Rumahweb Journal
Banner - Cara install Imunify360 pada VPS cPanel

Cara install Imunify360 pada VPS cPanel

Malware merupakan salah satu ancaman yang cukup meresahkan di website. Apabila website sudah terinfeksi malware, maka sudah dapat dipastikan website tidak akan berjalan optimal, bahkan bisa berimbas pada faktor keamanan seperti kehilangan data. Salah satu solusi untuk menangkal hingga menghapus malware pada server adalah dengan Imunify360.

Apabila anda seorang pengelola website ataupun web developer, tentunya tidak ingin website anda terkena malware kan? Untuk mencegah hal tersebut, anda harus memastikan script website yang digunakan terupdate, dan apabila menggunakan CMS seperti WordPress pastikan tidak menggunakan plugin ataupun themes yang tidak resmi (bajakan).

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan installasi antivirus pada server atau VPS anda. Salah satu antivirus yang cukup ampun untuk menangani masalah malware adalah Imunify360. Lalu apa itu Imunify360?

Apa itu Imunify360 ?

Imunify360 adalah layanan antivirus yang dikembangkan oleh Cloudlinux, yang dapat diinstall pada layanan dedicated server hingga Virtual Private server atau VPS. Imunify360 memiliki fitur yang cukup lengkap untuk mengamankan website hingga email yang ada di server anda seperti :

1. Advance Firewall

Imunify360 dibekali degan teknologi AI yang canggih, hal ini membuat Imunify360 dapat mendeteksi ancaman seperti bruteforce, maupun DDoS. Sehingga nantinya apabila terdapat akses IP yang terindikasi melakukan hal tersebut, maka IP akan langsung diblokir oleh firewall dari Imunify360.

Firewall imunify360 juga dapat terintegrasi dengan ModSecurity, dan advance firewall dilengkapi captcha, sehingga dapat meminimalisir akses spam robot ke website anda.

2. Malware Scanner

Fitur ini berfungsi untuk melakukan scanning dan pembersihan malware secara berkala, sehingga membuat file website anda bersih dari malware.

3. Proactive Defense

Proactive defense pada imunify360 adalah fitur yang dapat mengenali ancaman dari malware, bahkan dari file yang tidak berhasil di scan oleh malware scanner. Fitur ini bekerja secara real time dan akan langsung melakukan blokir pada file yang dicurigai sebagai ancaman.

4. Reputation Management

Reputation management akan menjaga reputasi domain yang ada di server anda. Fitur ini akan memberikan informasi kepada anda apabila domain anda terlist di layanan seperti google, ataupun SBL.

5. KernelCare

KernelCare merupakan salah satu komponen penting pada Imunify360. Fitur ini akan melakukan pemeriksaan maupun update patch dan kernel tanpa harus melakukan reboot pada server anda, sehingga performa server tidak terganggu saat update dilakukan.

Baca juga artikel : Aman Dari Malware Dengan Imunify360

Cara install Imunify360 di VPS

Setelah mengetahui fitur dari Imunify360, saat ini anda siap untuk melakukan installasi Imunify360 pada server atau VPS anda. Sebelum installasi dilakukan, pastikan anda sudah membeli lisensi dari imunify360. Lisensi bisa berupa Key maupun IP base.

Dalam panduan ini, kami akan memberikan cara install Imunify360 pada VPS dengan menggunakan lisensi cPanel.

Langkah pertama, pastikan VPS dan panel sudah terinstall, kemudian akses ke server melalui SSH. Setelah akses ssh dilakukan, silahkan masuk ke folder /usr/local/src dengan perintah :

cd /usr/local/src

Kemudian download file installer imunify360 dengan perintah berikut :

wget https://repo.imunify360.cloudlinux.com/defence360/i360deploy.sh -O i360deploy.sh

Tunggu sampai proses download selesai, sesuai screenshot berikut:

imunify360 download

Langkah selanjutnya adalah install Imunify360. Apabila anda menggunakan license IP based, anda dapat menjalankan perintah berikut :

bash i360deploy.sh

Sedangkan jika anda menggunakan license key, maka anda dapat menjalankan perintah berikut :

bash i360deploy.sh --key YOUR_KEY

Catatan:

Lisensi yang diterbitkan oleh Rumahweb menggunakan type license IP based.

Selanjutnya tunggu sampai proses installasi selesai. Setelah proses installasi akan muncul pesan sesuai screenshot berikut:

imunify360 install

Apabila anda menggunakan license IP based, anda perlu menjalankan perintah berikut agar license dapat aktif.

 imunify360-agent register IPL

Kemudian silahkan login ke WHM, dan akan terdapat menu Imunify360 seperti gambar berikut:

tampilan imunify360 whm

Setelah klik menu Imunify360, anda akan melihat halaman Imunify360 yang sudah siap digunakan sesuai gambar berikut:

main page imunify360

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk melakukan install Imunify360 di VPS cPanel? Selain itu, server anda akan jauh lebih aman dari serangan berupa malware hingga DDoS.

Demikian artikel kami tentang Apa itu Imunify360 dan cara install di VPS cPanel. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.