Rumahweb Journal
Banner - Cara Install ISPConfig di VPS Ubuntu

Cara Install ISPConfig di VPS Ubuntu

ISPConfig adalah salah satu control panel gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengelola server atau VPS secara mudah. Pada panduan ini, kami akan berbagi informasi tentang pengertian, fungsi hingga cara install ISPConfig di VPS Ubuntu.

Seiring kemajuan teknologi informasi, pengembangan situs atau aplikasi web menjadi semakin kompleks. Untuk memenuhi kebutuhan itu, para pengembang web memerlukan infrastuktur yang lebih fleksibel dan bisa diandalkan.

Secara umum, layanan shared hosting sudah mencukupi untuk menjadi basis infrastuktur pengembangan web yang relatif sederhana. Tapi bagi sebagian pengembang, fitur yang ditawarkan oleh layanan shared hosting mungkin belum mampu memenuhi kebutuhan tertentu yang spesifik.

Layanan VPS adalah salah satu platform terbaik yang bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan pengembangan web yang dinamis dan kompleks.

Mengenal Layanan VPS Hosting Rumahweb

Sebagai provider domain dan hosting yang selalu berusaha memberikan pelayanan terbarik, Rumahweb Indonesia menawarkan layanan VPS untuk memenuhi kebutuhan pengembangan web yang lebih spesifik.

Berbeda dengan layanan shared hosting, layanan VPS memberikan Anda keleluasaan untuk mengatur sistem yang sesuai kebutuhan Anda. Anda akan mendapatkan sebuah sistem dengan dedicated resource dan hak akses root, yang bisa Anda atur sesuai kebutuhan. Anda bisa memilih jenis sistem operasi, web server dan library tertentu yang diperlukan untuk mengembangkan web.

Saat ini Rumahweb Indonesia menawarkan layanan VPS KVM, VPS AWS Lightsail dan Alibaba Cloud dengan harga kompetitif dan pilihan paket yang variatif.

Mengenal Panel ISPConfig

Sebagai layanan dengan dedicated resource, secara default VPS Rumahweb hanya memberikan hak akses shell (SSH) dan virtualizor. Untuk proses setup dan pengelolaan service, Anda harus menjalankan perintah teks (command line).

Untuk membantu pengelolaan VPS secara lebih praktis dan efisien, Anda memerlukan sebuah aplikasi control panel. Ada beragam pilihan control panel yang bisa digunakan, mulai dari yang berbayar hingga yang free.

Dari beragam pilihan yang ada, ISPConfig menjadi salah satu control panel populer dan banyak digunakan karena beberapa keunggulan yang ditawarkan, antara lain:

  • Relatif ringan, bisa dijalankan pada sistem dengan memory 1 GB
  • Adanya fitur klien, yang bisa digunakan untuk manajemen klien
  • DNS server dan management
  • FTP
  • Webmail

Pada artikel journal kali ini, kami akan menulis artikel Cara Install ISPConfig di VPS Ubuntu.

Persiapan Sistem

Agar dapat menjalankan panel ISPConfig dengan optimal, Anda memerlukan beberapa persiapan sebagai berikut:

  1. VPS dengan RAM minimal 1 GB
  2. Sebuah domain aktif
  3. Membuat subdomain yang diarahkan ke IP Address VPS, dengan alamat yang disesuaikan dengan hostname VPS. Sebagai contoh: server.domainku.com.

Cara install ISPConfig di VPS

Setelah sistem sudah siap, Anda bisa memulai proses instalasi ISPConfig di VPS Ubuntu milik Anda. Berikut langkah-langkah instalasinya:

1. Login ke VPS Melalui SSH

Langkah pertama, login ke VPS Anda melalui SSH. Panduannya bisa Anda baca di sini.

2. Penyesuaian File Hosts

Untuk menjalankan instalasi ISPConfig, Anda harus melakukan penyesuaian pada file /etc/hosts, disesuaikan dengan alamat subdomain yang sudah Anda setup pada langkah persiapan sistem. Sebagai contoh: server.domainku.com (sesuaikan dengan alamat domain yang Anda miliki).

Jalankan perintah berikut:

# sudo nano /etc/hosts

Pada baris:
127.0.0.1 localhost.localdomain localhost
Ubah menjadi:
127.0.0.1 server.domainku.com server

Simpan dengan menekan tombol Ctrl+X, ketik Y, tekan Enter.

3. Penyesuaian File Hostname

Langkah selanjutnya Anda harus melakukan penyesuaian file hostname, disesuaikan dengan file hosts yang sudah diubah sebelumnya.

Jalankan perintah berikut:

# sudo nano /etc/hostname

Ubah alamat hostname VPS Anda menggunakan prefix subdomain di langkah sebelumnya. Sebagai contoh server.domainku.com, maka ubah isi file /etc/hostname menjadi server.

4. Reboot VPS

Setelah selesai melakukan penyesuaian file hosts dan hostname, lakukan reboot terhadap VPS Anda:

# sudo reboot

5. Jalankan Installer

Tahap selanjutnya, jalankan installer ISPConfig. Jalankan perintah-perintah berikut:

# sudo apt update
# sudo apt upgrade
# wget -O - https://get.ispconfig.org | sh -s -- --use-ftp-ports=40110-40210 –unattended-upgrades

Akan muncul teks konfirmasi Type ‘yes’ if you really want to continue, ketik yes lalu tekan Enter. Tunggu hingga proses selesai.

Jalankan Installer

Proses instalasi selesai ditandai dengan adanya konfirmasi Installation ready. Pada teks konfirmasi tersebut, ada informasi password login ke halaman admin, mailman dan MySQL root. Simpan semuanya di tempat yang aman di komputer Anda.

install ISPConfig telah selesai

Setelah informasi login Anda simpan, untuk langkah terakhir silahkan Anda hapus file log instalasi supaya informasi login tidak tersimpan di server VPS:

# sudo rm /tmp/ispconfig-ai/var/log/setup-*

6. Cara login ke ISPConfig

Setelah proses instalasi selesai, Anda bisa login ke halaman administrator ISPConfig melalui URL sebagai berikut: https://server.domainku.com:8080

Masukkan username admin dan password yang muncul di konfirmasi instalasi sebelumnya.

Apabila Anda tidak memilliki dan tidak menyiapkan subdomain aktif, Anda bisa login ke halaman admin ISPConfig melaluli URL https://IP_address_VPS:8080. Akan tetapi akan muncul keterangan not secure, karena installer ISPConfig hanya mengaktifkan SSL pada subdomain aktif yang sudah dilakukan pointing DNS ke IP Address VPS.

Sebagai catatan, Anda harus menggunakan protokol https:// untuk login ke halaman admin ISPConfig. Apabila Anda lupa tidak mengetikkan alamat https://, maka halaman login ISPConfig tidak akan muncul.

Cara login ke ISPConfig

Penutup

ISPConfig adalah sebuah aplikasi control panel open source yang populer. Dengan fitur yang lengkap, ISPConfig mampu membantu Anda dalam pengelolaan server VPS supaya lebih praktis dan efisien.

Apabila Anda membuka jasa desain web, ISPConfig menawarkan fitur klien, sehingga bisa Anda jadikan antarmuka sederhana untuk digunakan oleh pelanggan Anda. Semua fitur itu bisa didapatkan secara free tanpa harus membayar atau membeli lisensi, sehingga bisa menjadi pilihan control panel yang ideal.

Demikian artikel cara install ISPConfig di VPS Ubuntu. Semoga bisa membantu Anda dalam menyiapkan infrastruktur hosting yang mumpuni dan mudah dioperasikan.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.