Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Menambahkan Whitelist IP RBL pada Email Server di WHM

Menambahkan Whitelist IP RBL pada Email Server di WHM/cPanel

Realtime Blackhole List (RBL) merupakan sebuah server, yang digunakan untuk menyimpan informasi daftar IP Address yang sering digunakan untuk melakukan spamming. Layanan ini secara default telah aktif di WHM, sehingga server yang menggunakan cPanel akan lebih aman dari aktivitas spamming, karena mail server akan melakukan verifikasi terlebih dahulu dari server RBL, apakah IP Address yang melakukan koneksi ke mail server tersebut masuk kedalam RBL atau tidak.

Namun ada kalanya kita perlu melakukan whitelist IP RBL, untuk mail server yang sering berkomunikasi dengan mail server kita. Tujuannya, agar IP mail server tujuan tidak perlu dilakukan verifikasi RBL dan pada akhirnya tidak terblock oleh RBL.

Anda bisa menambahkan whitelist IP RBL ini melalui mailserver yang Anda gunakan. Kali ini, kami akan memberikan tips menambahkan whitelist IP RBL melalui WHM. Panduan kali ini ditujukan untuk layanan VPS yang dipesan sepaket dengan lisensi cPanel.

Berikut langkah-langkah penambahan whitelist IP RBL di WHM:

  • Login ke WHM melalui https://ipserver/whm
  • Setelah login ke WHM, menuju ke menu “Exim Configuration Manager”.

  • Dari halaman “Exim Configuration Manager”, klik tab “RBL” sesuai gambar di atas.
  • Pada tab “RBL” masukkan IP yang ingin ditambahkan pada kolom Whitelist: IP addresses that should not be checked against RBLs”. Kemudian klik “Save”

Demikian panduan Menambahkan Whitelist IP RBL pada Email Server di WHM/cPanel. Semoga bisa membantu.

Tinggalkan Komentar

Dodong Priyambodo

Bapak muda alumni roker, berhenti sejak covid-19.

Blog Competition