Rumahweb Journal
Banner - Cara Upload OJS Ke Hosting cPanel

Cara Upload OJS Ke Hosting cPanel

Bagi anda yang telah membuat OJS di localhost, anda dapat mengupload file OJS ke hosting agar jurnal ilmiah anda dapat diakses secara online. Ada beberapa tahapan yang perlu anda lakukan, untuk mengupload OJS ke hosting. Berikut akan kami jelaskan cara upload OJS ke hosting cPanel dari localhost komputer anda.

Panduan ini dapat digunakan bagi anda yang telah selesai membuat OJS di localhost. Jika anda belum membuatnya sama sekali namun telah memiliki domain dan hosting, anda dapat melakukan instalasi OJS melalui cPanel dengan panduan ini.

Apa itu OJS?

Open Journal Systems atau yang disingkat dengan OJS adalah aplikasi untuk mengelola dan menerbitkan jurnal ilmiah secara online. OJS dikembangkan oleh Public Knowledge Project (PKP), dengan lisensi GNU GPL sehingga pengguna boleh menggunakan dan melakukan perubahan atau modifikasi pada aplikasi (script).

OJS saat ini merupakan aplikasi penerbitan jurnal yang paling banyak digunakan, dengan lebih dari 25.000 penggunaan di seluruh dunia. Versi OJS terbaru pada saat artikel ini dibuat adalah versi 3.x yang sudah mendukung multibahasa termasuk Bahasa Indonesia.

Cara Upload OJS ke Hosting

Bagi Anda yang membuat atau development OJS di localhost dan ingin melakukan upload ke hosting cPanel. Berikut adalah cara upload ojs ke hosting cPanel :

Step 1. Kompres File OJS

Kompres semua file OJS di localhost dengan format zip, termasuk folder files_dir. Pada panduan ini, kita akan melakukan upload OJS yang diinstall pada localhost dengan aplikasi Laragon.

Pada contoh file OJS tersimpan di dalam folder “C:\laragon\www\” dan files_dir tersimpan dalam folder “C:\laragon\files\”

Langkah pertama, masuk ke dalam folder “C:\laragon\www\”, Select semua file dan folder kemudian kompres menjadi zip dan beri nama ojs.zip.

Step 1. Kompres File OJS image 1

Setelah itu, masuk kedalam folder “C:\laragon\”, kompres folder “files_dir” dengan nama files.zip.

Step 1. Kompres File OJS image 2

Step 2. Upload file OJS ke Hosting

Pada contoh, kami akan mengupload OJS ke domain utama, dengan directory utamanya adalah public_html. Jika anda akan mengupload ojs ke subdomain, maka silahkan upload file OJS pada directory root subdomainnya. Kami akan menggunakan nama domain “domainsaya.com” untuk mengilustrasikan cara uploadnya.

Berikut step by step upload file OJS ke hosting:

  1. Login ke cPanel hosting Anda
  2. Masuk ke menu “File Manager”
  3. Untuk upload ke domain utama, silahkan upload file ojs.zip kedalam folder public_html. Jika ingin upload ke sub domain atau sub folder, silahkan sesuaikan dengan dokumen root yang ingin digunakan.
Step 2. Upload OJS ke Hosting image 1
  1. Ekstrak file ojs.zip
  2. Masuk dalam folder “/home/domainsaya/”, upload file files_dir files.zip, dan ekstrak.
Step 2. Upload OJS ke Hosting image 2

Step 3. Buat database dan setting koneksi database

Membuat database

Anda dapat membuat database di cPanel melalui menu “MySQL Databases”. Panduan cara membuat database bisa anda pelajari melalui artikel berikut: Membuat Database di Account Hosting

Upload database

Langkah pertama, anda perlu melakukan export database yang telah dibuat di phpMyAdmin localhost terlebih dahulu. Silahkan anda akses melalui link localhost/phpmyadmin > klik pada database yang ingin anda export > klik menu export. Setelah anda download file .sql database dari localhost, selanjutnya anda bisa melakukan import databasenya ke cPanel.

Panduan Export database (sql) dari phpMyAdmin di localhost dan Import ke phpmyadmin hosting bisa dilihat di url Cara Import Database MySQL Melalui phpMyAdmin

setting koneksi database pada file config.inc.php

Masuk kembali ke menu “File Manager” di cPanel, lalu masuk ke directory public_html. Silahkan edit pada file config.inc.php. Sesuaikan setting base_url, koneksi database dan directory untuk “files_dir”.

Step 3. Buat database dan setting koneksi database image 1
Gambar koneksi database sebelum di edit

Menjadi

Step 3. Buat database dan setting koneksi database image 2
Gambar koneksi database setelah di edit
  • Sedangkan untuk settingan files_dir, silahkan setting seperti pada gambar :
Step 3. Buat database dan setting koneksi database image 3
Gambar files_dir sebelum di edit

menjadi

Step 3. Buat database dan setting koneksi database image 4
Gambar files_dir setelah di edit
  • Sedangkan untuk base_url, silahkan ubah localhost menjadi nama domain anda sendiri. Berikut contoh pada gambar:
Step 3. Buat database dan setting koneksi database image 5
Gambar base_url sebelum di edit

menjadi

Step 3. Buat database dan setting koneksi database image 6
Gambar base_url setelah di edit

Setelah selesai, klik tombol “Save Changes”.

Step 4. Menyesuaikan fungsi readfile()

OJS menggunakan salah satu fungsi yang masuk dalam disable_function server hosting Rumahweb, yaitu fungsi readfile(). Agar tampilan OJS bisa normal, maka anda perlu melakukan perubahan fungsi dari readfile() menjadi echo file_get_contents().

Panduan penyesuaian disable function ini bisa anda pelajari melalui artikel berikut: Mengatasi Tampilan Tidak Rapi Pada OJS 3

Sampai tahap ini, upload OJS ke hosting cPanel telah selesai. Selanjutnya anda dapat mengakses nama domainnya, untuk melakukan test akses.

Demikian cara upload OJS ke hosting cPanel di Rumahweb. Jika anda temui kendala, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui ticket bantuan teknis. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Triyadi