Rumahweb Journal : News, Article, and Tutorial of Web Dev
Mengarahkan Domain ke Google Sites dari Clientzone

Mengarahkan Domain ke Google Sites dari Clientzone

Google sites adalah layanan untuk membuat website gratis dari Google. Anda hanya perlu memiliki akun Google, untuk memulai membuat Google Sites secara gratis.

Jika artikel sebelumnya telah membahas mengenai custom domain ke Google Sites dari cPanel, kali ini kami akan membahas mengenai custom domain ke Google Sites dari Clientzone.

Artikel ini ditujukan bagi Anda yang hanya memiliki domain tanpa hosting. Jika Anda belum memiliki domain yang aktif, Anda bisa melakukan pemesanan melalui halaman berikut : https://order.rumahweb.com.

Setelah domain Anda aktif, silakan mengikuti langkah-langkah custom domain google sites berikut ini :

  1. Login ke akun sites.google.com

2. Klik menu Setting [icon gear] > pilih Custom URLs > isi domain dengan www, sesuai nama domain Anda. Kemudian pilih verify you ownership.

Custom URLs domain ke Google Sites
Custom URLs domain ke Google Sites
  1. Setelah itu muncul halaman metode verifikasi domain. Anda bisa pilih CNAME atau TXT. Sebagai contoh, kami memakai CNAME record. Untuk mendapatkan CNAME record, silakan bisa di klik metode verifikasi dengan CNAME record seperti screenshot berikut ini :

Kemudian, copykan CNAME pada kolom seperti yang sudah kami tandai merah dibawah ini. Silakan disesuaikan dengan record masing masing yang ada miliki. Untuk kolom CNAME label silakan diinputkan pada kolom DOMAIN dan kolom CNAME target diisikan pada kolom Hostname (langkah penginputannya akan dijelaskan pada step nomor 12 ).

  1. Login ke Clientzone Rumahweb melalui link berikut : https://clientzone.rumahweb.com/clientarea.php . Lalu pilih Menu Domain > My Domain > Klik manage domain :
  1. Klik DNS Management
  1. Jika muncul seperti ini, bisa dilakukan klik start dan update sampai tidak muncul lagi :
  1. Kemudian klik domain forwarding.
  1. Aktifkan domain forwarding
  1. Isikan nama domain menggunakan ‘https://www.’ seperti screenshot berikut :
  1. Jika sudah disave, silakan akses kembali ke menu DNS management dan lakukan penghapusan A record untuk www berikut :
  1. Kemudian tambahkan cName record www baru seperti gambar berikut:
  1. Jika sudah, silakan masukkan CNAME record yang didapat dari google sites tadi seperti screenshot dibawah ini :

Apabila semua record telah terinput, maka akan terlihat seperti ini record secara keseluruhan :

  1. Selanjutnya jika semua record telah selesai ditambahkan. Klik “Verify” di halaman google sites dan jika berhasil maka akan muncul pesan berikut ini :

Sebagai tambahan : jika masih belum bisa dilakukan klik “veriify” kemungkinan masih dalam proses propagasi DNS dan bisa menunggu prosesnya dengan estimasi waktu 1-24 jam untuk mencoba klik “verify” kembali.

  1. Kemudian jangan lupa untuk lakukan custom URL pada halaman google sites berikut. Jika belum muncul Assign, silakan direflesh dulu halamannya.
Custom URLs domain ke Google Sites 2
Custom URLs domain ke Google Sites

Demikian cara setting domain ke Google Sites. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam melakukan setting ini, silakan menghubungi support teknis Rumahweb untuk dibantu dalam pengecekannya. Selamat mencoba.


Tinggalkan Komentar

Hikmah Nurul Ardhaningtyas