Rumahweb Journal
OG - Cara Menghapus Theme di WordPress

Memindahkan Folder WordPress dari /wordpress ke /public_html

Dalam artikel ini, kami akan membagikan cara memindahkan folder WordPress dari /wordpress ke /public_html. Panduan ini berguna jika Anda sebelumnya lupa menyesuaikan field directory pada saat instalasi, sehingga menyebabkan website hanya bisa diakses melalui url namadomain/wordpress.

Ketika Anda melakukan instalasi WordPress melalui WordPress Toolkit atau secara manual, seringnya kita lupa untuk menyesuaikan directory instalasinya. Sehingga menyebabkan instalasi WordPress dilakukan pada directory /wordpress, dan website hanya bisa diakses melalui url namadomain/wordpress.

Dalam panduan ini, kami akan berbagi cara untuk memindahkan folder WordPress dari directory /wordpress ke /public_html, agar website Anda bisa diakses secara langsung tanpa harus menyertakan directory instalasinya. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

PERHATIAN

Pada panduan ini, contoh yang kami gunakan adalah pada domain utama yang memiliki directory root /public_html. Bagi Anda yang mengalami kasus serupa namun domainnya berstatus addon, maka anda bisa menyesuaikan directory root masing-masing.

Selain itu, panduan ini lebih tepat digunakan jika kesalahan instalasi WordPreess baru saja dilakukan dan belum ada content yang dibuat. Namun, jika sudah ada tampilan website maupun content, maka Anda bisa mencoba melakukan cloning WordPress.

Memindahkan folder instalasi WordPress

Terkadang, instalasi WordPress tidak hanya dilakukan dari /wordpress saja, namun sebagian kasus juga melakukan instalasi di directory /wp atau mungkin /blog dan sebagainya.

Panduan ini bisa Anda gunakan juga, untuk memperbaiki akses website anda agar website bisa diakses hanya menggunakan nama doman, tanpa harus menyertakan directory instalasinya. Simak langkah-langkah berikut:

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Step 1. Pindahkan file WordPress

Berikut adalah langkah-langkah untuk memindahkan file WordPress dari directory /wordpress ke public_html.

  1. Pertama, login ke cPanel hosting anda terlebih dahulu. Untuk panduan login cPanel, bisa dibaca melalui referensi berikut : cara login cPanel.
  2. Setelah itu, klik File Manager > klik menu public_html.
menu file manager
folder public html
  1. Selanjutnya, silahkan klik folder public_html, silahkan Anda buka folder yang bernama wordpress, tempat dimana file WordPress Anda disimpan.
folder wordpress
  1. Setelah masuk ke folder wordpress, silahkan untuk klik “Select All” di dalam folder tersebut.
select all files
  1. Setelah Anda klik “Select All”, silahkan untuk klik “Move” terlebih dahulu, kemudian pada bagian “Enter the file path that you want to move this file to:”, silahkan untuk diisi dengan nama public_html, setelah itu klik “Move File(s)”.
move files
  1. Langkah selanjutnya setelah melakukan proses “Move Files”, pastikan semua file yang berada di folder wordpress sudah dipindahkan ke folder public_html.
folder public html setelah file dipindahkan

Step 2. Menyesuaikan site_url

  1. Setelah semua file sudah dipindahkan ke folder public_html, silahkan untuk kembali ke menu cPanel, kemudian klik phpMyAdmin. Untuk fitur phpMyAdmin, berada di menu Databases.
menu phpmyadmin
  1. Setelah masuk ke halaman phpMyAdmin, silahkan klik pada database yang digunakan oleh WordPress Anda, setelah itu klik di bagian namadatabase_options.
database website
  1. Setelah klik di bagian namadatabase_options, silahkan untuk klik Edit di bagian siteurl dan juga home.
menyesuaikan nama dan siteurl website
  1. Kemudian, silahkan untuk mengubah Value tersebut di kolom option_value dengan menghilangkan nama folder setelah nama domain. Contohnya : dari https://namadomain.com/wordpress menjadi https://namadomain.com. Selanjutnya, klik Go.
menyesuaikan siteurl
menyesuaikan home
  1. Setelah mengubah link tersebut, Anda bisa mengakses dengan namadomain.com tanpa /wordpress.
contoh hasil website yang telah dipindahkan - Memindahkan Folder WordPress

Step 3. Menyesuaikan Permalink

Pastikan untuk RewriteBase dan RewriteRule tidak lagi mengarah ke /wordpress pada file .htaccess. Anda bisa menyesuaikan file .htaccess seperti berikut:

# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>

Selengkapnya tentang penyesuaian file .htaccess bisa Anda pelajari pada artikel : Permalink WordPress

Sampai tahap ini, proses memindahkan folder instalasi WordPress telah selesai. Lakukan pengetesan ulang untuk memastikan semua URL dan fungsi WordPress berjalan dengan baik.

Demikian artikel kami tentang cara memindahkan folder WordPress dari /wordpress ke /public_html, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.6 / 5. Vote count: 21

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.

banner Pop Up - Hosting 99K