Rumahweb Journal
opengraph Apa itu Ping? Pengertian dan Cara Test Pada Windows

Apa itu PING? Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Selain menggunakan Command Tracert, PING adalah salah satu perintah yang dapat Anda gunakan untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan penyebab Anda tidak bisa mengakses suatu website. Lalu apa itu ping dan bagaimana cara menggunakannya?

Di artikel ini kami akan membahas secara lengkap tentang apa itu ping, pengertian, fungsi dan cara melakukan ping di Windows, Ubuntu, dan juga Mac OS. Ikuti artikel kami selengkapnya.

Apa itu PING?

Packet Internet Gopher atau yang disingkat menjadi PING adalah perintah untuk melakukan pengecekan response server dan client dalam sebuah jaringan internet.

Istilah ping merujuk pada fungsi dasar dari perangkat lunak ini, yaitu mengirimkan permintaan sederhana ke sebuah alamat IP atau nama host tertentu dan kemudian menerima balasan.

Dengan menggunakan perintah ping, Anda dapat mengukur waktu yang dibutuhkan dari koneksi anda ke server tujuan, hingga akhirnya kembali ke device yang Anda gunakan. Proses ini membantu mengidentifikasi apakah suatu host atau server dapat dijangkau dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapainya.

Fungsi PING

Perintah ping ternyata memiliki beberapa kegunaan. Berikut adalah informasi yang dapat Anda ketahui dengan menggunakan perintah ping.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

1. Mengetahui status up/down komputer atau server tujuan dalam jaringan

Kita dapat mengecek apakah sebuah komputer atau server dalam keadaan up/down  dengan menggunakan perintah PING. Jika komputer tersebut memberikan respons terhadap perintah PING yang kita berikan maka dikatakan bahwa komputer/ server tersebut dalam keadaa up (hidup).

2. Memonitor availability status komputer dalam jaringan

PING dapat digunakan sebagai tool monitoring availability komputer dalam jaringan. Salah satu cara mengukur indikator kualitas jaringan yaitu dengan melakukan PING secara periodik pada komputer/ server yang dituju. Semakin kecil downtime, semakin bagus kualitas jaringan tersebut.

3. Mengetahui responsivitas komunikasi sebuah jaringan

Besarnya nilai delay atau latency yang dilaporkan oleh PING menjadi indikasi seberapa responsif komunikasi terjadi dengan komputer yang dituju. Semakin besar nilai delay menunjukkan semakin lamban respons yang diberikan. Sehingga nilai delay ini juga bisa digunakan sebagai indikator kualitas jaringan.

4. Ping digunakan untuk mengecek propagasi DNS

Setiap perubahan DNS atau name server domain, maka akan terjadi waktu tunggu atau yang sering disebut dengan propagasi DNS.

Dengan melakukan ping ke domainnya, Anda akan mengetahui apakah saat ini dari koneksi internet Anda masih propagasi atau sudah selesai. Bila hasil ping nya sudah reply dari ip server tujuan, maka propagasi sudah selesai. 

Cara Melakukan PING

Setelah mengetahui apa itu ping dan kegunaannya, selanjutnya mari mempelajari cara melakukan ping di Windows, Ubuntu, ataupun Mac OS. 

Cara PING di Windows

Di Windows, untuk melakukan ping menggunakan aplikasi command prompt (CMD). Berikut ini adalah contoh Cara melakukan PING pada Windows ;

1. Klik Start => Run.
2. Setelah muncul pop up ketikkan => CMD
3. Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian anda tinggal ketikkan –> ping (spasi) namaDomainAnda

Sebagai contoh, saya ingin melakukan ping ke website detik.com, maka perintah ping nya adalah seperti screenshot berikut.

cara ping di windows - ping adalah

Cara PING di Ubuntu

  1. Klik Logo Ubuntu.
  2. Ketikkan Terminal, lalu Enter.
  3. Ketikkan perintah : ping namaDomainAnda

    Pada contoh berikut kami melakukan ke website detik.com. Maka perintahnya adalah ping detik.com
cara ping di ubuntu
  1. Supaya perintah ping nya berhenti, tekan CTRL + C pada keyboard.

Cara Ping di Mac OS

  1. Tekan tombol Command + Space.
  2. Ketikkan Terminal, lalu Enter. 
  3. Ketikkan perintah : ping namaDomainAnda

    Pada contoh berikut kami melakukan ke website detik.com. Maka perintahnya adalah ping detik.com
apa itu ping di macbook
  1. Supaya perintah ping nya berhenti, tekan CTRL + C pada keyboard.

Perhatikan hasil pingnya :

  • Reply : Menunjukkan bahwa koneksi yang anda gunakan terhubung dengan server tujuan. Disana akan terlihat juga IP server tujuan.
  • Request time out : Ada gangguan pada koneksi, seperti kurang stabilnya koneksi yang digunakan, atau IP Public terblock oleh Firewall server.
  • Destination host unreachable : Kemungkinan modem belum tersambung ke jaringan internet, atau kendala DNS.

Parameter Perintah PING

Contoh penggunaan parameter lain pada perintah PING adalah sebagai berikut.

ping -t

Apabila Anda ingin melakukan ping secara terus menerus, maka Anda bisa menambahkan perintah -t. Contohnya ping detik.com -t .Untuk menghentikannya, tekan CTRL + C pada keyboard.

ping -a

Parameter ini digunakan untuk melihat hostname dari komputer tujuan. Sebagai contoh, saat Anda mengetikkan ping -a 74.125.24.100 akan menampilkan hostname dari Google.com.

ping -n count

Parameter ini digunakan untuk melakukan ping sebanyak parameter yang diisi. Sebagai contoh bila Anda ingin ping ke google.com selama 7 kali, maka perintahnya ping -n 7 google.com

ping -l 1000

Parameter ini digunakan untuk menentukan besarnya paket yang dikirim ke server tujuan. Sebagai contoh, ping -l 1000 google.com

Kesimpulan

PING adalah singkatan dari Packet Internet Gopher yaitu perintah untuk melakukan pengecekan response server dan client dalam sebuah jaringan internet. Dengan perintah PING, Anda dapat mengetahui waktu yang dibutuhkan dari koneksi anda ke server tujuan, hingga akhirnya kembali ke device yang Anda gunakan.

Selain itu, PING juga dapat Anda gunakan untuk melihat status UP/Down pada sisi koneksi internet Anda atau kegagalan akses dari koneksi anda ke server tujuan.

Jika hasil ping Anda ke domain tujuan mengalami RTO, maka Anda dapat melakukan restart koneksi internet yang digunakan terlebih dahulu. Namun jika setelah restart masih mengalami kendala, Anda dapat melakukan tracert untuk melihat lalu lintas koneksi Anda ke server. Dari trace router, Anda dapat menganalisa kendala terjadi dari sisi koneksi internet yang digunakan, atau dari server tujuannya.

Demikian artikel kami tentang apa itu PING hingga cara menggunakan PING di berbagai operating system, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.5 / 5. Vote count: 10

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Anggit TS

Selamat membaca, Semoga tulisan saya bermanfaat.
Bila ada salah kata, mohon maaf.

"tak ada gading yang tak retak, maafkan kesalahan keluarga Gajah". :D

banner Pop Up - Hosting 99K