Rumahweb Journal

Cara Install cPanel di VPS Ubuntu

cPanel adalah salah satu control panel berbayar yang memiliki fitur sangat lengkap. Mulai dari web server hingga mail server, semua fitur telah tersedia. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara install cPanel di VPS Ubuntu.

Mengelola sebuah server website adalah proses yang kompleks. Secara default, server dengan OS Linux tidak memiliki antarmuka grafis, sehingga pengelolaan server harus dilakukan menggunakan perintah teks melalui koneksi SSH.

Bagi yang belum terbiasa, menggunakan perintah teks adalah proses yang melelahkan. Anda harus hafal perintah-perintah teks untuk menjalankan service, menginstal aplikasi, mengunggah konten dan seterusnya.

Bagi seorang administrator berpengalaman sekalipun, menggunakan perintah teks untuk menjalankan semua task adalah proses yang tidak efisien. Selain itu, kesalahan dalam mengeksekusi sebuah perintah juga bisa berakibat fatal yang bisa menyebabkan sistem mengalami error.

Apa Itu Control Panel?

Untuk mempermudah pengelolaan server, diperlukan sebuah aplikasi manajemen server dengan antarmuka grafis bernama control panel. Secara umum, fitur utama control panel terdiri dari file manager, manajemen database, DNS dan email. Antarmuka control panel bisa diakses secara online melalui web browser, yang bisa diakses dari semua tempat.

Ada beragam pilihan control panel, baik yang berbayar maupun yang free. Salah satu control panel paling populer adalah cPanel, yang menawarkan fitur lengkap untuk mempermudah Anda menjalankan sebuah server website.

cPanel pertama kali dibuat pada tahun 1996 dan saat ini telah menjadi control panel standar yang dipakai oleh mayoritas layanan web hosting di seluruh dunia. Dengan cPanel, Anda bisa membangun sebuah web server yang lengkap, simpel dan mudah.

Baca juga artikel : Control Panel VPS Gratis Yang Paling Populer

Dukungan cPanel di Ubuntu LTS

Pada tahun 2020, developer CentOS mengumumkan bahwa masa hidup CentOS 8 akan diakhiri pada Desember 2021. Menanggapi hal tersebut, cPanel mengumumkan untuk memperluas dukungan sistem operasinya sehingga secara resmi saat ini bisa diinstal dan dijalankan dalam sistem operasi Ubuntu 20.04 LTS.

Bagi Anda yang memiliki layanan VPS dengan OS Ubuntu 20.04 LTS, mulai sekarang bisa menginstal cPanel untuk mempermudah pengelolaan server milik Anda.

Cara install cPanel di Ubuntu

Berikut langkah-Langkah Instalasi cPanel di OS Ubuntu 20.04:

Step 1. Menginstal cURL

Pastikan sudah terinstal cURL di VPS Ubuntu milik Anda karena installer cPanel memerlukan cURL untuk mengunduh paket instalasi. Untuk menginstal cURL di Ubuntu, jalankan perintah berikut:

# sudo apt update
# sudo apt install curl

Step 2. Mengatur Hostname Sesuai Format FQDN

Untuk bisa menjalankan installer cPanel, pastikan hostname VPS Ubuntu Anda menggunakan format FQDN. Berikut langkah-langkahnya:

sudo nano /etc/hostname

Ganti hostname default VPS Ubuntu Anda dengan menambahkan alamat domain aktif di bagian belakang, menjadi: hostname.domain.com (hostname.domain.com disesuaikan dengan hostname VPS dan nama domain aktif yang Anda miliki).

Save dan Exit dengan cara menekan tombol Ctrl+O, tekan Enter, kemudian tekan Ctrl+X.

sudo nano /etc/hosts

Tambahkan baris hostname yang diedit sebelumnya:

IP_address_VPS hostname.domain.com hostname(IP_address_VPS diganti dengan IP address VPS)

Save dan Exit dengan cara menekan tombol Ctrl+O, tekan Enter, kemudian tekan Ctrl+X.

Langkah terakhir, restart server dengan menjalankan perintah sudo reboot

Step 3. Menjalankan Installer cPanel

Silahkan jalankan perintah berikut :

# sudo su# cd /home && curl -o latest -L https://securedownloads.cpanel.net/latest && sh latest

Tunggu proses instalasi cPanel hingga selesai dengan keterangan Thank you for Installing cPanel & WHM xx.xxx.

Menjalankan Installer cPanel - cara install cpanel di vps ubuntu

Step 4. Mengaktifkan Lisensi cPanel

Apabila Anda sudah membeli lisensi cPanel, Anda bisa mengaktifkannya dengan menjalankan perintah berikut:

sudo /usr/local/cpanel/cpkeyclt

Login WHM

Setelah instalasi cPanel selesai, Anda bisa mengakses WHM di web browser melalui alamat IP_address_VPS/whm. Pada kolom username masukkan root dan passwordnya.

Login WHM

Langkah selanjutnya, klik tombol Agree to All. Sekarang Anda sudah bisa memulai mengelola server VPS Anda melalui WHM dan cPanel.

tampilan setelah login ke WHM
WHM interface

Penutup

Control panel adalah aplikasi yang sangat berguna untuk memudahkan pengelolaan server. Dengan control panel, Anda bisa mengupload konten, membuat database dan membuat akun email dengan lebih mudah dan simpel.

Demikian artikel journal kami tentang Cara Install cPanel di VPS Ubuntu. Apabila mengalami kendala silahkan menghubungi tim technical support Rumahweb, untuk mendapatkan panduan atau bantuan lebih lanjut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Alwan Rosyidi