Rumahweb Journal
opengraph - Cara Setting MX Record dari Alimail ke Email Hosting

Cara Setting MX Record dari Alimail ke Email Hosting

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu alimail dan bagaimana cara setting MX record pada domain Anda yang sebelumnya mengarah ke alimail untuk diarahkan kembali ke hosting.

Apa itu Alimail?

Alibaba Mail (disingkat AliMail) adalah salah satu layanan email enterprise unggulan yang ditawarkan oleh Rumahweb Indonesia. Ada beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh layanan AliMail, antara lain: email bisnis dengan domain sendiri, ruang penyimpanan yang besar, kalender, task, drive dan fitur-fitur unggulan lain. Apabila Anda membutuhkan layanan email kelas enterprise dengan reliabilitas yang tinggi, AliMail adalah salah satu alternatif terbaik yang bisa Anda pilih.

Meskipun demikian, dunia bisnis adalah lingkungan yang dinamis. Seiring dengan dinamika yang ada di dalam sebuah perusahaan, tuntutan dan kebutuhan teknis bisa berubah sesuai dengan kondisi yang ada. Salah satu contoh dari perubahan kebutuhan yang mungkin terjadi adalah pergantian layanan email. Karena satu dan lain hal, organisasi bisnis yang Anda miliki, yang awalnya sudah menggunakan layanan AliMail, ingin berpindah ke layanan email hosting.

Setting MX Record dari cPanel

Supaya fungsi penerimaan email hosting bekerja dengan baik, peralihan dari AliMail ke email hosting memerlukan konfigurasi DNS ulang di cPanel, yaitu mengembalikan MX record domain, dari layanan AliMail ke email hosting. Pada artikel journal kali ini, kami ingin membagikan cara untuk Mengembalikan Record DNS dari AliMail ke Email Hosting. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke menu Zone Editor di cPanel

image 1 - Cara Setting MX Record dari Alimail ke Email Hosting

2. Klik tombol MANAGE

image 2 - Cara Setting MX Record dari Alimail ke Email Hosting

3. Cari dua MX record AliMail, kemudian klik tombol DELETE satu per satu.

image 3 - Cara Setting MX Record dari Alimail ke Email Hosting

4. Klik tombol ADD RECORD, kemudian pada kolom Type pilih MX, pada kolom Priority isikan angka 0, dan pada kolom Destination isikan dengan nama domain milik Anda. Terakhir, klik tombol ADD RECORD.

image 4 - Cara Setting MX Record dari Alimail ke Email Hosting

5. Supaya fungsi pengiriman email hosting bekerja dengan baik, Anda juga harus mengaktifkan kembali SPF dan DKIM Record cPanel. Panduannya bisa Anda baca di artikel berikut.

6. Tunggu propagasi DNS bekerja, sekitar 1-24 jam ke depan.

Demikan cara setting MX record dari Alimail ke Email Hosting. Apabila Anda mengalami kendala atau kesulitan, silahkan menghubungi tim Technical Support Rumahweb untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Alwan Rosyidi