Rumahweb Journal
Banner - Outlook Express - Pengertian dan Cara Setting Emailnya

Outlook Express : Pengertian dan Cara Setting Emailnya

Outlook Express adalah aplikasi mail client yang pertama kali di release pada tahun 1996, bersamaan dengan aplikasi Internet Explorer 3. Saat ini, Outlook Express digantikan dengan aplikasi terbaru yaitu Windows Mail. Versi terakhir dari Outlook Express adalah ‘Outlook Express 6’ yang di release pada tahun 2001.

Walaupun perannya saat ini telah digantikan dengan aplikasi terbaru yaitu Windows mail, namun bagi anda yang menggunakan komputer sejak akhir 90’an dan awal milenial, tentu aplikasi ini sangat berkesan.

Karenanya, kami akan menyegarkan kembali ingatan anda tentang apa itu Outlook Express serta cara setting email di aplikasinya. Berikut informasi selengkapnya :

Apa itu Outlook Express ?

Outlook Express adalah salah satu aplikasi mail client yang dapat anda gunakan untuk mengelola email. Seperti aplikasi mail client pada umumnya, Outlook express juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat anda gunakan untuk membaca, menulis hingga menghapus email.

Aplikasi ini dapat berjalan pada Operating system Windows XP serta Mac System 7, OS 8, and OS 9. Berikut adalah daftar release dari Outlook Express :

  • Microsoft Internet Mail and News 1.0 yang dirilis tahun 1996
  • Microsoft Internet Mail and News 2.0 yang dirilis tahun 1996
  • Outlook Express 4.0 yang dirilis tahun 1998
  • Outlook Express 5.0 yang dirilis tahun 1999
  • Outlook Express 5.01 yang dirilis Februari 2000
  • Outlook Express 5.5 yang dirilis Juni 2000
  • Outlook Express 6.0 yang dirilis Oktober 2001

Setelah mengetahui tentang apa itu Outlook Express, kita akan belajar cara setting email di Outlook Express. Bagi yang sudah menggunakan Windows 10, anda bisa setting email melalui windows mail pada artikel : Cara Setting Email di Windows Mail

Cara Setting Email di Outlook Express

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara setting email di Outlook Express 6. Pastikan anda telah membuat email terlebih dahulu melalui cPanel. Bagi anda yang belum membuatnya, anda dapat mempelajari cara membuat email melalui artikel berikut: Cara membuat email di cPanel atau cara membuat email di Plesk Panel

Setelah email berhasil dibuat, langkah selanjutnya anda dapat mengikuti panduan berikut ini :

  1. Silahkan buka aplikasi Outlook Express yang telah terinstall pada komputer anda.
  2. Klik menu Tools > klik accounts seperti gambar berikut:
Tampilan menu Account pada Outlook Express
  1. Setelah muncul dialog baru, klik pada Add – Mail.
Tampilan menu add Account pada Outlook Express
  1. Kemudian akan tampil window baru bertuliskan Internet Connection Wizard. Di sini Anda bisa menuliskan nama yang akan tampil dalam email yang Anda kirimkan. Dalam contoh ini kami menggunakan nama Slamet Raharjo.
Mengisi Display name

Setelah selesai, klik pada tombol Next.

  1. Selanjutnya akan muncul window baru. Disini Anda diminta untuk menuliskan alamat email yang akan digunakan. Dalam contoh ini, kami menggunakan alamat email [email protected].

    Tentu saja alamat ini harus Anda ubah sesuai alamat email Anda, misalnya [email protected].
Mengisi alamat email

Klik Next begitu Anda selesai menuliskan alamat email.

  1. Tampilan berikutnya adalah seting server email, meliputi Incoming Mail (POP3) maupun Outgoing Mail (SMTP). Di Rumahweb, setting untuk server POP3 dan SMTP ini adalah nama domain Anda (tanpa tambahan pop dan smtp di depan nama domain).
Setting Pop3 email di Outlook Express
  1. Setelah Anda klik Next pada langkah nomer 6 di atas, akan muncul window baru yang menanyakan username dan password email Anda.
Mengisi Email dan Password
  1. Pada Account name, isikan alamat email Anda dengan lengkap (termasuk nama domain). Lalu untuk password, diisi sesuai dengan password ketika Anda membuat email account dari Cpanel, bukan password Cpanel. Setelah itu tinggal klik Next, dan Finish.
  1. Saat ini Outlook Express telah dikonfigurasi dengan baik. Tetapi masih ada satu langkah lagi untuk menjamin email Anda bisa terkirim, yaitu SMTP Authentication. Caranya adalah klik Tools – Accounts… seperti pada langkah pertama sehingga muncul window sebagai berikut:
Tampilan email telah berhasil ditambahkan di Outlook Express
  1. Masuk ke tab Mail, pilih account email yang digunakan dan klik Properties. Selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut:
Outlook Express-smtp-auth
  1. Masuk ke tab Servers, lalu pada bagian bawah (Outgoing Mail server) jangan lupa untuk mencontreng My server requires authentication.

Seting email di Outlook Express telah selesai. Sekarang Anda bisa mencoba mengirim dan menerima email dari aplikasi Outlook express tersebut.

Demikian artikel kami tentang Pengertian Outlook Express dan cara setting email di aplikasinya. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Luthfi Hanif

Tukang komputer