Rumahweb Journal
banner - Cara Membuat Google Form Dengan Mudah

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah

Google Form memiliki banyak manfaat seperti membuat formulir pada sebuah website, survey, hingga ujian online. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara membuat Google Form dengan mudah. Sebelum masuk ke tahap cara membuat, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu google form dan sejarah singkatnya.

Apa itu Google Form

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah google form. Seperti namanya, google form adalah layanan yang disediakan google guna membuat formulir dengan tujuan untuk mempermudah dilakukannya survey. Survey ini nantinya diharapkan bisa tercipta komunikasi dua arah antara pembuat form dengan audiens secara online.

Tidak hanya sampai disitu, google form juga dilengkapi dengan fitur fitur customize lainnya yang memungkinkan Anda untuk membuat sebuah formulir sesuai kebutuhan. Bahkan, pada masa pandemi seperti ini, istilah google form kian melejit karena kerap kali dijadikan platfom penunjang dilakukannya pembelajaran online / daring.

Fitur didalamnya memungkinkan Anda untuk membuat form ujian online yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Lalu sebenarnya apa saja fitur google form lainnya yang bisa dimanfaatkan? Langkah langkah yang Anda butuhkan terkait “Cara Membuat Google Form Dengan Mudah” ini akan kami kupas pada artikel kali ini. 

Sejarah singkat Google Form

Google form pada awalnya di release dengan fitur google spreadsheet pada tahun 2008. Dimulai sejak saat itu, google terus menerus melakukan update fitur pada layanan tersebut dan hingga pada akhirnya google form berhasil berdiri sendiri di tahun 2017.

Saat ini layanan tersebut sudah bisa diakses secara gratis dengan syarat cukup mudah yakni Anda cukup memiliki akun google yang aktif. Google form bisa diakses darimana saja melalui situs docs.google.com/forms dan sudah dilengkapi dengan pilihan template yang variatif.

Cara membuat google form

Seperti layanan google lainnya, google form bisa diakses dari mana saja dan kapan saja baik menggunakan PC, laptop maupun handphone. Untuk aksesnya terdapat empat pilihan cara yang bisa dipilih sesuai kenyamanan pengguna dan berikut kami berikan tutorial singkat penggunaannya : 

Cara 1. bisa dibuat melalui link Google Form 

Tampilan awal saat mengakses URL tersebut kurang lebih seperti screenshot berikut ini :

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah form google

Untuk membuatnya bisa langsung klik “blank”  atau bisa diartikan dengan “membuat google form baru”.

Cara 2. bisa dibuat melalui Google Drive 

Untuk akses dari google drive maka silakan bisa diakses dengan URL https://drive.google.com/ dan pilih menu “new” > google form seperti screenshot berikut ini :

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah googledrive

Cara 3. bisa dibuat melalui google classroom

Untuk dari google classroom, syarat untuk bisa create google form adalah dengan memastikan Anda sudah memiliki kelas yang aktif. Setelah itu, silakan login ke class tersebut kemudian pilih seperti contoh classroom kami berikut ini :

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah classroom dashboard

Jika sudah berhasil masuk classroom tersebut, silakan pilih menu “classwork” > “new” > pilih pada opsi “Quiz Assignment” seperti screenshot berikut ini :

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah classroom dashboard

Selanjutnya Anda akan diminta menginputkan beberapa informasi dasar seperti screenshot berikut ini :

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah assignmnet

Pada google glassroom, google form ini secara default akan direcomendasikan untuk pembuatan formulir guna ujian online. Untuk membuat template sesuai kebutuhan, bisa dipilih menu blank quiz dan silakan dilakukan penyesuaiannya seperti screenshot :

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah create form

Cara 4. bisa dibuat melalui menu Google

Selain diakses melalui ketiga cara diatas, Anda bisa melakukan akses juga dari halaman gmail email Anda dengan pilih menu “Google Apps”> Pilih Forms seperti screenshot berikut ini :

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah mailgoogle

Cara melihat drive Google Form

Jika Anda sudah memiliki banyak google form yang sudah dibuat maka Anda bisa dengan mudah memantau file file tersebut pada suatu wadah dari google dengan nama google drive.

Disana Anda akan disajikan data form apa saja yang sudah pernah Anda buat pada akun google Anda. Untuk mengaksesnya ada beberapa cara namun kami akan berikan cara paling mudah yang bisa Anda ikuti :

  • Akses URL google drive berikut ini https://drive.google.com/
  • Jika belum login pada akun google Anda, silakan dilanjutkan dengan penginputan email dan password gmail Anda
  • Setelah berhasil login, Anda akan disajikan dashboard google drive seperti pada screenshot berikut ini :
Cara Membuat Google Form Dengan Mudah google drive dashboard

Pada dashboard google drive tersebut, Anda sekarang sudah bisa melihat form apa saja yang sudah ada buat. Tidak hanya untuk form google saja,canggihnya google drive ini bisa melihat spreadsheet, google docs dan bahkan data image atau PDF yang sudah pernah Anda uploadkan.

