Rumahweb Journal
Banner - Outlook Tidak Bisa menerima email

Outlook Tidak Bisa menerima email? Begini Cara Perbaikannya

Microsoft Outlook adalah layanan aplikasi email client yang paling banyak digunakan. Selain karena kemudahannya, Outlook juga memiliki fitur yang cukup lengkap. Namun, pernahkan Anda mengalami kendala tidak bisa menerima email di Outlook? Pada panduan ini, kami akan membahas tentang solusi Outlook tidak bisa menerima email.

Ada beberapa kemungkinan penyebab email Outlook tidak bisa menerima email, seperti koneksi internet yang digunakan, kesalahan setting incoming mail server, over kuota hingga MX record yang salah konfigurasi.

Berikut kami rangkumkan beberapa penyebab Outlook tidak bisa menerima email dari luar:

Periksa koneksi yang sedang Anda gunakan

Salah satu penyebab Outlook tidak bisa menerima email adalah koneksi internet, seperti koneksi yang digunakan bermasalah hingga IP public koneksi yang digunakan terblokir dari server. Karena itu, anda perlu melakukan pengecekan koneksi terlebih dahulu.

Pertama, silahkan lakukan ping ke hostname incoming server anda terlebih dahulu dengan perintah ‘ping namadomain‘ atau ‘ping mail.namadomain‘. Anda bisa membaca perintah ping secara lebih lengkap melalui artikel: Apa itu ping

Apabila hasil ping gagal connect, cobalah gunakan perintah tracert untuk melihat hasil route koneksi anda ke server. Gunakan perintah berikut: ‘tracert namadomain‘ atau ‘tracert mail.namadomain‘.

Jika hasil ping dan tracert gagal sampai, silahkan hubungi support kami untuk bantuan lebih lanjut. Namun jika hasil ping dan tracert sampai, anda bisa melakukan pengecekan hal lain seperti poin berikut.

Pastikan seting email di Outlook sudah benar

Protokol yang bertanggung jawab dalam pengambilan email dari server email (webmail) ke outlook adalah POP3 dan IMAP. Untuk mengetahui settingan yang anda gunakan sudah benar atau tidak, anda bisa menggunakan fitur test account yang tersedia di Outlook.

Fitur ini bisa anda temukan pada menu File > Account > klik dua kali pada email yang akan anda cek > test account. Berikut contoh gambarnya :

Outlook Tidak Bisa menerima email - test account settings

Pastikan hasil test account tersebut complete pada incoming dan outgoingnya. Jika error, Outlook akan memberikan log errornya. Lalu anda bisa melakukan perbaikan pada settingan yang digunakan.

Panduan setting email di Outlook dapat Anda pelajari melalui link berikut: Cara Setting Email ke Outlook

Periksa Kuota Space Hosting Anda

Apabila Anda tidak bisa menerima email dari siapapun dan pengirim email menerima pesan balasan “Mail Quota Exceeded”, maka bisa dipastikan bahwa space email atau hosting yang Anda gunakan sudah penuh.

Silahkan cek space email atau hosting yang Anda gunakan. Jika ternyata kuota email penuh namun space hosting tidak penuh, Anda bisa mengubah kuota email terlebih dahulu. Panduannya bisa dipelajari pada halaman berikut: Menambah Kuota Email di cPanel

Namun jika hosting yang Anda gunakan telah penuh, maka solusinya bisa melakukan penghapusan data yang tidak lagi diperlukan atau melakukan upgrade paket hosting di atas paket yang saat ini Anda gunakan.

Periksa MX Record domain Anda

Untuk mengecek MX record Anda bisa menggunakan situs berikut: http://iptools.com atau http://mxtoolbox.com. Pastikan bahwa MX record domain anda telah mengarah ke server yang digunakan.

Demikian beberapa masalah yang umumnya menjadi penyebab Outlook Anda tidak bisa menerima email seperti biasanya. Artikel ini juga berlaku bagi pengguna software mail client lain seperti:

  • Outlook Express
  • Opera Mail
  • Thunderbird
  • Eudoramail
  • Apple Mail
  • dan lain-lainnya.

Silahkan menghubungi tim teknis kami, jika Anda telah melakukan langkah-langkah diatas namun Outlook email Anda belum bisa menerima email juga. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.8 / 5. Vote count: 18

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.