Rumahweb Journal
Banner - Cara Upgrade Website (CMS) Melalui Softaculous cPanel

Cara Upgrade Website (CMS) Melalui Softaculous cPanel

Seperti yang telah kita ketahui bersama, anda dapat membuat website instan melalui CMS. Instalasi CMS bisa dilakukan melalui cPanel pada menu softaculous. Selain install, anda juga bisa melakukan upgrade versi CMS yang anda gunakan. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara upgrade website (CMS) melalui Softaculous cPanel.

Sebelum membahas cara upgradenya, terlebih dahulu kita kami akan memaparkan pentingnya melakukan upgrade versi CMS secara berkala. Berikut informasi selengkapnya.

Pentingnya melakukan upgrade CMS

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari situs Anda, maka Anda perlu memperbarui CMS Anda secara teratur. Sebagaimana kita ketahui bahwa teknologi terus berkembang. Oleh karena itu, Anda harus selalu memperbarui CMS untuk menghindari adanya masalah kompatibilitas atau issue-issue keamanan di sisi script.

Versi CMS yang sudah ketinggalan zaman rentan terhadap serangan peretas. Pembaruan keamanan atau rilis keamanan sangat penting untuk mencegah serangan cyber. Gangguan keamanan pada situs web bisa berpotensi mengurangi kredibilitas website Anda dan mengakibatkan kerugian bisnis, misalnya dapat menyebabkan kebocoran informasi klien yang berharga. Dengan rutin mengupgrade versi CMS yang terbaru, maka akan dapat meminimalisir potensi gangguan keamanan dari sisi script website-nya.

Keuntungan lain dari memperbarui CMS Anda adalah fungsionalitas serta fitur-fitur yang ditingkatkan. Versi CMS yang terupdate sering kali dibuat dengan pengkodean yang lebih efisien yang memungkinkan kecepatan penelusuran dan fungsionalitas yang lebih baik, sehingga menciptakan situs yang lebih responsif.

Cara upgrade Website CMS dari Softaculous

Pertama, tentu saja mengakses menu “Softaculous” dari menu cPanel. Setelah di halaman utama Softaculous, silahkan menuju ke menu “All Instalation” yang ada di kanan atas halaman sesuai panduan gambar di bawah ini:

Cara upgrade Website CMS dari Softaculous

Kedua, apabila sudah tersedia upgrade untuk CMS anda, akan terdapat logo “dua panah biru” sesuai dengan gambar di bawah ini. Klik pada logo tersebut untuk melakukan upgrade CMS.

Pilih upgrade Website CMS dari Softaculous

Ketiga, sebelum melakukan upgrade, sebaiknya dilakukan backup terlebih dahulu. Untuk ini centang opsi “Create a backup berfore upgrading.” Setelah itu klik “Upgrade” untuk melakukan upgrade.

Centang opsi backup

Keempat, proses upgrade akan berjalan sesuai screenshoot berikut:

proses upgrade sedang berlangsung

Kelima, apabila sukses, maka selanjutnya akan menuju halaman informasi dimana proses upgrade telah dilakukan.

Hasil upgrade cms dari softaculous

Demikian tadi cara upgrade website (CMS) melalui Softaculous cPanel.

Bagi anda yang membutuhkan resource hosting dengan trafik tinggi, anda dapat menggunakan layanan Cloud hosting yang memiliki resource dedicated dengan dilengkapi fitur web accelerator.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Dodong Priyambodo

Bapak muda alumni roker, berhenti sejak covid-19.