Rumahweb Journal
Banner - Cara Membuat Symlink Menggunakan Script PHP

Cara Membuat Symlink Menggunakan Script PHP

Setelah sebelumnya kami membahas cara membuat symlink melalui SSH dan CronJob, kali ini kami akan berbagi cara membuat symlink melalui script PHP.

Sebelum membahas cara membuat script symlink, terlebih dahulu kami akan menjelaskan apa itu symlink.

Apa itu Symlink?

Symbolic Link atau Symlink adalah File Yang mempunyai tipe khusus yang akan mengarahkan file tersebut kepada file yang lainnya, misalnya mengambil folder untuk disambungkan / link ke folder pada path lokasi berbeda.

Salah satu contohnya adalah ketika Anda menggunakan framework Laravel, ada folder storage yang berisi gambar dimana biasanya ada proses pemanggilan file gambar pada folder tersebut.

Biasanya Anda akan menggunakan perintah: php artisan storage:link untuk langsung setting symlink, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan pada paket hosting Rumahweb dikarenakan secara default fungsi symlink masuk ke list disable_function php.

Anda dapat request enable fungsi symlink() pada cPanel hosting, dengan cara mengirimkan request ke tim teknis kami atau bisa request melalui ticket.

Setelah fungsi symlink() diaktifkan oleh tim teknis Rumahweb, Anda dapat membuat script php di dalam root public directory website Anda.

Cara membuat script PHP Symlink

Buatlah sebuah file, misalnya bernama namafilesymlink.php. Lalu anda bisa mengisi script tersebut, menggunakan contoh script PHP symlink sebagai berikut:

<?php
    $target = $_SERVER['DOCUMENT_ROOT']."/../laravel/storage";
    $link = $_SERVER['DOCUMENT_ROOT']."/storage";
    if(symlink( $target, $link )){
        echo "OK.";
    } else {
        echo "Gagal.";
    }
?>

Keterangan :

Pada bagian “$target = $_SERVER[‘DOCUMENT_ROOT’].”/../laravel/storage“;” Silahkan sesuaikan path target storage folder yang digunakan.

Lalu, pada bagian “$link = $_SERVER[‘DOCUMENT_ROOT’].”/storage“;” . Silahkan sesuaikan ke path dimana folder storage akan di link kan.

Untuk menjalankan script tersebut silahkan langsung akses melalui https://namadomainanda.com/namafilesymlink.php atau sesuaikan dengan nama file php yang anda buat. Apabila setelah di eksekusi muncul “OK” . Berarti symlink folder storage Anda berhasil di buat.

Jika Anda masih temui kendala, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui livechat, atau bisa membuat tiket dengan menginformasikan nama domain serta detail target link dan path-nya, agar bisa kami bantu buatkan.

Atau Anda juga bisa membuat symlink melalui SSH atau CronJob dengan panduan sebagai berikut :

Demikian panduan cara membuat symlink menggunakan script PHP, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Benny Eko Priharyanto