Rumahweb Journal
banner - disable cron wp-cron wordpress

Cara Disable Cron (wp-cron.php) di WordPress

WP-Cron memungkinkan WordPress menjalankan tugas otomatis, seperti pembaruan plugin, theme, dan penjadwalan artikel baru. Meski bermanfaat, terkadang Anda perlu menonaktifkannya. Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara mudah untuk disable cron di WordPress.

Mengenal wp-cron.php

wp-cron.php adalah file di WordPress yang digunakan untuk menjalankan tugas terjadwal, seperti mempublikasikan posting otomatis, memeriksa pembaruan plugin dan theme, serta tugas lainnya.

Pada dasarnya, wp-cron memiliki tugas yang sama seperti cron job di cPanel atau schedule task di Plesk Panel. Namun, wp-cron akan berjalan ketika ada seseorang yang mengakses website Anda. Hal ini berbeda dengan cron job atau schedule task, dimana cron hanya dijalankan pada interval waktu yang tetap.

Fungsi cron di WordPress

Wp-cron memiliki beberapa tugas penting, untuk menjaga kelancaran website Anda. Berikut beberapa fungsi cron di WordPress yang perlu Anda ketahui:

  • Cek pembaruan otomatis : Tugas pertama dari cron di WordPress adalah melakukan pengecekan dan update otomatis plugin, theme hingga file core WordPress.
  • Menjadwalkan pengiriman email : Salah satu fungsi cron di WordPress adalah melakukan penjadwalan pengiriman email notifikasi yang dibutuhkan, seperti reset password hingga email subscriber.
  • Optimasi database : Wp-cron dapat digunakan untuk menjadwalkan pembersihan revisi post artikel, spam hingga penghapusan trash secara permanen.
  • Penjadwalan backup : Melakukan penjadwalan backup otomatis sesuai interval yang ditentukan.
  • Schedule post : Memungkinkan Anda untuk menjadwalkan penerbitan artikel sesuai waktu yang Anda tentukan.

Mengapa perlu disable cron di WordPress

Meskipun memiliki banyak fungsi, namun ada beberapa alasan yang mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk mendisable cron di WordPress. Berikut diantaranya:

  1. Kinerja Server: Memanggil wp-cron.php setiap kali ada kunjungan bisa meningkatkan penggunaan CPU dan memori. Disable Cron di WordPress dapat Anda pertimbangkan, jika resource di hosting atau server Anda tidak terlalu besar.
  2. Pengoptimalan: Untuk menjalankan tugas yang berat atau membutuhkan interval waktu yang lama seperti melakukan backup, kami sarankan untuk tidak menjadwalkannya melalui wp-cron di WordPress. Gunakanlah cron job atau schedule task di server Anda, untuk menangani beban yang lebih berat, agar website dan server Anda dapat berjalan lebih optimal.

Cara disable wp-cron.php di WordPress

Langkah pertama untuk menonaktifkan wp-cron.php adalah menambahkan kode ke file wp-config.php Anda. Langkahnya sebagai berikut:

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis
  • Login ke cPanel hosting Anda.
  • Klik menu File Manager > public_html. Masuk ke directory file website Anda.
  • Buka file wp-config.php di website WordPress Anda.
  • Tambahkan atau edit baris berikut ini:
define('DISABLE_WP_CRON', 'false');

Menjadi

define('DISABLE_WP_CRON', 'true');

Baris kode ini akan menonaktifkan pemanggilan otomatis wp-cron.php setiap kali ada kunjungan ke situs Anda.

Demikian artikel kami tentang cara disable cron atau wp-cron.php di WordPress, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.

banner Pop Up - Hosting 99K