Rumahweb Journal

Apa itu SMTP? Pengertian, Fungsi dan Cara Pembuatannya

Simple Mail Transfer Protocol atau yang kita kenal sebagai SMTP adalah salah satu protokol dari jaringan internet, yang digunakan untuk mengirimkan email atau pesan elektronik.

Pada artikel ini, kami akan membahas lebih detail apa itu SMTP, fungsi hingga cara setting SMTP pada berbagai framework. Pelajari artikel ini sampai akhir, agar Anda lebih memahami SMTP untuk pengiriman email.

Apa itu SMTP?

Seperti yang telah kita ketahui, SMTP adalah sebuah protokol. Lalu apa itu protokol? Protokol bisa dikatakan sebuah jembatan penghubung. Contohnya, agar antar komputer dapat saling berkomunikasi dengan komputer lainnya, diperlukan sebuah aturan dan instruksi standar yang dapat dijalankan oleh setiap komputer. Aturan dan instruksi inilah yang disebut sebagai protokol.

SMTP adalah salah satu protokol standar di jaringan internet yang digunakan untuk pengiriman email dari lokal email ke mail server hingga dikirimkan ke alamat email penerima.

Pada SMTP terdapat 3 port yang digunakan. Perbedaan dari ketiga port ini adalah dari segi enkripsi yang digunakan. Port 25 digunakan untuk non SSL, port 587 untuk TLS dan 465 untuk SSL. Namun oleh sebagian ISP, port 25 telah ditutup karena dianggap berbahaya dengan tidak adanya encryption module yang digunakan.

Berbicara tentang SMTP, hal ini tidak bisa dilepaskan dari protokol lainnya yaitu POP3 dan IMAP. POP3 dan IMAP merupakan protokol yang digunakan untuk penerimaan email dari email server ke email lokal. Detail informasi tentang IMAP dan POP3 bisa Anda baca pada artikel berikut: Perbedaan IMAP dan POP3 Pada Email

Fungsi dan Kegunaan SMTP

Jika Anda memiliki website yang didalamnya terdapat contact form atau pengiriman email ke alamat email pengunjung, maka Anda perlu melakukan setting SMTP pada website. SMTP disini berfungsi untuk pengiriman email dari website ke alamat email tujuan.

Contoh penerapannya sebagai berikut. Anda memiliki sebuah halaman registrasi atau pendaftaran pada website. Ketika pengguna website Anda selesai melakukan registrasi, maka akan ada email yang dikirimkan dari website Anda ke alamat email pendaftar. Nah, dalam hal ini SMTP berfungsi untuk pengiriman email tersebut.

Sudah tahu kan fungsi SMTP sekarang? Selanjutnya, yuk simak cara pembuatan SMTP di website.

Cara setting SMTP di Website

Pada dasarnya, Anda bisa menyeting SMTP dengan alamat email domain yang dibuat di hosting maupun email profesional lainnya seperti Gmail, Titan Mail hingga Alimail. Namun untuk kebutuhan SMTP, kami sarankan untuk menggunakan email domain agar terlihat lebih profesional.

Anda bisa mempelajari panduan berikut, untuk membuat email dengan alamat domainmu sendiri:

Setelah membuat email dengan domain Anda, selanjutnya Anda perlu memasang library untuk pengiriman email SMTP pada website. Berikut kami lampirkan cara membuat SMTP pada CMS maupun framework populer.

Setting SMTP pada WordPress

Beberapa plugin di WordPress seperti Woocommerce, Contact form hingga plugin kontak lainnya, membutuhkan setting SMTP agar pengiriman email dari website bisa berjalan dengan baik.

Pada WordPress, ada beberapa plugin yang bisa Anda gunakan seperti Easy SMTP hingga WP Mail SMTP. Panduan setting SMTP di WordPress bisa Anda pelajari melalui artikel berikut: Pengiriman Email di WordPress dengan SMTP

Setting SMTP dengan Script PHP Native

Untuk website yang menggunakan PHP tanpa framework atau lebih dikenal dengan PHP Native, Anda bisa menggunakan library PHPMailer untuk pengiriman emailnya. Berikut artikel panduan membuat script SMTP PHP Mailer untuk website Anda.

Setting SMTP CodeIgniter

Pada CodeIgniter 3 dan versi sebelumnya, Anda juga bisa menggunakan library PHPMailer untuk pengiriman email. Panduan settingnya bisa Anda pelajari melalui artikel berikut: Email SMTP Script Menggunakan Library PHPMailer di CodeIgniter

Berbeda dengan CodeIgniter 4, Anda bisa langsung menggunakan library yang tersedia dengan mengikuti artikel Email SMTP dengan CodeIgniter 4.

Setting SMTP Laravel

Untuk bisa mengirimkan email dari website berbasis framework laravel, Anda bisa menambahkan library pada website atau aplikasi Anda. Panduan setting SMTP Laravel bisa anda pelajari melalui artikel berikut: Setting SMTP Laravel

Demikian artikel mengenai SMTP beserta cara pengaplikasian pada berbagai website. Jika Anda tidak menemukan artikel yang sesuai untuk website yang Anda miliki, silakan dapat menghubungi kami melalui Livechat maupun email ke teknis[@]rumahweb.com

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Uswatun Hasana Kunio