Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
cara mengatasi fatal error out of memory rumahweb

Cara Mengatasi Fatal Error Out Of Memory

Apakah website Anda sedang terkendala Fatal Error Allowed Memory Size Exhausted? Bila demikian, Anda berada di artikel yang tepat. Pada artikel ini, kami akan menginformasikan Cara Mengatasi Fatal Error Allowed Memory Size Exhausted.

Berikut ini contoh kasusnya;

Salah satu contoh pesan error yang ditemui adalah sebagai berikut:

Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted (tried to allocate 20480 bytes)

Error tersebut disebabkan penggunaan memory melebihi limitasi yang telah ditentukan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan optimasi pada script website yang digunakan agar pemakaian memory lebih efisien. Namun demikian jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan optimasi, maka bisa coba untuk menaikkan memory_limit

Secara garis besar, di Rumahweb menyediakan layanan Hosting dengan cPanel dan Plesk Panel. Berikut ini panduan menaikkan memory_limit pada kedua Panel Hosting tersebut.

A. Menaikkan memory_limit pada cPanel (Shared Hosting & Cloud Hosting)

  • Login ke cPanel Hosting Anda
  • Pada cPanel ada 2 Fitur untuk mengatur versi PHP, yaitu MultiPHP Manager dan Select PHP Version, silahkan Anda gunakan Select PHP Version.
cara mengatasi fatal error out of memory
  • Apabila sebelumnya Anda menggunakan MultiPHP, maka akan muncul tombol use php selector untuk pindah ke PHP Selector. Cheklist pada nama domain, kemudian klik tombol Use PHP Selector dan pilih versi php yang akan digunakan.
allowed memory size
  • Masuk ke tab Options , lalu pada bagian memory_limit , klik dropdown untuk memilih nilai memory_limit yang ingin digunakan
Solusi Fatal error Allowed memory
  • Sampai disini Anda telah berhasil merubah nilai memory_limit pada Hosting yang menggunakan cPanel melalui menu Select PHP Version.

Sebagai catatan bahwa jika fitur Select PHP Version tidak tersedia pada cPanel Anda, silahkan menghubungi technical support untuk solusi pengaturan memory_limit yang digunakan.

B. Menaikkan memory_limit pada VPS cPanel atau Non Panel (menggunakan Command Line Interface / SSH)

Di layanan Shared Hosting dan Cloud Hosting yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat fitur Select PHP Version karena menggunakan CloudLinux. Pada layanan VPS, Anda dapat menggunakan fitur MultiPHP INI Editor untuk mengatur limitasi php (termasuk memory_limit). Sedangkan untuk VPS Non Panel, Anda bisa merubah memory_limit melalui SSH. Panduannya dapat mereferensi pada link berikut: Link Panduan

C. Menaikkan memory_limit pada Plesk Panel (WordPress Hosting)

Bagi pengguna layanan WordPress Hosting, Panel yang digunakan adalah Plesk Panel. Anda dapat login ke Plesk Panel kemudian merubahnya melalui menu PHP Selector. Hampir sama seperti di cPanel, akan ada pilihan nilai memory_limit yang akan digunakan. Untuk langkah-langkahnya, Anda juga dapat mereferensi pada artikel di link berikut ini: Link Artikel

Demikian panduan Solusi Fatal error Allowed memory pada Layanan Hosting dan VPS, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Gatot Antok Wibowo

Blog Competition