Rumahweb Journal
Mengenal Password Protected Directories di Plesk Panel

Mengenal Password Protected Directories di Plesk Panel

Password Protected Directories adalah fitur di Plesk Panel yang berfungsi untuk mengamankan directory pada hosting Anda, Lalu, bagaimana cara kerja dan mengaktifkannya? Simak informasi berikut ini.

Apa itu Password Protected Directories

Password Protected Directories adalah fitur pada Plesk Panel yang berfungsi untuk membatasi akses ke directory (folder) pada website. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melindungi folder tertentu dengan kata sandi. Sehingga hanya pengguna yang memiliki credential yang benar, yang dapat mengakses konten dalam folder tersebut.

Cara kerjanya, ketika Anda melindungi sebuah folder, maka ketika folder tersebut diakses akan muncul popup authentication login. Anda diminta mengisi username dan password, sesuai credential yang di setting pada fitur Password Protected Directories.

Fungsi Password Protected Directories

Dengan menggunakan Password Protected Directories, Anda dapat memberikan lapisan keamanan tambahan untuk bagian-bagian khusus dari situs web Anda yang mungkin berisi informasi sensitif atau terbatas.

Selain itu, Anda bisa memberikan Username dan Password ke user tertentu yang anda perbolehkan untuk mengakses folder tersebut.

Pengguna yang mencoba mengakses direktori yang dilindungi akan diminta memasukkan nama pengguna dan kata sandi sebelum mereka diizinkan untuk melihat atau mengunduh isi direktori tersebut.

Cara membuat Password-Protected Directories di Plesk

Berikut adalah cara membuat Password Protected Directories di Plesk panel.

  1. Login ke Plesk Panel Hosting.
  2. Kemudian masuk ke menu “Website & Domains”, selanjutnya cari dan klik menu “Password-Protected Directories“.
seting password directories plesk panel
  1. Untuk menambah Password-Protected Directories silahkan klik “Add Protected Directory” sesuai tanda panah dibawah ini :

password directory plesk step kedua

  1. Masukan nama folder yang ingin ditambahkan setting Protected Directory, kemudian masukan Title setting Protected Directory.

aktivasi password directory step ke tiga

  1. Jika sudah, silhakna klik tombol “OK”.
  2. Akan muncul “Nama Directory Password” yang dibuat sebelumnya. Silahkan klik “Nama Directory Password” untuk melihat detailnya.

aktivasi password directory step ke empat

  1. Jika sudah pernah membuat User, Anda bisa langsung memilih User mana yang ingin digunakan untuk akses ke Protected Directory. Jika belum pernah membuat User, Silahkan buat dulu dengan klik “Add a User”.

mengaktifkan password directory step ke lima

  1. Masukan username dan password, untuk keamanan pastikan menggunakan password yang kuat (gabungan antara huruf besar, kecil, karakter dan angka). Kemudian klik tombol “OK”.


mengaktifkan password directory step ke enam

  1. Password-Protected Directories sudah selesai dibuat. Ketika Anda mengakses folder atau directory yang sudah diberikan Password-Protected Directories, maka akan muncul pop up seperti berikut ini :
Password Protected Directories

Cara mengedit / hapus Password-Protected Directory

Untuk mengedit atau menghapus Password-Protected Directory, Silahkan login kembali ke Plesk Panel kemudian masuk ke menu “Password-Protected Directory”

seting password directories plesk panel

Anda dapat melihat list folder yang sudah disetting Protected directories. Untuk menghapus, silahkan melakukan checklist di kiri nama folder dan klik tombol Remove Protection

remove protected directory

Demikian tips tentang keamanan website dengan fitur Password-Protected Directories pada Plesk Panel. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Denny Oktafianto