Rumahweb Journal
banner - Cara Mengaktifkan Application Password Gmail Untuk SMTP

Cara Mengaktifkan Application Password Gmail Untuk SMTP

Jika Anda menggunakan email Gmail untuk keperluan setting SMTP pada website, ada 2 opsi yang bisa Anda pilih. Pertama, Anda bisa mengaktifkan fitur Less Secure dan Unlock Captcha. Sedangkan opsi kedua adalah mengaktifkan application password Gmail agar SMTP bisa digunakan.

Opsi pertama dapat Anda gunakan, apabila Anda tidak mengaktifkan fitur 2 step verification login gmail. Sedangkan opsi kedua bisa Anda gunakan, jika Anda mengaktifkan 2 step verification login gmail.

Dari kedua opsi tersebut, kami menyarankan agar Anda memilih opsi ke 2, yaitu mengaktifkan application password gmail. Selain membuat akun gmail Anda lebih aman, opsi ini juga lebih mudah digunakan untuk setting SMTP maupun setting gmail di aplikasi mail client seperti Outlook.

Mengaktifkan Application Password Gmail

Untuk mengaktifkan application password Google sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan login ke pengaturan akun Google Anda melalui halaman Login gmail. Setelah login, silahkan masuk ke menu security yang ada disamping kiri layar.
menu security gmail

  1. Setelah itu, masuk ke halaman security settings, dan silahkan periksa bagian “Signing in to Google” dibawah 2 step verification. Bila sudah aktif akan ada “APP Passwords”
informasi app password belum aktif
  1. Klik pada bagian App Passwords tersebut. Bila ada perintah untuk login kembali, silakan login. Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti screenshot berikut.
pilih opsi smtp yang akan anda gunakan
  1. Pada bagian “select app” silahkan pilih “mail”. Kemudian pada pilihan “Select devices” silakan dipilih Other dan masukkan nama setting app password tersebut.
pilih opsi smtp yang akan anda gunakan
  1. Klik GENERATE untuk mendapatkan password aplikasinya. Selanjutnya akan muncul password aplikasi yang berhasil digenerate seperti gambar berikut.
tampilan application password gmail

Gunakan password yang tampil dengan kolom kuning tersebut pada aplikasi email client atau setting SMTP yang akan digunakan. Password tersebut tidak menggunakan spasi, sehingga jika di copy paste tidak akan ada spasi seperti yang muncul.

Setting SMTP dengan akun Gmail

Setelah Application password Gmail diaktifkan, selanjutnya Anda bisa menggunakan password tersebut untuk setting smtp di website maupun di mail client yang digunakan. Berikut kami sertakan beberapa cara setting SMTP di CMS maupun website builder yang ada di Rumahweb.

Setting SMTP WordPress

Pada CMS WordPress, Anda bisa menginstall plugin seperti WP Mail SMTP atau Easy WP SMTP untuk menyeting SMTP pada website. Pelajari panduan setting SMTP WordPress melalui artikel berikut: Setting Plugin SMTP WordPress Untuk Pengiriman Email

Setting SMTP SitePro

SMTP pada SitePro bisa dilakukan, melalui panel website builder SitePro di Clientzone Rumahweb. Pelajari panduan setting SMTP di SitePro melalui artikel berikut: Setting SMTP pada Website Builder SitePro Rumahweb

Setting SMTP CodeIgniter

Pelajari cara setting SMTP pada framework CodeIgniter melalui artikel berikut: Panduan Email SMTP dengan CodeIgniter 4

Setting SMTP Moodle

Pelajari cara setting SMTP pada CMS Moodle melalui artikel berikut: Setting SMTP Moodle 3

Demikian panduan dari Rumahweb tentang mengaktifkan application password Gmail untuk keperluan setting SMTP. Bila Anda menjumpai kendala atau memiliki pertanyaan terkait setting ini, silakan menghubungi support Rumahweb untuk bantuannya. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Afiandhi Risky