Rumahweb Journal
Banner - Cara Clone Website Melalui Softaculous cPanel

Cara Clone Website Melalui Softaculous cPanel

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara clone website melalui Softaculous di cPanel. Panduan ini bisa anda manfaatkan untuk melakukan clone website seperti WordPress, Joomla atau website yang dibuat dengan CMS lainnya di Softaculous.

Apa itu Clone Website

Secara sederhana, clone bisa diartikan dengan duplikat. Clone Website adalah proses menduplikasi website dari sebuah domain ke alamat domain lainnya.

Fitur clone website ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti menduplikasi website, mengganti nama domainnya hingga sedang dalam proses rebuild websitenya, sehingga ketika dilakukan proses developing tidak terjadi kendala akses pada website utamanya.

Contoh lainnya adalah ketika Anda keliru melakukan instalasi directory pada WordPress. Secara default, directory WordPress yang dipilih adalah /wp, sehingga ketika website diakses akan menggunakan link namadomain/wp. Dengan clone, anda bisa menduplikasi website dari directory /wp ke directory utamanya. Sehingga nantinya website akan bisa diakses melalui namadomain saja, tanpa harus disertai /wp.

Setidaknya ada 3 cara yang bisa anda lakukan, untuk clone website dari cPanel. Pertama secara manual, yaitu dengan meng-copy file website dan databasenya. Kedua melalui fitur WordPress Toolkits, dan yang ketiga melalui softaculous.

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara kloning website melalui softaculous. Panduan ini bisa anda gunakan untuk mengkloning website berbasis WordPress, Joomla, OJS atau semua CMS yang tersedia di fitur Softaculous.

Cara Clone Website Melalui Softaculous

Pada panduan ini, kami akan mencontohkan proses kloning website berbasis WordPress, dimana proses clone akan dilakukan dari directory /wp ke directory utamanya. Panduan ini bisa dimanfaatkan bagi Anda yang sebelumnya salah install directory pada WordPress, lalu ingin menggantinya ke domain utama.

Namun cara ini juga bisa anda coba, untuk clone website WordPress, dari domain lama ke domain baru. Perbedaannya hanya pada pemilihan nama domain saja. Berikut langkah-langkahnya.

1. Silakan login ke cPanel hosting Anda terlebih dahulu. Untuk login ke cPanel hosting bisa dilakukan dari halaman clientzone atau melalui namadomain/cpanel.

tampilan cpanel

2. Setelah itu, pilih menu Softaculous.

menu softaculous

3. Pilih menu “All Installation”.

pilih all installation

4. Pilih menu “Clone” pada installasi yang akan dipindahkan.

pilih menu clone pada website yang akan di duplikasi

5. Ubah kolom “in directory” sesuai yang diinginkan. Misalnya kita akan mengubah dari denny.rumahweb.org/wp ke denny.rumahweb.org. Berikut screenshootnya :

Menjadi :

catatan

Untuk clone web berbeda domain, silahkan pilih nama domain baru pada kolom choose installation url, agar proses clone dilakukan dari domain lama ke domain baru.

6. Klik “Clone Installation”.

7. Selesai.

Sampai tahap ini, proses clone website WordPress telah selesai. Selanjutnya anda bisa coba akses nama domain yang telah berhasil di clone. Jika website tampil sama persis dengan website lama, maka artinya proses clone telah berhasil.

Demikian cara clone website melalui menu Softaculous di cPanel. Apabila ada kesulitan atau pertanyaan terkait hal ini, silakan menghubungi support teknis Rumahweb untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Denny Oktafianto