Custom Domain Google Site Melalui cPanel

Google sites adalah layanan untuk membuat website dengan mudah dari Google. Layanan pembuatan website Google sites gratis. Anda bisa mulai membuat website setelah memiliki akun di Google.

Secara default Anda sudah bisa membuat website dengan gratis dengan alamat https://sites.google.com/view/namaWebsite . Sekilas link alamat tersebut terlalu panjang, namun Anda bisa membuatnya lebih pendek dengan mengubah url tersebut dengan nama domain yang Anda miliki dengan cara setting custom domain google site.

Namun bila Anda belum memiliki domain, kami sarankan untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu. Supaya lebih mudah dalam settingnya, kami sarankan Anda melakukan order domain dan hosting. Setelah layanan domain dan hostingnya aktif, silakan mengikuti langkah-langkah custom domain google sites berikut ini.

1.   Login ke akun  sites.google.com.

2.  Klik Publish Halaman.

3. klik “MANAGE” disebelah tulisan “Make it easier for people to visit your site with custom URLs like www.yourdomain.com”.

4. Isikan nama domain yang akan di custom, kemudian klik verify your ownership.

5. Copy paste record dns TXT seperti gambar berikut ini.

6. Login ke cPanel hosting Anda (  http://namadomain.com/cpanel ).
7. Klik menu “Zone Editor” dan klik manage di domainnya.

8. Tambahkan TXT record ( pada poin 5 ) serta ubah link www ke
ghs.googlehosted.com seperti gambar berikut :

9. Setelah membuat kedua DNS record diatas, maka Anda perlu menunggu proses propagasi DNS terlebih dahulu, estimasinya 1-2 jam setelah dns dibuat.

Setelah itu silahkan Anda kembali ke Google Webmaster tools untuk percobaan verifikasi. Klik tombol “Verify” untuk proses validasi.

10. Setelah berhasil akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Namun apabila belum berhasil disimpan silahkan ditunggu propagasi dns nya kurang lebih 1-24 jam. Silakan dicoba kembali dalam beberapa jam kedepan.

Penjelasan diatas adalah penjelasan terkait cara integrasi atau custom dns Google sites. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam melakukan setting ini, silakan menghubungi support teknis Rumahweb untuk dibantu dalam pengecekannya. Terimakasih 🙂

Tinggalkan Komentar