Rumahweb Journal
Banner - Cara Renew SSL Certificate di Plesk Panel

Cara Renew SSL Certificate di Plesk Panel

Setelah dipanduan sebelumnya kami bahas tentang cara renew certificate SSL di cPanel, pada panduan ini kami akan membahas cara renew SSL di Plesk Panel.

Jika Anda berlangganan layanan SSL murah dari Rumahweb dan akan mendekati jatuh tempo, Anda akan menerima invoice untuk perpanjangan SSL. Perpanjangan SSL tidak hanya dilakukan dengan cara membayar invoicenya saja, namun juga perlu melakukan validasi SSL ulang beserta update certificate SSL disisi server.

Proses validasi SSL dilakukan sesuai dengan metode yang Anda pilih sebelumnya. Namun, Anda juga bisa mengubah tipe validasi jika validasi sebelumnya tidak lagi bisa digunakan. Lalu bagaimana prosedur renew atau perpanjang SSL?

Prosedur Renew SSL Certificate

Setelah pembayaran perpanjangan SSL terkonfirmasi oleh Rumahweb, maka selanjutnya kami akan melakukan renew SSL secara otomatis. Renew SSL kami lakukan dengan data CSR yang lama, sehingga tidak mengubah file Key yang Anda gunakan sebelumnya. Setelah itu, Anda bisa melakukan validasi SSL.

Step 1. Domain Validation SSL

Pengecekan validasi SSL dapat dilakukan melalui halaman Clientzone, dengan langkah sebagai berikut:

Halaman Utama Clientzone, menu SSL
  • Klik Manage pada layanan SSL Anda.
List layanan SSL
  • Klik tombol Manage SSL seperti gambar berikut.
Manage SSL
  • Dihalaman manage SSL, Anda akan melihat informasi validasi yang dipilih. Lalu silahkan lakukan validasi perpanjangan SSL-nya.
Validasi SSL

Pada contoh diatas, domain validation yang dipilih adalah DNS. Silahkan Anda membuat DNS record melalui Plesk panel, atau sesuai dengan DNS server yang Anda gunakan.

BACA JUGA : Cara Setting DNS di Plesk Panel (WordPress Hosting)

Setelah DNS record dibuat, silahkan tungu estimasinya 1-24 jam hingga pihak penerbit SSL dapat memvalidasi DNS record Anda dan menerbitkan sertifikat yang baru.

Step 2. Validasi Dokumen ( OV dan EV SSL)

Bagi yang memesan layanan OV SSL dan EV SSL, validasi dilakukan 2 tahap yaitu domain validation dan document validation. Anda akan menerima email pemberitahuan dari info[at]rumahweb.com, terkait dokumen syarat yang perlu disiapkan.

Silahkan mereply email yang kami kirimkan dengan melampirkan dokumen yang dibutuhkan untuk proses vetting. Proses vetting akan berlangsung sesuai dengan type SSL yang Anda pesan, dan validasi dilakukan oleh pihak CA (certificate authority).

Jika dokumen dan domain validation telah dianggap valid, maka selanjutnya pihak CA akan menerbitkan sertifikat SSL yang baru.

Download Certificate SSL

Setelah validasi SSL berhasil dilakukan, maka selanjutnya certificate authority akan menerbitkan sertifikat SSL untuk domain Anda. Status layanan SSL Anda di clientzone akan berubah kembali, dari semula pending validation menjadi Issue seperti gambar berikut.

Download certificate SSL

Selanjutnya Anda bisa download sertifikat SSL melalui halaman Clientzone yang panduannya bisa dipelajari melalui link berikut.

Update Certificate SSL

Setelah Anda mendapatkan SSL yang baru, selanjutnya Anda dapat melakukan update sertifikat SSL di server yang Anda gunakan. Pada contoh berikut, kami akan memberikan cara update sertifikat SSL di Plesk Panel.

  1. Login ke Plesk Panel hosting atau server Anda.
  2. Masuk ke menu Hosting & DNS > Hosting.
Menu Hosting Plesk Panel
  1. Pada menu SSL/TLS Support, terdapat informasi certificate yang telah aktif sebelumnya. Dalam panduan ini, certificate SSL aktif dengan nama “SSL Sectigo”.

    Setelah mengetahui nama sertifikat, Anda bisa melanjutkan untuk update sertifikat pada menu SSL/TLS Certificate. Namun sebelumnya, silahkan klik tombol ‘save’ terlebih dahulu seperti gambar berikut.
Informasi nama certificate SSL aktif di plesk
  1. Langkah selanjutnya silahkan masuk ke menu SSL/TLS Certificates.
Menu SSL/TLS Certificates
  1. Klik Advanced Settings.
Advance Settings SSL aktif
  1. Klik pada nama certificate yang sudah Anda dapatkan dari point 3.
List Nama certificate di Plesk Panel
  1. Silahkan upload certificate baru yang sudah di download sebelumnya. Klik Choose File dikolom Certificate(*.crt) > pilih file CRT > Klik Upload Certificate.
cara renew ssl certificate di plesk

8. Setelah file certificate baru berhasil di upload, selanjutnya Anda bisa kembali ke halaman SSL/TLS Certificate untuk melihat valid date dari sertifikatnya.

Sampai tahap ini, proses renew SSL di Plesk Panel telah selesai. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Fatah

Lelaki, Bekerja, dan Kemaki