Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Merubah Limitasi PHP di VPS cPanel - non cPanel

Mengubah Limitasi PHP Di VPS cPanel Atau non cPanel

WHM kepanjangan dari Web Host Manager. WHM adalah halaman admin dari cPanel yang digunakan untuk mengelola semua pengaturan dan manajemen web hosting di dalamnya.

Beberapa kesempatan user menginginkan menambah limitasi PHP dinaikan dari default. Seperti memory_limit, max_execution_time, upload_max_filesize, dan yang lainya. Di VPS limitasi ini bisa diset sendiri sesuai kebutuhan, yang dapat dilakukan melalui WHM atau SSH.

Mengubah Limitasi PHP dari WHM

1. Login ke WHM server Anda. WHM bisa diakses menggunakan url http://hostnameserver/whm atau langsung menuju port di http://hostnameserver:2086 dan https://hostnameserver:2087 (ssl)

login whm

Jika domain hostname tidak atau belum diarahkan ke IP server, maka akses WHM bisa juga dilakukan dari IP, contoh : https://103.247.9.10:2087 (* IP 103.247.9.10 adalah contoh IP server)

2. Klik menu Home » Software » MultiPHP INI Editor.
Pilih versi php yang digunakan, yang ingin diubah limitasinya.

3. Dari halaman PHP Configuration Editor limitasi PHP bisa drubah.

Apabila ingin dengan tampilan yang lebih lengkap, silahkan klik Editor Mode.

4. Setelah selesai diubah, klik “Apply” dan lihat hasilnya dengan cara akses http://namadomain.com/info.php . Jika belum dibuat sebelumnya, buat dahulu dengan panduan >> membuat tampilan phpinfo.

merubah memory limit dari whm

Mengubah Limitasi PHP dari SSH

Sebelum kita mulai, cara ini juga dapat digunakan untuk mengubah limitasi di VPS non kontrol panel.

Sebelum mulai cari tahu dulu letak php.ini di server VPS, dengan cara mengakses ke phpinfo, http://namadomain.com/info.php yang sudah dibuat sebelumnya. Cari “Loaded Configuration File”, sesuai di gambar berikut.

mencari letak phpini

Di panduan terlihat letak php.ini berada di direktori /usr/local/lib/php.ini . Kemudian cara mengubahnya.

1. Login dari SSH lalu edit file /usr/local/lib/php.ini , dengan command:

2. Ubah memory_limit menjadi nilai yang diinginkan. Apabila kesulitan mencari karena terlalu banyak baris, tekan ctrl+w > isi memory_limit .

3. Untuk menyimpannya tekan ctrl+x > tekan y > lalu enter .

4. Lihat hasilnya dari http://namadomain.com/info.php

Untuk melihat hasil setting php yang telah dilakukan, silakan membuat file php info sebagaimana panduan yang pernah kami tuliskan.

Demikian panduan Rumahweb tentang cara mengubah limitasi PHP di VPS. Apabila ada pertanyaan, silakan menghubungi support teknis kami supaya dapat dibantu cek lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Rudiharto

Suka makan bubur tanpa diaduk.

Blog Competition