Rumahweb Journal

Menambahkan Google reCAPTCHA di OJS (Open Journal Systems)

Website Anda sering mendapatkan SPAM komentar? Hal ini sering disebabkan karena tidak adanya authentication pada form atau halaman kontak di website Anda. Untuk solusinya, Anda bisa menambahkan Google reCAPTCHA pada website untuk memberikan authentication.

Pada panduan ini, kami akan memberikan cara menambahkan Google reCAPTCHA pada CMS OJS (Open Journal Systems). Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Google reCAPTCHA?

Google reCAPTCHA adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google yang dapat digunakan untuk memproteksi website Anda dari SPAM dan penyalahgunaan. Fitur ini berfungsi mengidentifikasi sebuah perangkat benar-benar dipakai manusia atau bot.

Hingga saat ini, Google reCAPTCHA memiliki 3 versi yaitu v1, v2 dan v3. Untuk versi pertama, bentuk verifikasi yang digunakan adalah menyalin kode huruf. Sedangkan untuk versi 2, biasanya akan muncul popup “i’m not a robots” dan Anda bisa mencentang box tersebut untuk verifikasi.

Sedangkan pada versi 3 memiliki tampilan yang lebih modern. Pada versi Google reCHAPTCHA v3, Google dapat membantu Anda untuk mendeteksi lalu lintas pada situs tanpa adanya popup atau authentication yang muncul. Form authentication akan muncul ketika Google reCHAPTCHA mengidentifikasi sebuah interaksi yang mencurigakan dari pengguna. Sehingga dengan versi 3 ini, pengguna Anda tidak akan terlalu dibebani dengan verifikasi dan meningkatkan fleksibilitas pada website untuk tindakan yang sesuai.

Cara Menambahkan Google reCAPTCHA di OJS

Dalam hal memproteksi website OJS Anda dari serangan spam (khususnya di halaman register), Anda dapat menggunakan layanan ini sebagai alternatif pilihan. Berikut ini panduan pemasangan Google reCaptcha di OJS

  1. Akses https://www.google.com/recaptcha/about/
  2. Klik V3 Admin Console
tampilan Google reCAPTCHA v3
  1. Isi form register a new site, kemudian accept the reCaptcha Terms of Service. Bila sudah, klik submit.

Keterangan form

Label : isikan dengan nama tertentu untuk mempermudah pencarian di list Google reCaptcha bila Anda membuat lebih dari satu.
reCaptcha type: pilih type reCAPTCHA yg ingin digunakan
Domain: isikan nama domain
Centang term of Service, kemudian klik submit.

Memilih Google reCAPTCHA dan menambahkan domain Anda
  1. Setelah klik submit maka halaman selanjutnya akan muncul secret key dan site key. Kedua key ini akan digunakan untuk diinput di OJS.
informasi Google reCAPTCHA setelah penambahan domain dilakukan
  1. Kedua key yang sudah di generate, diinput pada file config.inc.php dengan cara masuk ke control panel Hosting/Server Anda. Temukan file web OJS yang digunakan lalu edit file config.inc.php
menambahkan script Google reCAPTCHA di OJS
  1. Pada file config.inc.php, perhatikan bagian capthca setting. Ubah status recapthca dari off menjadi on, dan isikan public_key dan private key yang tadi sudah di generate dari Google reCaptcha
tampilan cara menambahkan Google reCAPTCHA di OJS

Hasilnya ketika ada pengunjung yang akan register, maka akan ada Google reCAPTCHA seperti gambar berikut ini untuk membedakan antara bot atau manusia.

tampilan Google reCAPTCHA di halaman login OJS

Sampai tahap ini, Google reCAPTCHA telah berhasil ditambahkan pada website OJS Anda. Semoga dengan ini, website Anda tidak lagi menerima spamming komentar kembali.

Bagi Anda yang memiliki website berbasis WordPress, pelajari cara setting Google reCAPTCHA di WordPress pada artikel berikut: Setting Google reCAPTCHA di WordPress

Demikian cara menambahkan Google reCAPTCHA di OJS, semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Gatot Antok Wibowo