Rumahweb Journal
Setting Smtp Pada CMS OJS di Rumahweb

Cara Setting SMTP OJS (Open Journal Systems)

Pada aplikasi Open Journal Systems (OJS), metode pengiriman email melalui website menggunakan function mail(). Namun beberapa provider hosting termasuk rumahweb, memasukkan function mail() sebagai salah satu function yang di disable karena alasan keamanan. Karena itu, Anda perlu melakukan setting SMTP OJS agar pengiriman dari website dapat berjalan.

Anda dapat menggunakan email @namadomain maupun email dari gmail untuk pengiriman email tersebut. Namun agar terlihat lebih profesional, maka kami sarankan agar Anda menggunakan email domain sendiri.

Apa itu SMTP

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah salah satu protokol dari jaringan internet, yang digunakan untuk pengiriman email dari lokal email ke mail server hingga dikirimkan ke alamat email penerima.

Penjelasan SMTP lebih lengkap, silakan mengunjungi link Apa itu SMTP?

Fungsi SMTP

Jika Anda memiliki website dihosting Rumahweb maupun dihosting provider lain, yang tidak mengaktifkan fungsi mail(), Anda wajib melakukan konfigurasi SMTP diwebsite. Agar email dari website dapat terkirim ke author/kontributor/customer.

Sedangkan bagi pengelola website journal email notifikasi sangat penting digunakan, sebagai notifikasi penerbitan journal kepada pengelola atau penulis. Bisa dibayangkan jika email notifikasi tidak dapat diterima oleh penulis ? Bukan tidak mungkin penerbitan journal menjadi berantakan.

Untuk itu wajib melakukan seting SMTP diwebsite OJSnya.

Cara seting SMTP di OJS

Setelah membahas pengertian dan fungsi SMTP. Selanjutnya kita mulai konfigurasi SMTP. Berikut langkah-langkah setting smtp di Open Journal Systems (OJS) yang bisa diikuti:

  1. Silakan login ke cPanel hosting
  2. Masuk menu File Manager
  3. Masuk folder directory installasi OJS berada. Dalam contoh ini, OJS kami berada dipublic_html. Bisa jadi directory instalasi OJS Anda berada difolder lain, sesuai instalasi.
  4. Cari file bernama “config.inc.php”
  5. Cari pada bagian “Email Settings”
panduan setting smtp ojs di rumahweb
  1. Hapus tanda “;” pada
    • smtp_server = mail.example.com ( silahkan diarahkan menggunakan SMTP  server yang dipergunakan, misalnya : nama-domain-anda.com , smtp.gmail.com )
    • smtp_port = 587 (port SMTP)
    • smtp_auth = TLS
    • smtp_username = username ( isikan dengan email SMTP yang akan dipergunakan)
    • smtp_password = password (isikan dengan password email SMTP yang akan dipergunakan)
    • * Jika memakai port 465 smtp_autp = SSL
  2. Selesai.

Tes SMTP di OJS

Setelah SMTP selesai diseting seperti langkah-langkah diatas, selanjutnya tahap terakhir melakukan pengetesan. Disini kami akan melakukan tes smtp dengan cara fotgot password administrator.

  1. Akses halaman login > pilih Forgot your password?.
  1. Isikan alamat email admin dikolom Registered user’s email * , sesuai pada saat instalasi.
fotgot password ojs - cara seting smtp di ojs
  1. Kemudian klik Reset Password.
email terkirim - cara seting smtp di ojs
  1. Apabila smtp sudah diatur dengan berjalan dengan baik, Anda akan menerima email verifikasi perubahan password tersebut. Namun jika tidak menerima baik diinbox maupun folder spam, konfigurasi smtp belum berhasil.

Setting SMTP di OJS telah selesai, Anda bisa melakukan pengetesan pengiriman email di OJS. Apabila masih menemui kendala, silakan menghubungi kami dengan melaporkan detail kendala ke email teknis{@}rumahweb{.}com.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Denny Oktafianto