Cara membuat quiz di Google Form

Pada masa lampau dan sebelum era modernisasi digital seperti saat ini, kata “quiz” identik dengan ujian singkat yang diadakan oleh pengajar untuk anak didiknya. Quiz di harapkan bisa menjadi tolok ukur pemahaman siswa serta daya serap terhadap materi yang diberikan pengajar.

Kala itu, quiz di “sajikan” kepada siswa dalam bentuk lembaran kertas soal yang mewajibkan siswa untuk mengerjakan satu persatu soal yang diberikan. Namun, untuk era digital saat ini terlebih dengan adanya masa pandemi yang masih terus berjalan siapa sangka model itu sudah ditinggalkan dan beralih ke quiz online yang dapat dibuat lebih mudah oleh para pengajar.

Eloknya lagi, form quiz ini lebih mempermudah pengajar karena menyediakan fitur auto koreksi “lembar ” jawaban siswa sehingga pengajar akan lebih efisien waktu dalam tugasnya.

Lalu jika fitur ini sedemikian mencukupi bagi para pengajar, bagaimana cara membuatnya? Berikut kami berikan cara mudah pembuatan dasar form quiz online yang bisa Anda ikuti.

Cara membuat form soal di Google Form

Pembuatan form soal ini sebenarnya sama stepnya dengan penjelasan point 3 yang mana google form bisa dibuka melalui 4 cara sesuai kebutuhan. Silakan Anda bisa memilih cara yang paling Anda anggap mudah dan pastikan form Anda sudah menampilkan blank pages seperti screenshot berikut ini :

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah blankpages

Keterangan menu :

  1. Judul form – Silakan bisa diisikan dengan nama judul form yang diinginkan. Nama ini nantinya yang akan ditampilkan pada tumbnail form pada google drive Anda
  2. Judul Quiz – Ini bisa diisikan dengan judul atau bisa kop judul form quiz yang akan diberikan. Contoh : Soal ujian tengah semester kelas 3 SD Karangjati 2021.
  3. Form description – silakan bisa diisikan dengan deskripsi lebih lanjut dari judul deskripsi yang diberikan. Contoh : Ujian akan berlangsung 60 menit. Silakan dikerjakan dengan teliti.
  4. Untitled Question – silakan bisa diisikan dengan pertanyaan yang akan Anda ajukan
  5. Option 1 – opsi ini biasanya di gunakan untuk pertanyaan dengan pilihan ganda yang mana Anda bisa memasukkan pilihan jawaban pada opsi ini
  6. Add option – anda bisa pilih add option untuk menambahkan opsi jawaban.
  7. Add images – opsi ini bisa Anda gunakan apabila soal yang akan diberikan memerlukan gambar pendukung. 
  8. Opsi jawaban – pada opsi ini, Anda bisa merubah model jawaban yang akan diberikan dari yang semula pilihan ganda ke model lain seperti uraian singkat bahkan checkbox.
  9. Duplicate – opsi ini memungkinkan Anda menduplikat pertanyaan dan jawaban pertama untuk pertanyaan selanjutnya.
  10. Delete – untuk menghapus form
  11. Required – opsi ini bisa Anda aktifkan jika soal ini wajib dikerjakan
  12. Panel option lain – pada panel itu Anda bisa menambahkan widget lain yang Anda butuhkan.

Cara memberikan timer di Google Form

Seperti ujian offline yang sudah berjalan sebelumnya, tentunya waktu ujian adalah hal paling penting dalam berlangsungnya sebuah ujian. Adanya waktu ujian ini yang akan menjadi pembelajaran tersendiri agar siswa dapat me-manage waktu pengerjaan soal dengan efektif dan efisien. Lalu jika pada ujian offline dilakukan manual oleh para pengajar, bagaimana dengan ujian online yang dilakukan tanpa tatap muka?

Untuk penambahan timer pada form ujian ini, memerlukan extention tambahan yang digunakan yakni bernama Extended Forms. Extention tambahan ini, bisa Anda dapatkan dengan klik link berikut ini : 

https://gsuite.google.com/u/2/marketplace/app/extended_forms/763170157069

Untuk pembuatan form ujian ini, sebenarnya telah kami bahas secara tuntas pada artikel kami sebelumnya dengan judul “Cara Membuat Google Form Untuk Ujian Online”. Bagi Anda yang membutuhkan tutorial lebih lengkapnya, silakan kunjungi link berikut ini ya. Selamat mencoba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Hikmah Nurul Ardhaningtyas