memberikan dorongan yang signifikan untuk penjualannya. Script didalam Softaculous mencakup sebagian besar script yang sering digunakan. Dengan Softaculous proses installasi script website atau cms menjadi lebih mudah.

Berikut tutorial installasi CMS Joomla dengan auto installer Softaculous:

1. Setelah login di cPanel, pilih menu “Softaculous”.

Instalasi Joomla Menggunakan Softaculous

2. Ketikan “Joomla” diform pencarian sebelah kiri untuk Anda yang akan install cms joomla, agar lebih mudah menemukan CMS Joomla.

Install Joomla dari Softaculous

3. Klik “Install”.

Klik Install Joomla dari Softaculous

4. Kemudian muncul Software setup dan silahkan isi sesuai dengan setting yang diinginkan

Note : jika joomla yang akan diinstall ingin di install pada halaman utama website maka pada pilihan “In Directory” bisa di kosongkan.

Pada bagian ini digunakan untuk pemilihan versi joomla yang akan diinstall, URL yang akan digunakan untuk instalasi joomlanya, bisa subdomain atau subfolder. Jika instalasi pada domain utama / subdomain pastikan IN DIRECTORY sudah dikosongkan terlebih dahulu. Isikan nama situs dan deskripsi situs joomla yang akan dibuat.

Isikan data admin username dan password admin yang nantinya digunakan untuk login ke halaman administrator joomlanya, pastikan kembali isian pada form instalasinya, jika sudah sesuai cukup klik INSTALL dan tunggu sampai selesai proses instalasinya.

 Selamat mencoba…

Demikian panduan installasi Joomla melalui Softaculous di cPanel hosting Rumahweb. Cara installasinya sangat mudah bukan? Apabila ada kendala dalam installasinya atau ada pertanyaan mengenai cara installnya, silakan menghubungi support Rumahweb untuk dibantu pengecekannya.

Tinggalkan Komentar

Rumahweb