Rumahweb Journal
og ssl rumahweb

Cara Renew SSL Certificate di cPanel

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara renew SSL certificate di Rumahweb. Mulai dari cara download sertifikat yang baru, hingga update sertifikat SSL yang baru di cPanel.

Proses perpanjangan SSL dilakukan tidak hanya dengan melakukan pembayaran invoicenya saja, namun Anda diharuskan untuk melakukan validasi ulang serta mengupdate sertifikat SSL di server.

Validasi dilakukan sesuai tipe yang Anda pilih pada saat melakukan konfigurasi SSL pertama kali. Namun, anda juga bisa mengubah tipe validasi perpanjangan SSL jika validasi sebelumnya tidak lagi bisa digunakan.

Berikut kami sertakan langkah-langkah perpanjangan SSL di Rumahweb.

Prosedur Renew SSL

Setelah pembayaran perpanjangan SSL kami terima, kami akan memproses perpanjangan Anda secara otomatis. Kami akan menggunakan data CSR yang lama, untuk melakukan konfigurasi renew SSL.

Anda bisa melihat detail validasi SSL yang perlu dilakukan melalui Clientzone, dengan langkah sebagai berikut :

  1. Login ke clientzone.
  2. Klik menu SSL > Klik tombol Manage
  3. Klik menu Manage SSL.

Dihalaman manage SSL, Anda akan melihat informasi validasi yang dipilih. Lalu silahkan lakukan validasi perpanjangan SSL-nya. Setelah validasi dilakukan, tunggu sekitar 10-60 menit kedepan hingga sertifikat yang baru diterbitkan.

Bagi yang memesan layanan OV dan EV SSL, akan dilakukan vetting ulang untuk memastikan validasi dokumen Anda. Proses vetting akan berlangsung sesuai dengan type SSL yang Anda pesan.

Download Sertifikat SSL

Setelah proses validasi SSL dilakukan, tunggu hingga sertifikat SSL yang baru diterbitkan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan email notifikasi terkait SSL Certificate yang baru.

Anda juga bisa mendownload sertifikat SSL melalui Clientzone, yang panduannya bisa dilihat pada halaman berikut : Cara Download Sertifikat SSL di Rumahweb

Update Sertifikat SSL di cPanel

Setelah Anda mendapatkan SSL yang baru, selanjutnya Anda dapat melakukan update sertifikat SSL di server yang Anda gunakan. Pada contoh berikut, kami akan memberikan cara update sertifikat SSL di cPanel.

  1. Login ke cPanel hosting Anda.
  2. Kemudian masuk ke menu SSL/TLS.
  3. Klik link “Manage SSL sites” lalu klik Update Certificate
renew ssl certificate cpanel
  1. Akan tampil dropdown pilihan nama domain, silahkan pilih nama domain yang akan di update SSL-nya.
  2. Masukkan SSL Certificate (CRT) pada kolom : “Certificate: (CRT)” kemudian klik “autofill by domain” agar kolom “Private Key” dan “Certificate Authority Bundle” terisi otomatis.
  3. Langkah terakhir adalah klik “Install Certificate”.

Setelah terinstall, maka masa aktif SSL yang tertera di kolom Certificate Expiration akan ikut terupdate.

Demikian panduan renewal ssl pada cPanel, semoga artikel ini bisa membantu Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.4 / 5. Vote count: 7

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Lutfi Hanif

Lutfi adalah seorang SEO enthusiast. Editor, Technical Content Writers sekaligus 'Tukang Optimasi' artikel Journal maupun Blog Rumahweb.