Rumahweb Journal
Cara mengatasi Error NET:ERR_CERT_AUTHORITY_INVALID

Cara Mengatasi Error NET:ERR_CERT_AUTHORITY_INVALID

Sering kali saat kita mengakses sebuah website atau domain menggunakan browser, lalu muncul Error NET:ERR_CERT_AUTHORITY_INVALID. Error tersebut pada dasarnya disebabkan karena SSL yang dianggap tidak valid. 

Ada beberapa penyebab seperti masalah browser dan sertifikat SSL yang digunakan oleh situs. Error ini cukup banyak terjadi pada pengguna lainnya, cara mengatasinya cukup mudah. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang Error err_cert_authority_invalid dan cara mengatasinya.

Error NET:ERR_CERT_AUTHORITY_INVALID

Kendala error net:err_cert_authority_invalid pada saat mengakses sebuah website bisa disebabkan karena  SSL yang digunakan tidak valid. SSL adalah sebuah lapisan keamanan terenkripsi yang berfungsi untuk mengamankan transaksi data antara web browser dan server. Contoh errornya sebagai berikut :

contoh error NET:ERR_CERT_AUTHORITY_INVALID

Sebagai informasi, SSL pada website berfungsi agar link URL bisa diakses melalui HTTPS dan dikenali sebagai secure website di browser. Apabila website diakses hanya menggunakan HTTP, maka browser akan menampilkan website tersebut sebagai “Not Secure’ atau tidak aman.

Karena itu, penggunaan SSL untuk website saat ini menjadi salah satu komponen terpenting. Bagi pengguna layanan hosting di Rumahweb, anda dapat menginstall SSL gratis melalui control panel hosting.

Melanjutkan pembahasan error net:err_cert_authority_invalid, error tersebut dapat terjadi karena beberapa alasan. Bisa jadi dari jaringan, browser hingga komputer yang anda gunakan. Berikut beberapa penyebab dari error net:err_cert_authority_invalid.

Penyebab Error CERT_AUTHORITY_INVALID

Seperti yang telah kita ketahui bahwa error net:err_cert_authority_invalid disebabkan karena SSL dianggap tidak valid. SSL tidak valid bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut :

1. SSL tidak dapat divalidasi

Salah satu alasan sering terjadinya error net:err_cert_authority_invalid disebabkan karena browser/device tidak dapat melakukan validasi SSL yang digunakan. Contohnya jika anda menggunakan SSL Let’s encrypt yang baru, namun anda masih menggunakan device seperti Windows 7 atau XP misalnya.

Karena Windows 7 dan XP sudah tidak lagi mendapatkan support dari microsoft, alhasil apabila ada update ROOT CA yang baru, device dengan OS Windows 7 dan XP tidak lagi mendapatkan pembaruan. Sehingga OS tersebut tidak dapat melakukan authentication pada SSL yang baru.

Baca juga artikel : Let’s Encrypt Update Root CA, Website & Email Gagal Akses?

2. SSL Expired

Hhal ini sering terjadi pada para pengguna hosting atau server yang lupa melakukan perpanjangan SSL yang ada pada hosting atau server. Sehingga SSL menjadi kadaluarsa dan pada akhirnya tidak dapat tervalidasi oleh browser.

3. Menggunakan SSL self-signed

Self Signed Certificate adalah sertifikat yang dibuat sendiri dan kemudian menyetujuinya (signed) sendiri juga. Sertifikat ini tidak diterbitkan oleh otoritas sertifikat (CA) yang terpercaya. Dengan begitu, browser tidak dapat melakukan validasi sertifikat SSL tersebut karena tingkat keamanannya rendah.

Cara mengatasi Error NET:ERR_CERT_AUTHORITY_INVALID

Berikut beberapa cara untuk mengatasi error net::err_cert_authority_invalid pada saat mengakses website.

1. Cek sertifikat SSL melalui SSL Checker

Seperti yang telah kita ketahui, error net:err_cert_authority_invalid disebabkan karena SSL dianggap tidak valid. Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah cek sertifikat SSL pada websitenya terlebih dahulu. Cek dapat dilakukan melalui SSL Checker.

Buka page ssl checker, lalu inputkan nama domain pada kolom yang sudah disediakan, lalu klik check SSL.

ssl checker

Apabila SSL Valid akan mucul hasil dengan checklist hijau dengan keterangan SSL valid dan aktif.

SSL Valid

Namun apabila SSL yang tidak valid maka akan muncul keterangan seperti contoh berikut :

SSL Tidak Valid

Silahkan anda menghubungi penyedia hosting yang Anda gunakan, agar bisa dibantu cek terkait kendala error SSL tersebut.

2. Hapus cache pada browser

Jika anda telah memastikan bahwa SSL valid melalui ssl checker namun website masih error ketika diakses, maka anda perlu mencoba menghapus cache yang ada pada browser Anda. Biasanya error terjadi karena browser terlalu banyak menyimpan cache.

Pada Google Chrome, Anda bisa menghapus cache melalui menu Settings di pojok kanan atas, kemudian pilih More Tools, kemudian pilih clear browsing data.

Menghapus cache browser

Jangan lupa melakukan reload halaman website pada browser yang Anda gunakan, setelah melakukan penghapusan cache. 

3. Gunakan jaringan koneksi internet yang berbeda

Apabila dengan cara menghapus cache pada browser masih belum bisa. Anda dapat mencoba menggunakan jaringan yang berbeda seperti menggunakan hotspot atau tethering dari handphone Anda.

Umumnya kendala ini terjadi ketika anda mengakses jaringan yang ada di tempat publik, sering kali jaringan di tempat public memiliki keamanan yang rendah.

4. Menggunakan Sistem Operasi yang terbaru

Penggunaan sistem operasi yang sudah usang dan tidak lagi mendapatkan update juga menjadi penyebab munculnya pesan ‘NET:ERR_CERT_AUTHORITY_INVALID’. Hal tersebut disebabkan sistem operasi yang usang tidak lagi didukung oleh aplikasi web browser modern sehingga mengalami kendala ketika mengakses website terbaru karena faktor compatibility SSL.

Apabila sistem operasi yang Anda gunakan masih menggunakan sistem operasi Windows 7 atau bahkan di bawahnya, kami sarankan melakukan update versi Windows yang terbaru.

Kesimpulan

Error net::err_cert_authority_invalid pada sebuah website disebabkan karena SSL yang digunakan invalid. Anda bisa melakukan pengecekan SSL pada website melalui ssl checker, hingga melakukan pengecekan pada browser yang digunakan.

Rumahweb menyadari bahwa penggunaan SSL pada website menjadi sangat penting, terlebih setelah browser memberikan label ‘not secure’ pada website yang masih diakses melalui HTTP. Karenanya, saat ini Rumahweb menyediakan layanan SSL gratis pada setiap paket hosting.

Namun apabila Anda ingin tingkat keamanan yang lebih tinggi, Rumahweb juga menyediakan SSL berbayar dengan harga yang sangat murah, yaitu mulai dari Rp. 8.000/ bulan.

Demikian artikel kami tentang cara mengatasi error net::err_cert_authority_invalid pada saat mengakses sebuah website. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 2.3 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Akbar Wirabattana