Rumahweb Journal : News, Article, and Tutorial of Web Dev
opengraph - Cara Membuat Symlink di cPanel Hosting Rumahweb

Cara Membuat Symlink di cPanel Hosting Rumahweb

Symbolic Link atau yang biasa kita kenal dengan istilah symlink adalah salah satu teknik pemanggilan file atau folder, dari folder satu ke folder lainnya. Secara sederhana, symlink bisa diartikan sebagai shortcut dalam pemanggilan file atau folder tertentu.

Salah satu contohnya adalah ketika Anda menggunakan framework Laravel, ada folder storage yang berisi gambar dimana biasanya ada proses pemanggilan file gambar pada folder tersebut. Biasanya Anda akan menggunakan perintah: php artisan storage:link untuk langsung setting symlink, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan pada paket hosting Rumahweb.

Sebagai solusinya, Anda bisa membuat symlink manual melalui SSH cPanel. Bagi Anda yang memesan paket Medium atau Large, Anda bisa menggunakan fitur SSH di hosting. Namun sedangkan untuk jika Anda menggunakan paket Entry atau Small, Anda bisa merequest ke email teknis[at]rumahweb.com untuk bantuan pembuatan symlink.

Berikut adalah langkah-langkah membuat symlink melalui SSH cPanel hostingnya :

  1. Login ke ssh dengan mengikuti langkah berikut: https://www.rumahweb.com/journal/menggunakan-ssh-pada-layanan-hosting-rumahweb/
  2. Masukkan perintah dengan format berikut:
    ln -s target_path link_path

    Contoh: misalkan Anda ingin membuat link dari folder laravel/storage/app/public ke public_html/storage gunakan syntax berikut:

    ln -s /home/usernamecpanel/laravel/storage/app/public /home/usernamecpanel/public_html/storage

    (sesuaikan usernamecpanel sesuai username cPanel hosting Anda)

Cukup mudah bukan cara membuat symlink melalui SSH? Jika Anda masih temui kendala, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui livechat, atau bisa membuat tiket ke teknis[at]rumahweb.com dengan menginformasikan nama domain serta detail target link dan path-nya, agar bisa kami bantu buatkan.

Demikian panduan membuat symlink melalui SSH cPanel, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Bayo AM